Menjadi Produsen Susu Kedelai, Alternatif Usaha Skala Kecil

Usaha kecil rumah tangga yang bisa dicoba dengan modal satu jutaan rupiah adalah usaha produksi minuman, satu diantaranya pembuatan susu kedelai (soybean milk). Susu kedelai merupakan salah satu minuman yang bermanfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat dari konsumsi susu kacang kedelai untuk tubuh antara lain: 
  • Memperkuat daya tahan dan vitalitas tubuh.
  • Meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak karena banyak mengandung protein.
  • Dapat mencegah diabetes karena mengandung banyak serat selulosa.
  • Mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.
  • Bermanfaat untuk kulit dan menunda proses penuaan karena kandungan vitamin E yang tinggi.
  • Banyak mengandung zat-zat berguna, misalnya kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang, karbohidrat dan juga lemak.


usaha susu kedelai
Melihat berbagai manfaat serta enaknya rasa susu berbahan kacang kedelai tersebut, tentu menjadi daya tarik bagi para konsumen, sehingga prospek usahanya cukup bagus. Selain itu, bahan, peralatan dan cara dalam produksi susu kacang kedelai dapat dikatakan tidak terlalu sulit. Berikut cara pembuatan susu kacang kedelai:

  • Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kacang kedelai 1 kg; gula 1 kg; 4 liter air; dan 10 lembar daun pandan.
  • Peralatan yang dibutuhkan diantaranya panci untuk merendam dan merebus, blender untuk menghancurkan kedelai, kompor, kain atau alat saring.
  • Proses pembuatannya yaitu: pertama pilih kacang kedelai yang berkualitas baik, buanglah kacang-kacang yang rusak agar tidak mengganggu rasa susu. Kemudian bahan tersebut direndam dalam air panas selama 4-5 jam. Setelah itu, kacang yang telah terkelupas kulitnya diblender hingga benar-benar halus dengan perbandingan bahan 1/4 kg kacang dengan 1 liter air. Setelah semua bahan kacang diblender, saring dengan saringan halus, kemudian hasil saringan (air kedelai) tersebut dipanaskan dalam panci. Dengan bahan kacang seperempat kilogram kacang tersebut, tambahkan 1/4 gula pasir dan 2-3 daun pandan. Dalam proses pemasakan, aduk pelan-pelan selama 1 jam hingga mendidih. Setelah proses tersebut, susu telah matang kemudian tunggu hingga dingin untuk dikemas.

Pemasaran susu kedelai dapat dilakulan dengan berbagai cara, misalnya menjual langsung dengan gerobak, menitipkan di warung-warung, atau menjadikannya sebagai menu minuman pada rumah makan / cafe.

Kendala-kendala yang dihadapi dalam usaha produksi susu kacang kedelai adalah pasokan bahan yang terkadang sulit didapat mengingat kedelai sebagian masih diimport dari luar negeri. Selain produk susu yang tidak dapat bertahan lama (1 hari pada suhu ruangan dan 3-4 hari pada freezzer), tantangan lainnya adalah membanjirnya produk susu kedalai kemasan di pasaran.

Namun, jika anda mampu menciptakan produk susu kedelai yang special dan gurih, tentu peluang usaha ini masih cukup menjanjikan, dan siapa tahu ada perusahaan besar yang membeli resep atau mengakuisisi bisnis kecil anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait