Jurusan Favorit Dalam Pendidikan Bisnis

jurusan favorit pendidikan bisnis
Dalam melanjutkan studi setelah lulus SMA, ada berbagai bidang jurusan yang bisa ditempuh. Penentuan itu umumnya disesuaikan dengan minat, intelegensi, kemampuan financial, cita-cita, dan prospek gelar yang akan diperoleh dalam dunia kerja. Secara singkat, gelar pendidikan yang telah dicapai akan menentukan profesi yang akan digeluti. Dalam bidang bisnis, ada berbagai jenis gelar pendidikan yang menjadi alternatif. Berikut adalah jenis gelar bisnis yang paling diminati dan mempunyai peluang bagus dalam dunia kerja di pasar internasional:

1. Jurusan Akuntansi
Menjadi seorang akunting yang sibuk mengurusi masalah keuangan perusahaan merupakan dambaan banyak orang. Karena begitu populernya gelar ini, banyak lembaga pendidikan yang membuka program pendidikan akuntansi, baik tingkat diploma maupun sarjana dan pasca sarjana.

2. Jurusan Ekonomi
Jurusan ekonomi merupakan salah satu bidang pendidikan yang tergolong tua. Berabad-abad silam, telah banyak berdiri sekolah yang melahirkan ahli-ahli ekonomi internasional. Selain bekerja pada suatu perusahaan, lulusan ekonomi sering direkrut dalam pemerintahan.

3. Jurusan Kewirausahaan (Enterpreneurship)
Di Indonesia, jurusan dan gelar ini masih belum begitu familiar. Di kawasan negara-negara Eropa dan Amerika, jurusan ini memiliki banyak peminat baik angkatan muda maupun yang telah menjadi pengusaha. Orang-orang yang telah memperoleh gelar ini sering memulai perusahaan mereka sendiri secara mandiri (independent) ataupun mengelola bisnis start-up.

4. Jurusan Periklanan (Advertising)
Bidang periklanan merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh angkatan muda. Dalam bidang ini, seseorang akan mempelajari berbagai hal yang menyangkut iklan, pemasaran, dan hubungan masyarakat. Gelar diploma 2 mungkin sudah cukup untuk terjun dalam profesi dan bisnis ini.

5. Jurusan Keuangan (Finance)
Di Indonesia, belum banyak lembaga yang membuka jurusan spesifik ini, mungkin dianggap hampir sama dengan akuntansi. Para lulusan pada Finance degree ini biasanya bekerja sebagai konsultan keuangan, manajer keuangan, dan profesi yang terkait finansial.

6. Jurusan Bisnis Umum (General Business)
Gelar bisnis umum adalah alternatif bagi siswa yang berminat bekerja pada sektor bisnis dan usaha, tetapi tidak yakin jenis atau posisi apa yang akan mereka geluti setelah lulus pendidikan.  Sebuah gelar bisnis dapat membuat mereka diterima pada pekerjaan di manajemen, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, atau bidang lain.

7. Jurusan Manajemen Perhotelan
Kebutuhan rekreasi dan hiburan bagi masyarakat dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan pelung bagus dalam bisnis jasa pariwisata. Hal tersebut membuat banyak orang memilih jurusan pendidikan yang terkait dengan pariwisata, salah satunya adalah manajemen perhotelan.

8. Jurusan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Resources)
Lulusan dari jurusan pengembangan SDM biasanya bekerja di suatu perusahaan dengan tugas dalam perekrutan karyawan, manajemen dan pengembangan karyawan, dan pengaturan hubungan kerja.

9. Jurusan Bisnis Internasional
Lulusan dengan gelar bisnis internasional memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan-perusahaan berskala internasional. Dengan gelar tersebut, para lulusan dapat bekerja di berbagai perusahaan di sejumlah industri yang berbeda. Posisi populer yang paling dicari adalah market research, analis manajemen, manajer bisnis, kepala cabang perusahaan internasional, dan sebagainya.

Artikel Terkait