7 Pilihan Kata Membuat Iklan yang Atraktif

Dalam usaha pengembangan dan memajukan bisnis, hal mendasar yang wajib dilakukan adalah kampanye iklan, baik dengan menggunakan media brosur, di koran, beriklan lewat internet,  atau pun memasang poster dan spanduk. Dalam mendesain sebuah visualisasi iklan yang menarik, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, misalnya komposisi warna, gambar background, tema iklan, dan pemilihan kata-kata promosi yang tepat.

Penggunaan kata-kata yang sesuai akan memberikan dampak berlipat terhadap ketertarikan para calon konsumen. Ada banyak pilihan tag kata dalam beriklan yang mampu memberikan kesan khusus dan mendalam bagi para pembaca iklan, antara lain:

contoh iklan menarik1. Amazing
Kata "Amazing" atau "Menakjubkan" merupakan pilihan tag iklan yang menegaskan bahwa produk yang anda jual mempunyai sesuatu yang membuat orang terkagum-kagum. Misalnya obat penumbuh rambut kilat, alat penurun berat badan cepat, kursus kilat cepat bisa, dan sebagainya. Contoh kalimatnya "Inilah produk herbal yang paling menakjubkan!!! Menurunkan kolesterol, Meningkatkan vitalitas, dan seterusnya...!" Pemakaian kata Amazing (menakjubkan) dalam kampanye iklan harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, terutama pembuktiannya. Agar sukses beriklan dengan kata Amazing pada produk usaha anda, maka cantumkan bukti-bukti yang otentik.

2. Free (Gratis)
Siapa sich yang tidak suka gratisan? Penekanan kata "Free" atau "Gratisss" dalam periklanan memang menjadi salah satu senjata andalan dalam menarik dan mendatangkan konsumen. Hal-hal yang digratiskan umumnya merupakan bagian penunjang (bukan poin utama) dalam komponen bisnis atau produk, misalnya gratis pendaftaran, free wifi, gratis test drive, dan sebagainya. Dalam bisnis teknologi, konsep Freemium telah membuat perusahaan Google, Facebook, Twitter, menjadi perusahaan raksasa dunia.

3. New (Baru)
Kata jargon "Baru" sering dipakai untuk memperkenalkan suatu produk bisnis yang belum pernah ada, atau untuk mempromosikan varian produk terbaru. Contoh kalimat iklannya : "Baru..., investasi berprofit besar!!!"

4. Different (Beda)
Pemilihan kata "Beda" dalam periklanan berguna untuk menunjukkan penawaran produk yang special, unik, atau identity usaha yang berkonsep lain. Contoh penggunaannya "Inilah produk pizza yang rasanya special, dan benar-benar berbeda"

5. Satu-satunya (The Only)
Penekanan kata "Satu-satunya" dalam dunia advertising bertujuan membuat para konsumen meyakini bahwa produk jasa atau pun usaha yang anda tawarkan merupakan pilihan yang terbaik dan konsumen tak memiliki alternatif yang lain lagi. Misalnya "Kamilah satu-satunya lembaga kursus yang telah bekerjasama dengan Universitas Singapura....dst".

6. Bergaransi (Guaranteed)
Jika produk usaha yang anda tawarkan banyak diragukan konsumen, baik yang menyangkut kualitas produk, efek samping, ataupun hasil yang diperoleh konsumen, maka langkah terbaik adalah memberikan jaminan kepada konsumen. Contoh yang paling sering dipakai adalah "Jika gagal, garansi uang kembali!"

7. Terheboh (Exciting)
Uangkapan kata "Terheboh" dalam kalimat iklan dapat memberikan kesan kepada konsumen bahwa ada sesuatu yang mengasyikan, seru, dan penuh hiruk pikuk. Kata "Heboh" ini biasanya berpasangan dengan kata diskon besar, atau juga bonus meriah.

Selain kata-kata iklan di atas, beberapa pilihan kata iklan yang lain, misalnya The Best, Terlaris, Ruar Biasa, Produk Terpopuler atau juga dengan kata Hot!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait