3 Kunci Sukses Berbisnis Busana Muslim

Menggeluti bisnis fashion ternyata banyak sekali jenisnya. Ada yang khusus membuka butik pakaian wanita, ada yang berspesialisasi di busana kantor, beberapa orang memilih pada kategori pakaian anak-anak, dan ada juga yang khusus menjual pakaian yang hanya digunakan untuk keperluan agama dan adat. Bisnis konveksi busana yang terkait dengan ceremonial dan adat setempat misalnya baju batik, kebaya, songket, blankon, udeng, termasuk juga bisnis busana muslim seperti baju koko, baju gamis hingga kerudung atau jilbab.

Bisnis pakaian muslim di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Hal tersebut tidak terlepas dari kemajuan para desainer yang berkreatifitas dengan cermat guna menciptakan busana-busana muslim yang bukan hanya sekadar memenuhi kaidah-kaidah agama, tetapi juga dapat memperindah penampilan, khususnya bagi kaum hawa. Jika dulu, model baju, terusan, dan kerudung hanya monoton begitu saja, kini telah semakin variatif yang membuat penampilan seorang wanita muslimah tidak lagi membosankan.

busana muslim
Terjun ke bisnis produksi dan penjualan busana muslim memang merupakan pilihan yang menarik, meskipun para pemain di bidang sudah banyak, termasuk beberapa selebritis tanah air. Namun jika anda kreatif, maka usaha ini akan tetap mendatangkan keuntungan yang lumayan buat anda. Secara sederhana, ada tiga kunci sukses untuk memenangkan kompetisi dalam bisnis pakaian muslim ini, yaitu:

1. Pemenuhan Unsur-unsur Islami
Dasar utama bisnis busana muslim ini adalah pemenuhan kaidah atau syari'at ajaran Islam. Baik yang meliputi bahan-bahan yang digunakan, proses produksi, hingga hasil produksi yang model dan bentuk busananya tidak melanggar ketentuan agama, misalnya kurang menutupi aurat atau mengganggu kenyamanan diri. Jadi sebelum anda terjun ke bisnis ini, ada baiknya mempelajari dulu sejarah dan perkembangan busana muslim dari berbagai belahan dunia. 

2. Eksklusifitas Produk
Setelah syarat pertama sudah anda penuhi, maka kunci sukses yang kedua adalah kreatifitas penciptaan desain busana yang menarik dan terkesan eksklusif. Anda dapat memproduksi desain busana yang lagi ngetrend, dimana kiblatnya adalah busana-busana religi yang sering dipakai oleh kalangan artis/selebritis. Namun terkadang, dengan selalu mengikuti mode yang sedang 'hot' di pasaran bisa membuat bisnis anda merugi tatkala anda terlambat satu langkah. Artinya ketika anda baru memproduksi model tersebut, trend market ternyata telah jenuh. Dalam persaingan bisnis fashion, kreatifitas penciptaan model-model busana yang unik, cantik, elegan, bahkan bisa multi fungsi, akan dapat membuat bisnis anda maju melesat.

Oleh sebab itu, ada baiknya anda berupaya mendesain sendiri sehingga menjadi trensetter dan dapat mempengaruhi perkembangan model busana muslim di Indonesia, terutama di daerah anda sendiri. Ide-ide unik dalam mendesain variasi mode busana muslim, misalnya menggabungkan desain busana jepang yang diadaptasi menjadi baju gamis, busana koko ala China, jilbab khusus anak sekolah, busana muslim untuk wanita kantoran, memadukan gradiasi warna pada kain dan diferensiasi jenis busana lainnya. 

3. Promosi Usaha yang Sempurna
Kunci sukses berikutnya adalah melakukan promosi usaha yang bagus. Membangun sebuah toko busana atau pun butik tidaklah cukup hanya dengan promosi dari mulut ke mulut. Zaman sekarang, promosi yang paling manjur adalah menjalin pertemanan di jejaring sosial Facebook. Jika ingin memperluas pemasaran, maka anda harus melayani penjualan lewat internet dengan membuka toko online.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait