10 Pengusaha Konglomerat Indonesia

Daftar nama-nama pengusaha berikut dikutip dari situs Forbes (dot) com bulan februari 2013. Inilah sepuluh besar pebisnis kaya di Indonesia:

1. R. Budi & Michael Hartono
Rudi Budi Hartono dan kakaknya Michael Bambang Hartono merupakan putra dari pendiri industri rokok “Djarum”, Oei Wie Gwan. Dengan aset perusahaan yang mereka miliki, meliputi industri rokok, lahan kelapa sawit, saham BCA, dan juga mall terbesar di Indoneisa “Grand Indonesia”, menempatkan mereka menjadi pengusaha terkaya di Indonesia dengan nilai aset sekitar 15 milyar dollar atau 135 triliun rupiah.

2. Eka Tjipta Widjaja & family
Pria yang lahir tahun 1923 ini merupakan seorang pengusaha yang mendirikan Sinar Mas Group. Awalnya beliau adalah seorang imigran dari China yang menetap di Makassar. Dengan bakat bisnisnya, beliau mampu berbisnis dalam berbagai bidang seperti industri kelapa sawit, pabrik kertas, dan telekomunikasi (Smartfren Telecom), membuat Eka Tjipta telah memiliki kekayaan sekitar 7,7 milyar dollar atau 69 triliun rupiah.

3. Susilo Wonowidjojo & family
Menurut situs Forbes, pengusaha yang lahir di Kediri (Jawa Timur) ini adalah sosok pengusaha Indonesia kaya yang berada di urutan ke tiga pada tahun 2013. Susilo Wonowidjojo merupakan pemilik PT. Gudang Garam yang didirikan tahun 1958. Pengusaha rokok kretek yang merupakan putra dari Surya Wonowidjojo tersebut saat ini memiliki kekayaan sekitar 7,4 milyar dollar.

4. Anthoni Salim & family.
Anthoni Salim alias Liem Hong Sien mewarisi kekayaan ayahnya, Sudono Salim dari perusahaan Salim Group. Lahir pada tahun 1949, Anthoni Salim didaulat oleh Forbes sebagai orang terkaya ke empat di Indonesia dengan nilai aset 5,2 milyar dollar. Perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungannya antara lain PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Bogasari Flour Milk, dan sebagainya.

5. Chairul Tanjung
Pada tahun 2012, di layar televisi sering kita melihat tayangan iklan televisi yang berjudul Chairul Tanjung, Si Anak Singkong. Pengusaha yang lahir di Jakarta tahun 1962 merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi. Pengusaha ini menggeluti bisnis di berbagai bidang dalam naungan Para Group. Bank Mega, Trans TV, dan Bandung Supermall adalah beberapa perusahaan yang ia miliki. Jumlah asetnya sekitar 3,4 milyar dollar.

6. Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia merupakan salah satu pengusaha sukses keturunan India. Ia dikenal dengan sebutan Raja Tekstil Indonesia.  Dengan berbagai produk tekstil yang ia produksi lewat perusahaan Indorama, seperti benang, polypropylene, polyethyles, PTT, Resin, hingga sarung tangan medis membuat putra dari ML Lohia ini berada di urutan ke 6 dengan total hartanya 3 milyar dollar.

7. Sukanto Tanoto
Pria kelahiran Medan, 25 Desember 1949 merupakan pengusaha di bidang kertas, minyak sawit, konstruksi dan juga energi. Sukanto Tanoto alias Tan Kang Hoo merupakan CEO Raja Garuda Mas. Perusahaan-perusahaan yang dimiliki diantaranya Asia Pacifik Resources International  Ltd (APRIL) bidang kertas dan Perusahaan Asian Agri (minyak sawit). Sukanto yang pernah mengenyam pendidikan di Prancis dan Amerika saat ini memiliki aset kekayaan sekitar 2,8 milyar dollar.

8. Peter Sondakh
Peter Sondakh merupakan pengusaha kelahiran tahun 1953 yang memimpin Rajawali Group. Beberapa anak perusahaannya seperti Semen Bosowa pernah menjadi sponsor untuk klub sepak bola di Indonesia. Peter Sondakh juga bergelut dalam bisnis pertambangan. Menurut Forbes, kekayaan pengusaha ini sekitar 2,6 milyar dollar Amerika.

9. Boenjamin Setiawan & family
Boenjamin Setiawan adalah seorang lulusan fakultas kedokteran di Universitas Indonesia. Pengusaha yang akrab di panggil Dr. Boen adalah pendiri perusahaan farmasi, yaitu PT. Kalbe Farma Terbuka Tbk. Promag, Komix, Woods, dan Extra Joss adalah beberapa produk yang dibuat oleh perusahaannya. Melalui perusahaan tersebut, Boenjamin telah memiliki kekayaan sekitar 2,35 milyar dollar.

10. Putera Sampoerna & family
Pengusaha terkaya yang ke 10 adalah Putrera Sampoerna dengan kekayaan 2,3 milyar dollar. Lahir di Schiedam (Belanda) pada tahun 1947 merupakan generasi ke 3 sebagai presiden perusahaan rokok PT. HM Sampoerna. Dengan inovasi rokok dengan kadar tar dan nikotin rendah, Putera berhasil menciptakan trend rokok rasa lembut  yaitu rokok A Mild. Pengusaha yang merupakan putra dari Aga Sampoerna memiliki prinsp hidup “Don’t blame anybody. Solve the problem, dont blame the person”.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait