10 Jenis Pekerjaan Yang Tidak Membutuhkan Gelar Sarjana

pekerjaan lulusan gelar sarjana
Pendidikan merupakan salah satu kunci dalam aplikasi mendapatkan pekerjaan. Jebolan pendidikan tinggi umumnya akan memberikan peluang pekerjaan yang kedudukannya lebih tinggi. Hampir sebagian besar perusahaan menginginkan para karyawannya adalah lulusan pedidikan tinggi. Namun, tidak semua pekerjaan yang menghasilkan uang banyak membutuhkan gelar sarjana. Hal ini dijelaskan oleh CareerCast.com yang telah menyusun daftar pekerjaan (job) dimana gelar sarjana bukanlah hal yang mutlak. Melalui pengalaman orang lain dan sedikit training atau belajar secara otodidak, pekerjaan ini bisa dilaksanakan dengan baik. Daftar pekerjaan berikut umumnya terdapat di kawasan Eropa dan Amerika.

10. Agen Asuransi
Menjadi agen asuransi tidak membutuhkan tamatan sarjana. Kesuksesan menjadi seorang agen asuransi tergantung kemampuan diplomasi dan mempengaruhi orang agar mau membeli polis asuransinya. Asuransi banyak sekali jenisnya, misalnya properti, kesehatan, otomotif, asuransi jiwa, keselamatan kerja, asuransi kecelakaan, hingga asuransi investasi. Semuanya memberi kesempatan dalam menanjak tangga karir untuk menghasilkan uang yang melimpah. Di Amerika, rata-rata gaji awal menjadi agen asuransi sekitar $ 26.000 per tahun dengan potensi pertumbuhan pendapatan mencapai 131%.

9. Asisten Eksekutif
Menjadi asisten eksekutif suatu perusahaan merupakan pekerjaan yang cukup difavoritkan di Amerika. Pekerjaan ini sebenarnya membutuhkan berbagai wawasan seperti administrasi, penanganan laporan, permintaan informasi, mengatur panggilan konferensi, acara webinar, hingga agenda rapat. Namun yang terpenting bagi seorang eksekutif adalah nilai kepercayaan dan kenyamanan terhadap asistennya, sehingga degree graduate (gelar sarjana) bukanlah hal yang mutlak diinginkan oleh eksekutif. Rata-rata mulai Gaji: $ 29.000/tahun dengan potensi pertumbuhan pendapatan 131%.

8. Petugas Survey (Surveyor atau Inspektur)
Jika anda suka bekerja di luar (alam) maka menjadi petugas survey atau inspeksi menjadi pilihan yang menarik. Di luar negeri, surveyor yang bertugas untuk mengumpulkan data, memetakan lokasi, dan melakukan pengukuran wilayah tidak membutuhkan lulusan sarjana. Rata-rata mulai Gaji: $ 31.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan mencapai 190%.

7. Mekanik Mesin Pemanas dan Pendingin
Menjadi mekanik mesin pemanas dan pendingin memerlukan keterampilan teknik mesin (enginering) yang biasanya bisa diperoleh melalui pendidikan STM atau diploma. Rata-rata mulai gaji: $ 26.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan  158%.

6. Stenografer (Wartawan di Pengadilan)
Di Eropa dan Amerika, alat perekam dan kamera dilarang di bawa masuk dalam ruang sidang pengadilan. Maka untuk mencatat jalannya proses persidangan, dibutuhkan seorang ahli tulis yang bisa mencatat dengan cepat jalannya persidangan. Hal tersebutlah tugas seorang stenografer. Di kawasan benua tersebut, pekerjaan stenografer tidak membutuhkan lulusan sarjana, karena yang terpenting adalah keterampilan tulis menulis (reporter). Rata-rata mulai gaji: $ 26.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan 250%.

5. Asisten Paralegal
Paralegal adalah sebuah profesi yang bertugas membantu seorang pengacara dalam melaksanakan pekerjaannya. Paralegal tidak memiliki izin untuk berpraktik hukum karena paralegal bukanlah seorang pengacara atau juga petugas pengadilan pemerintah. Menjadi asisten paralegal tidak membutuhkan jebolan sarjana. Rata-rata mulai gaji $ 29.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan 159%.

4. Sekretaris Medis
Di Amerika, pertumbuhan profesi sekretasi medis lebih cepat karena perkembangan industri kesehatan yang semakin pesat. Sekretaris medis bertugas dalam pengajuan janji, penjadwalan, hingga dukungan kepada staf kantor medis lainnya. Rata-rata mulai gaji $ 21.000 untuk tahun pertama dengan potensi pertumbuhan pendapatan 114%.

3. Developer Web
Profesi sebagai pengembang situs (developer web) merupakan salah satu pekerjaan favorit kalangan muda. Banyak orang yang telah memiliki ijazah sarjana dalam bidang ini, namun bukan berarti mempunyai peluang lebih besar untuk diterima dalam perusahaan, karena yang lebih dibutuhkan adalah keterampilan dan kemampuan pemrograman. Banyak juga para pendiri perusahaan bidang teknologi dan internet yang bukan lulusan perguruan tinggi, seperti Steve Jobs (alm.) pendiri Apple.inc dan Mark Zuckerberg pendiri Facebook. Rata-rata mulai gaji $ 43.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan 179%.

2. Manajer Iklan Online (Online Advertising Manager)
Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang menejer periklanan online untuk memperluas pemasaran di internet.  Para perusahaan lebih mengutamakan pengalaman kerja ketimbang gelar sarjana bidang advertising. Rata-rata mulai gaji: $ 40.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan 255%.

1. Perawat Kesehatan Gigi (Dental Hygienist)
Menurut CareerCast.com, daftar pekerjaan teratas tanpa memerlukan gelar sarjana empat tahun adalah petugas kebersihan gigi. Petugas perawat kebersihan gigi bertugas memeriksa gigi pasien, penyakit mulut dan memberikan perawatan gigi lainnya. Dental Hygienist tidak perlu gelar sarjana empat tahun, tetapi mereka biasanya memerlukan gelar sarjana dalam kebersihan gigi, tetapi “graduate degree” dalam lembaga setingkat. Rata-rata awal gaji dalam setahun $ 45.000 dengan potensi pertumbuhan pendapatan hingga 109%.

Artikel Terkait