Waralaba Lokal dengan Modal di Bawah 10 Juta Rupiah


Menurut beberapa pengamat ekonomi dan bisnis, paket usaha kemitraan dengan model  waralaba di Indonesia dengan investasi modal kecil mulai banyak tumbuh layaknya rumput di musim hujan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya calon wirausahawan muda yang ingin mencoba belajar berbisnis secara lebih praktis, karena dengan modal investasi yang tidak terlalu besar, mereka telah bisa memulai menjalankan sebuah usaha, tanpa harus pusing-pusing mencari bahan, peralatan usaha, belajar teknik penjualan dan promosi yang rumit. Banyak pengusaha muda yang lebih memilih bermitra dalam sistem franchise sembari belajar berbisnis, sebelum mereka mengetahui seluk-beluk dunia usaha secara cermat kemudian bisa mandiri dan membangun brand usahanya sendiri, lalu melepas ikatan dalam mitra waralaba.

Di Indonesia, bisnis waralaba lokal dengan modal investasi di bawah 10 juta rupiah pada umumnya adalah bidang makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa bisnis waralaba lokal dari berbagai bidang usaha yang menawarkan investasi kemitraan dengan modal di bawah sepuluh juta rupiah:

1. Kuch2Hotahu
kuch2hotahu
Bila anda mendengarkan namanya, ternyata agak mirip dengan judul sebuah film India. Kuch2Hotahu adalah sebuah usaha makanan yang berbahan dasar tahu. Produk-produk makanan berbahan tahu tersebut dibuat dengan berbagai variasi dan inovasi yang diolah dengan bumbu rahasia dan bahan lainnya yang diimport. Untuk menjadi mitra usaha waralaba ini, modal yang diperlukan sekitar 8,5 juta rupiah, dan anda telah memperoleh gerobak, peralatan usaha, serta perlengkapan lainnya.

2. Semerbak Coffee
semerbak coffee
Bila anda tertarik dengan usaha minuman, maka waralaba Semerbak Coffee bisa menjadi salah satu pilihan dalam memulai bisnis anda. Paket investasi yang ditawarkan pada usaha penjualan minuman kopi tersebut beraneka ragam, dan yang paling murah adalah paket reguler sebesar 9,5 juta rupiah.  Dengan modal tersebut, mitra waralaba akan memperoleh satu unit booth, beberapa bahan baku kopi, dan perlengkapan lainnya.

3. Top Voucher Hotel
top voucher
Top Voucher Hotel merupakan bisnis kemitraan di bidang penyediaan voucher hotel terlengkap. Modal kemitraan yang dibutuhkan sekitar 7,5 juta rupiah yang digunakan sebagai biaya registrasi, pembuatan spanduk, seragam, kwitansi, dan stempel order. Sedangkan untuk tempat usaha, komputer dan internet disediakan sendiri oleh franchisee. Dalam jaringan bisnis ini, anda akan memperoleh komisi dari pihak hotel setiap terjadi transaksi.

4. Inticom
inticom
Inticom menawarkan bisnis kemitraan waralaba di bidang komputer dan teknologi. Jika anda ingin membuka sebuah galeri usaha bidang komputer dan asesorisnya, mungkin Inticom bisa menjadi salah satu alternatif dalam memulai bisnis anda. Modal franchisenya sekitar tiga juta rupiah, dimana anda akan memperoleh paket usaha sekitar 78 produk asesoris komputer. Untuk penyediaan gedung dan tempat usaha, diusahakan sendiri oleh anda.

5. Galeri Tas Spunbond
galeri tas spunbond
Sesuai dengan namanya, waralaba ini mengajak kerjasama dalam bidang fashion, yaitu penjualan tas yang berbahan spunbond. Spunbond adalah bahan kain sintesis yang biasanya disebut dengan pur kertas atau kain kapas. Tas kain ini sering diberikan oleh supermarket kepada para pelanggan, karena dianggap tas ramah lingkungan. Biaya franchise cukup murah yaitu setengah juta rupiah, dan wajib melakukan pembelian pertama sebesar 2,5 juta rupiah.

Demikian beberapa pilihan bisnis franchise dengan modal kurang dari 10 juta rupiah. Sebenarnya ada puluhan usaha waralaba dengan modal kecil yang ada di Indonesia, dan tampakanya akan terus mengalami perkembangan di tahun-tahun berikutnya, baik jumlahnya maupun jenis bidang usahanya.

Artikel Terkait