Wanita Terkaya di Benua Afrika

Kawasan Afrika dikenal sebagai negara - negara yang berpenduduk miskin. Selain keterbelakangan pendidikan, perang antar suku membuat hanya sedikit negara yang ada di benua hitam tersebut tergolong sebagai negara dunia II. Namun, hal tersebut tidak menjadikan kawasan benua Afrika tidak memiliki orang-orang tajir.

wanita terkaya di afrikaPada abad ke-14, tercatat dalam history dunia, bahwa orang yang paling kaya sedunia dalam sepanjang sejarah peradaban manusia berada di kawasan Afrika Barat yang bernama Raja Mansa Musa I dengan total kekayaan pribadi sekitar 3.600 triliun rupiah. Dan pada tahun2013, majalah Forbes mempublikasikan daftar orang-orang kaya dunia, termasuk juga tingkat kekayaan di berbagai benua.

Pada tahun ini, putri dari Presiden Angola yang bernama Isabel Dos Santos dinobatkan sebagai wanita terkaya di benua Afrika. 

Pada usia 24 tahun, Isabel Dos Santos telah mulai belajar berbisnis dengan membuka sebuah restaurant yang bernama Miami Beach Club di Luanda, ibu kota Republik Angola, sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika bagian barat. Putri Presiden Jose Eduardo Dos Santos tersebut merupakan lulusan King's Collage di London pada bidang mekanik dan manajemen bisnis. Isabel Dos Santos yang kini berusia 40 tahun telah memiliki saham di berbagai perusahaan dunia. Ia juga membeli beberapa perusahaan besar di Portugal dan Angola yang bergerak di bidang telekomunikasi, media massa, keuangan, perdagangan, dan juga industri bidang energi. Bersamanya sang suami, Isabel juga mempunyai perusahaan-perusahaan pertambangan intan. Pada tahun 2007, salah satu majalah di Portugal juga mendaulat Isabel Dos Santos sebagai pengusaha wanita yang dinamis, baik, pintar, dan bersahaja.

Pada awal tahun 2013, Majalah Forbes memperkirakan total aset kekayaan Isabel Dos Santos sebesar 9,5 triliun rupiah. Wanita yang mempunyai 3 orang anak tersebut berada di urutan ke-31 sebagai orang terkaya di kawasan Afrika dan dinobatkan sebagai wanita milyuner pertama dari benua Afrika. Selain itu, Isabel Dos Santos dianggap wanita yang berpengaruh di negerinya. Berikutnya adalah Sepuluh orang terkaya di dunia 2013.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait