Usaha Butik Berkonsep Unik

Butik adalah toko pakaian dan assesoris yang identik dengan wanita. Apa yang special dari butik? Sebuah outlet butik biasanya menyediakan barang istimewa, baik itu pakaian, perhiasan, atau pun assesoris yang jarang dijumpai di tempat lain. Karena barang-barang yang dijual tersebut sangat terbatas jumlahnya atau pun dibuat dalam model/desain khusus, maka harga yang ditawarkan untuk para pelanggan pun jadi lebih mahal, bahkan harganya bisa sampai 10x lipat pada produk yang sejenis.

Oleh karena itu, butik identik dengan para kaum hawa yang “berada”. Inti dari usaha butik ini adalah menyediakan produk-produk yang sangat special dan terbatas. Para pelanggan akan merasa kecewa, jika gaun yang mereka beli, ternyata banyak dijumpai ditempat lain. Jadi harus dibuat secara limited edition, agar pelanggan selalu merasa percaya diri memakai produk yang mereka beli. Selain wajib menyediakan produk yang “the best”, daya tarik butik juga tidak terlepas dari kreatifitas interior yang diciptakan. Berikut adalah beberapa contoh butik dengan konsep unik:

ruang interior butik unik

1. Viktor & Rolf  Upsidedown Boutique
Butik ini terletak di kota Milan, negara pizza Italia. Yang unik dari butik ini adalah penataan ruangannya. Suasana di dalam butik berbalik 180°, karena semua ditata jungkir balik. Pintu, meja, kursi, dan benda lainnya di tempelkan di bagian atap yang dirubah seperti lantai, sementara lantai diubah seperti atap plafon. Lukisan pun dipajang terbalik. Ketika masuk ke dalam, pelanggan akan merasa sensasi yang berbeda.  

2. Ultra Modern Boutique
Butik ini merupakan milik Tag Heuer. Lokasinya di Pavilion, negara tetangga kita Malaysia. Rancangannya diarsiteki oleh Ottavio di Blasi. Konsepnya adalah bangunan dan ruangan butik yang bertema "future" atau masa depan dengan perpaduan sensasi teknologi. Pengunjung yang datang ke butik ini akan merasa dibawa ke masa "next millenium.

3. Toko Butik Opticks Arnsdorf
Butik Opticks Arnsdorf ini terletak di Melbourne, Australia. Konsepnya adalah membuat gua-gua yang menyerupai jaring-jaring kristal. Didesain oleh Edwards Moore, seorang arsitek bergaya minimalis. Ruang butik tersebut dihiasi oleh rentangan-rentangan celana ketat yang membentuk pola seperti inti kristal. Suasana ruangannya terkesan lembut.

4. Raffinati Store 
Raffinati Store merupakan salah satu butik yang berkonsep unik. Interiornya bertema minimalis dengan suasana yang elegan. Butik ini terletak di Montreal, Kanada. Butik ini juga mengutamakan memajang pakaian yang berwarna hitam dan putih, serta keabu-abuan. Dengan konsep yang didesain oleh Alexandre Blazys dan Benoit Gerard tersebut, para pengunjung akan merasa betah dalam suasana kemewahan tersebut.

Nah, demikianlah beberapa contoh butik yang bertema unik nan menarik. Semoga info di atas bisa membangkitkan inspirasi bagi anda yang sedang melakoni bisnis ini. Selamat membangun kreatifitas untuk usaha Anda! 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait