Tips Menjalani Mompreneur

Mompreneur adalah sebutan untuk ibu rumah tangga yang menjadi wirausahawati. Berasal dari kata Mommy yang artinya ibu, dan enterpreneur bermakna pengusaha. Jadi, seorang mompreneur adalah sosok wanita yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang amat berat. Selain berkewajiban mengurus keluarga, ia juga  harus berjuang untuk mencari penghasilan dengan usaha atau bisnis yang ia geluti. Ada sisi positif dan negatif menjadi mompreneur, antara lain:

mompreneur wirausahawati
Hal positif (keuntungan)
  • Menambah pemasukan untuk keluarga
  • Melatih talenta, kreatifitas dan inovasi serta penyalur hobi
  • Mampu mandiri dalam hal keuangan
  • Memperluas relasi dan pertemanan

Hal negatif (kerugian)
  • Memerlukan kerja keras dan menguras energi.
  • Sering terjadi perselisihan kepentingan antara keluarga dan bisnis
  • Mempunyai kesempatan bersosialisasi yang terbatas
  • Vitalitas dan kesehatan lebih sering terganggu

Dalam perjalanannya menjadi seorang "mompreneur", yang paling sering terjadi konflik kepentingan antara bisnis dan keluarga. Untuk itu diperlukan berbagai upaya agar semuanya berjalan harmonis antara kepentingan keluarga dan kemajuan usaha. Adapun beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai seorang Mompreneur antara lain:

Bangun Bisnis yang Anda Cintai
Bila Anda telah memutuskan untuk memulai suatu bisnis sendiri dan bekerja dari rumah, Anda harus menyukai dan mencintai apa yang Anda kerjakan. Jika ada beberapa pilihan bisnis yang bisa anda kerjakan dari rumah, misalnya bisnis kuliner, bisnis fashion, usaha kerajinan tangan, dsb, maka pilihlah bisnis yang benar-benar anda sukai dan mampu anda lakukan. Dengan membangun usaha yang senang anda kerjakan, maka motivasi dan gairah kerja akan selalu muncul dalam diri anda. Dengan motivasi kerja yang bagus, maka bisnis anda pasti menemui keberhasilan. 

Ciptakan "Home Office"
Home Office atau kantor dalam rumah merupakan salah satu cara agar anda bisa fokus terhadap jalannya bisnis anda. Untuk menciptakan "home office", anda bisa menggunakan salah satu ruangan rumah anda sebagai ruang kerja dalam mengerjakan hal-hal yang terkait dengan bisnis anda. Selain itu, dengan menyiapkan "home office", barang-barang ataupun dokumen yang merupakan bagian dari bisnis anda, tidak akan terganggu oleh anggota keluarga.  

Susun Jadwal
Ketika membangun usaha di rumah, sering anda akan direpotkan saat mengurus keluarga dan mengerjakan bisnis anda. Terkadang tanpa disadari, anda akan mengerjakan kedua hal tersebut secara bersamaan, sehingga urusan rumah tangga dan urusan bisnis menjadi tidak tuntas semuanya. Maka, susunlah jadwal yang tepat dan kelola waktu dengan bijaksana agar satu per satu kepentingan bisnis dan urusan rumah tangga bisa diselesaikan dengan baik.

Mintalah Bantuan Keluarga Anda
Ketika anda benar-benar terjebak dalam menyelesaikan kepentingan usaha dan rumah tangga, maka mintalah bantuan anggota keluarga anda, terutama sang suami. Mohonlah pengertian pasangan anda, agar bisa menyokong bisnis anda dengan membantu anda baik dalam urusan rumah tangga atau pun ikut menangani bisnis anda sewaktu-waktu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait