Tips Menjaga Kepercayaan Konsumen (Pelanggan)

Membangun sebuah bisnis yang besar dan mapan memang memerlukan kerja keras. Persaingan yang ketat pada satu bidang usaha merupakan kendala besar dalam mewujudkan impian tersebut. Untuk itu, salah satu upaya yang wajib dilakukan adalah membangun kepercayaan (trust) dari konsumen atau pelanggan. Dengan adanya kepercayaan yang besar pada usaha anda dari para konsumen, maka niscaya bisnis anda lebih bisa bertahan pada kerasnya persaingan dan loyalitas pelanggan akan tetap terjaga.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk membangun dan menjaga kepercayaan para konsumen terhadap usaha anda? Berikut adalah sedikit ulasannya.

1. Menjaga Kualitas Produk
menjaga kepercayaan konsumen
Kualitas produk atau jasa merupakan kunci utama dalam menjaga trust dari konsumen anda. Dengan menghadirkan produk-produk yang tidak menurun (berkurang) kualitasnya, maka konsumen akan selalu setia dengan produk usaha anda. Kita bisa lihat contohnya dalam bisnis teknologi gadget, dimana produk-produk ciptaan perusahaan Apple, seperti iPhone dan tablet iPad selalu laris dipasaran meskipun harga produknya selangit. Para konsumen menjadi setia dengan produk-produk gadget tersebut karena kualitasnya yang selalu terjaga. Ini juga membuktikan bahwa harga dinomorduakan.

2. Kejujuran
Siapa yang senang dibohongi? Rasanya semua orang akan merasa marah dan kecewa setelah menerima ketidakjujuran. Kesetiaan dan kepercayaan seorang konsumen tidak terlepas dari keterusterangan yang ia terima dari pemilik usaha tersebut. Dalam bisnis perdagangan, kejujuran menjadi hal yang vital dalam menarik konsumen. Banyak pebisnis yang tidak jujur demi mengejar target income, namun dalam jangka panjang hal tersebut akan meruntuhkan kerajaan bisnisnya.

3. Pelayanan Maksimal
Banyak usahawan yang gulung tikar karena kurang memperdulikan pelayanan terhadap konsumen, apalagi konsumen kelas teri. Dengan memberikan pelayanan yang bagus, baik pelanggan baru, pelanggan lama, pelanggan besar, maupun pelanggan kelas kecil, maka akan tercipta kepuasan konsumen. Sehingga dengan sendirinya akan terwujud loyalitas dari konsumen. Ingat, pelayanan bukan hanya dilakukan pada awal saja, tetapi juga pada bagian akhir, seperti menangani keluhan dan memfollow-up kritik konsumen.

4. Memberi Nilai Lebih pada Pelanggan Setia
Hal yang patut juga anda perhatikan ketika ingin membangun konsep bisnis yang dipercaya konsumen adalah memberikan nilai plus kepada pelanggan setia anda. Hal plus tersebut misalnya memberikan diskon khusus, hadiah/souvenir cantik, atau juga pelayanan special. Dengan hal-hal special yang ia terima tersebut, pelanggan akan menjadi enggan untuk berpindah pada tempat usaha yang lain. Seperti lagu lama KLa Project "Tak Bisa Ke Lain Hati".

5. Pengolahan Data yang Baik
Cara lain yang juga mesti anda lakukan untuk membangun jaringan bisnis yang terpercaya adalah pengolahan dan pengorganisiran berbabagai rekam data, terutama catatan data yang terkait dengan konsumen. Misalnya, ketika seorang konsumen menyampaikan komplain terhadap produk yang ia pakai, dan anda mampu menyelesaikannya dengan bantuan catatan data pelanggan yang telah anda simpan tersebut (misal tanggal pembelian, perjanjian jual beli, dsb) maka bisnis anda akan lebih mendapat kepercayaan dan dianggap berkinerja profesional. Selain itu, jangan pernah memanfaatkan data-data pelanggan untuk kepentingan lain yang merugikan konsumen, seperti akun email, data alamat, dan mengganngu privasi pelanggan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait