Tips Mempercantik Etalase Toko Pakaian dengan Konsep Unik

Etalase pada toko dapat diibaratkan sebagai sampul sebuah buku. Meskipun sebuah sampul buku tidak bisa menggambarkan seluruh isi buku, tetapi desain sampul buku yang cantik dapat menarik perhatian para pembaca untuk melihat lebih dalam dari isi buku tersebut. Begitu juga dengan desain sebuah etalase toko. Desain etalase toko yang atraktif akan membuat orang-orang tertarik untuk memasuki toko anda.

Kata Etalase berasal dari bahasa Prancis, yaitu “Etalage” yang artinya pameran pajangan. Etalase pada sebuah toko, seperti toko pakaian, marchendise, toko mainan, dan sebagainya adalah bagian depan toko yang biasanya dibatasi dinding kaca sebagai tempat untuk memajang contoh barang-barang yang menjadi andalan toko tersebut. Untuk menciptakan etalase toko yang menarik, khususnya toko pakaian, mungkin anda bisa mencoba menerapkan tips-tips berikut ini.

Visualisasi Tema yang Dinamis
etalase tokoDalam menciptakan sebuah etalase yang menarik, anda sebaiknya memilih satu tema. Tema yang anda buat sebaiknya bersifat dinamis, artinya berubah-ubah disesuaikan dengan masa tertentu. Misalnya saat musim hujan, gantungkan aneka warna-warni payung, sementara ketika menjelang Valentine pajanglah berbagai barang yang bertema cinta, atau saat masa puasa letakkan benda-benda yang bertema Islam. Dengan mengatur desain etalase yang bersifat dinamis, maka para pelanggan akan dimanjakan dengan suasana yang berbeda-beda. Mungkin hal tersebut akan membuat mereka merasa rindu dan penasaran untuk ingin kembali lagi ke toko anda melihat sesuatu yang baru.

Memajang Benda (Produk) Satu Jenis
Jika anda mendesain etalase dalam sebuah tema, maka pajanglah satu jenis benda. Mencampur aduk berbagai benda dalam pajangan di kaca etalase akan membuat kesan tidak rapi. Misalnya ketika toko anda mempunyai promo sepatu baru, maka pajanglah berbagai jenis sepatu tersebut dengan desain yang unik. Memajang pakaian, sepatu, topi, sandal, dan sebagainya dalam satu etalase akan kurang efektif menarik pandangan orang yang lewat di depan toko anda.

Menciptakan Tema Cerita
Jika anda terpaksa harus memajang berbagai jenis benda dalam kaca etalase, maka sebaiknya memakai konsep tema cerita. Misalnya sepasang manekin yang duduk berdua dalam suasana romantis dengan memakai assesoris baju, topi, sepatu, atau sandal yang sedang dipromosikan. Dengan konsep cerita yang anda ciptakan, maka orang-orang akan lebih tertarik untuk mendekati toko anda.

Mengutamakan Produk sebagai Titik Fokus
Dalam pemajangan barang-barang di kaca etalase dengan suatu tema, usahakan agar memberi kesan yang lebih fokus pada barang (produk) yang anda jual tersebut. Jangan seperti iklan-iklan di televisi, dimana pemirsa televisi lebih mengingat wajah artis yang membintangi iklan tersebut daripada produk yang diiklankan. Untuk menciptakan kesan yang lebih fokus, aturlah pencahayaan dan gunakan latar belakang etalase yang agak kontras dengan produk, sehingga calon konsumen bisa melihat produk yang anda tawarkan meskipun dari kejauhan.

Contoh Desain Toko Fashion yang Unik dan Menarik

Kreativitas menjadi salah satu penyokong bagi dunia bisnis. Kreativitas itu tercermin dalam berbagai sudut, salah satunya tempat usaha. Tempat Usaha yang berupa toko hendaknya didesain dengan baik dan menarik. Anda bisa mewujudkannya dengan ide kreatif membangun toko yang unik dan tidak biasa. Hal ini tentu dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Berikut ini disajikan contoh desain-desain bangunan toko yang unik dan atraktif:

Desain Toko Berbentuk Sarang Burung

desain toko natural

Desain toko pakaian ini mengambil konsep saran burung. Sebagian besar bahan pembuatnya adalah ranting-ranting kayu yang disusun sedemikian rupa agar terlihat seperti sarang burung di musim cerah. Tak lupa pula ditambah ornamen-ornamen berwarna coklat sehingga terkesan alami dan menarik.

Desain Toko Futuristik

desain toko futuristik

Toko ini bernama Royal/T yang terletak di kota California, Amerika Serikat. Ide desainnya bertemakan masa depan, dimana ornamen-ornamen utamanya terbuat dari logam berwarna perak, termasuk patung menekinnya.

Desain Toko Rumah Igloo

desain toko bulat

Toko ini terinspirasi dari rumah-rumah orang kutub yang berbentuk bulat. Dibangun pada saat musim dingin di kota New York. Para pemiliknya pun memberikan gratis secangkir coklat kepada para pembeli agar tetap merasa hangat saat berbelanja.

Desain Toko Sarang Laba-laba

desain toko unik

Toko fashion yang berada di kota Melbourne ini memanfaatkan ratusan kaos stocking yang direntangkan ke berbagai arah untuk menciptakan desain jaring laba-laba. Pengunjung pun merasa seolah-olah berada di dalam area yang berongga yang memiliki serat berjaring.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait