Tips Belanja di Toko Online (Internet)

Pada suatu situasi, mungkin anda dihadapkan hanya dalam satu pilihan, sehingga terpaksa menempuh langkah tersebut. Hal ini juga sering terjadi ketika anda menginginkan suatu barang atau produk yang ternyata sulit didapatkan di wilayah anda. Dan pilihan itu hanya satu, yaitu membeli barang tersebut melalui media online internet. 

Banyak bahan dan peralatan untuk usaha (bisnis) yang hanya tersedia di kota-kota besar, sehingga jika mendatangi toko penjualan tersebut, kita akan dihadapkan banyak kendala, seperti transportasi, waktu, kesulitan menemukan alamat, dan banyak lagi. Sehingga praktisnya adalah membeli secara online. 

belanja di toko online

Namun, banyak orang yang masih takut berbelanja secara online karena banyak ditemui kasus-kasus penipuan yang menggunakan media internet tersebut. Tapi, bukan berarti anda harus mengurungkan niat anda dalam membeli suatu produk di internet untuk keperluan pribadi ataupun untuk kebutuhan usaha anda. Agar tetap merasa yakin bahwa transaksi yang anda lakukan tidak mengalami penipuan, maka ada baiknya anda lebih teliti memilih toko-toko online yang dapat dipercaya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam berbelanja secara online:

Periksa reputasi situs toko online tersebut
Hal yang pertama yang dilakukan sebelum anda memutuskan membeli barang yang anda inginkan pada suatu toko online adalah mengecek kredibilitas situs tersebut. Toko online yang profesional biasanya memakai domain tingkat tinggi/berbayar (Top Level Domain), misalnya www.blablabla.com. Toko online yang memakai hosting gratisan seperti blogspot ataupun wordpress agak sedikit riskan untuk dipercaya. Selain itu anda bisa cek rangking situs tersebut di www.alexa.com untuk mengetahui apakah situs itu banyak dikunjungi orang tiap hari dan berapa peringkat situs tersebut. Semakin ramai visitornya per hari dan semakin kecil nilainya peringkatnya, berarti situsnya lebih dipercaya. 
SSL belanja onlineLihat pula seal SSL pada kotak pengetikan alamat di browser. Jika terdapat tanda gembok, berarti transaksi yang dilakukan bersifat aman dan terjaga privasinya, terutama untuk pembayaran dengan kartu kredit.

Bandingkan harga yang ditawarkan
Jangan mudah tergoda dengan penawaran yang terlalu muluk-muluk, seperti diskon besar-besaran, harga yang terlalu murah, ataupun berbagai promo bonus. Sebaiknya bandingkan harga toko online tersebut dengan toko-toko online yang lain dalam produk yang sama. Jangan lupa untuk mengecek status stok barang yang mereka punya. Jika mereka selalu mencantumkan stock barang yang mereka punya secara realtime, berarti toko tersebut lebih dapat dipercaya.

Cek Customer Service
Toko online yang baik menyediakan dukungan customer service ataupun contact person yang mudah dihubungi, seperti nomor telepon, yahoo messenger, email, nomor faxmile, bahkan punya dukungan media sosial (facebook, google+, tweeter). Mereka juga menyediakan alamat kantor yang jelas.

Baca testemoni dan policy
Toko online yang baik biasanya menyediakan kolom komentar untuk menyampaikan testemoni pelanggan. Jika testemoni pelanggan yang ditampilkan selalu memberikan pujian, agak sedikit riskan untuk dipercaya. Situs toko online yang baik biasanya menampilkan testemoni pelanggan apa adanya, entah komentar yang baik-baik maupun komentar rasa kecewa. Ada baiknya anda membaca testemoni tentang toko online tersebut di website-website yang lain. Testemoni yang paling dipercaya berasal dari teman-teman anda yang pernah belanja di situs tersebut. Baca juga aturan tata cara belanja, cara pengiriman, perjanjian transaksi, dan sejenisnya. Pahami dengan baik!

Perhatikan tata cara pembayarannya
Umumnya, transaksi online dilakukan dengan menggunakan transfer ke rekening bank, kartu kredit, ataupun melalui payment gateway seperti paypal dan google checkout. Jika pihak toko online meminta hal-hal yang berifat rahasia seperti password kartu ATM, internet banking, password akun paypal, maka hal tersebut mengarah pada penipuan. Ketika anda telah memutuskan untuk percaya membeli sesuatu pada toko online tersebut, maka berikan alamat yang benar-benar jelas agar barang yang dikirim bisa cepat sampai ke tangan anda.

Demikian sedikit ulasan tentang kiat-kiat membeli barang di internet. Semoga bisa sedikit bermanfaat untuk anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait