Sudahkah Anda Punya NPWP?

Dalam dunia bisnis, NPWP merupakan bagian penting bagi seorang pengusaha atau badan usaha. Disetiap pengajuan surat-surat tertentu, misalnya surat izin usaha, sertifikat halal atau ketika melakukan transaksi bisnis, NPWP menjadi sangat diperlukan. Namun sebenarnya, setiap penduduk Indonesia (pengusaha atau bukan pengusaha) yang telah memenuhi persyaratan berhak dan wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.

pelayanan pajakNomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah sebuah deretan nomor unik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pajak untuk diberikan kepada wajib pajak (WP) guna menjadi sarana dalam pengurusan (administrasi) masalah perpajakan. NPWP tersebut adalah identitas diri bagi wajib pajak ketika melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Dalam dunia usaha, kepemilikan NPWP akan menambah legalitas usaha yang dilakoninya.

Bagaimana proses mendapatkan NPWP?
Contoh Kartu NPWP Pajak
Untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak yang biasanya dalam wujud kartu, maka yang perlu disiapkan adalah Fotocopy KTP atau SIM. Jika warga negara asing yang tinggal di Indonesia, harus melampirkan fotocopy paspor dan surat keterangan tempat tinggal. Untuk wajib pajak orang pribadi usahawan, maka melampirkan surat keterangan tempat kegiatan usaha ataupun surat keterangan pekerjaan bebas dari instansi/lembaga berwenang. Sedangkan jika ingin mendaftarkan badan usaha (PT/CV/Firma,dsb) sebagai wajib pajak, maka juga harus melampirkan fotocopy akta pendirian badan usaha dari notaris.

Kemudian wajib pajak mendatangi  Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di kabupaten/kota di wilayahnya untuk mengisi formulir / biodata. Isian formulir data bisa juga dilakukan secara online di situs www.pajak.go.id. Lewat regestrasi elektronik tersebut, wajib pajak akan memperoleh Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sementara (berlaku 30 hari) dan formulir yang harus dicetak dan ditandatangani oleh wajib pajak. SKT dan formulir tersebut kemudian dibawa ke Kantor Pelayanan Pajak setempat untuk diverifikasi ulang.

Setelah petugas pelayanan pajak, menginput data, wajib pajak akan menerima SKT dan Kartu NPWP. Biaya penerbitan NPWP di seluruh kantor pelayanan pajak adalah Rp. 0,- alias gratis. NPWP wajib dimiliki oleh orang pribadi yang berpenghasilan di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). 

Manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dengan memiliki NPWP antara lain sebagai syarat pengajuan kredit bank, permohonan SIUP, pembayaran pajak, ikut serta dalam pelelangan, pembuatan dokumen paspor, menambah kepercayaan mitra usaha, dan lainnya. Sudahkah anda mempunyai NPWP?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait