Sepuluh Orang Terkaya di Dunia Tahun 2013

Pernah terbayang masuk dalam daftar sepuluh orang kaya di dunia? Tentu rasanya bagaikan mimpi di siang bolong. Seperti berharap hujan turun di gurun pasir ketika musim kemarau, sesuatu yang sulit terjadi, namun bisa saja terjadi. Masuk ke dalam daftar 100 bahkan 10 orang terkaya di dunia memang impian banyak orang. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Diperlukan usaha kerja keras dan izin Tuhan untuk mencapai posisi tersebut.

Berikut kita simak 10 orang yang merupakan orang terkaya dunia menurut Bloomberg Billionaire Index dikutip dari Asiaone:

10. Li Ka-Shing
Li Ka-Shing merupakan salah satu orang Asia yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia. Li Ka-Sing adalah warga negara Hongkong yang total kekayaannya mencapai US$ 30,6 miliar atau sekitar 275,5 triliun rupiah.Pria kelahiran Chaozhou pada 84 tahun lalu memimpin berbagai perusahaan, salah satunya adalah Hutchison Whampoa.

9. Bernard Arnault
Bernard Arnault atau nama lengkapnya Bernard Jean Etienne Arnault adalah seorang tokoh pengusaha sekaligus terkenal sebagai kolektor barang-barang seni berkebangsaan Prancis. Ia pernah dinobatkan sebagai The Fashion Person of 2011 oleh Majalah Forbes. Total aset kekayaannya ditaksir mencapai US$ 30,8 miliar atau 277,2 triliun rupiah.

8. Larry Ellison
Nama lengkapnya adalah Lawrence Joseph “Larry” Ellison, seorang pria berkewarganegaraan Amerika Serikat. Dia adalah pendiri Oracle Corporation, sebuah perusahaan terkenal di bidang piranti lunak. Hampir seperempat kekayaannya bersumber dari pendapatan di perusahaan Oracle tersebut. Pada awal tahun 2013 ini, ia memiliki aset senilai US$ 40,6 miliar (365,4 triliun rupiah).

7. David Koch
Dengan jumlah kekayaan mencapai US$ 43,4 miliar atau setara dengan 390,6 triliun rupiah, David Koch menjadi salah satu deretan orang tajir di Amerika Serikat. Pria yang berusia 74 tahun tersebut, saat ini menjabat sebagai Executive Vice President, Koch Industries, Inc.


6. Charles Koch
Charles de Ganahl Koch merupakan saudara dari David Koch. Ia masuk dalam daftar deretan orang kaya di dunia dengan aset senilai hampir sama dengan adiknya (US$ 43,4 miliar). Charles Koch sekarang menjabat sebagai CEO Koch Industries, Inc.


5. Ingvar Kamprad
Ingvar Kamprad adalah seorang pengusaha yang berasal dari Swedia. Kesuksesannya diraih berkat perusahaan IKEA yang didirikannya. IKEA adalah sebuah perusahaan ritel perabot rumah tangga yang pangsa pasarnya telah merambah hingga 32 negara. Kini ia memiliki jumlah kekayaan sekitar US$ 45,1 miliar (405,9 triliun rupiah).

4. Warren Buffet
Warren Edward Buffet merupakan seorang pengusaha kelahiran Amerika pada 82 tahun lalu. Melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, ia pernah berhasil menduduki urutan pertama orang terkaya di dunia oleh Majalah Forbes di tahun 2010. Orang-orang menjulukinya sebagai Oracle of Omaha. Kini aset hartanya ditaksir sebesar US$ 51,2 miliar atau 460,8 triliun rupiah.

3. Amancio Ortega
Pada tahun 2013 ini, Amancio Ortega Gaona (Spanyol) dinobatkan sebagai orang terkaya di benua biru, Eropa. Total kekayaannya mencapai US$ 58,3 miliar (524,7 triliun rupiah). Dalam perusahaan Inditex Group, ia memiliki separuh sahamnya dengan memperkejakan sekitar 92.000 pekerja. Salah satu produk yang dikenal oleh masyarakat Asia adalah produk fashion yang bermerek Zara.

2. Bill Gates
Hampir semua orang yang punya komputer dengan sistem Windows mengenal tokoh pengusaha ini. Ia adalah pendiri perusahaan piranti lunak (software) teknologi komputer, Microsoft Corporotion. William Henry “Bill” Gates III pernah beberapa kali menduduki posisi pertama sebagai orang paling tajir di muka bumi. Kini kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 63,8 miliar (Rp 574,2 T).

1. Carlos Slim
orang terkaya di dunia tahun 2013
Dan posisi puncak orang terkaya pada tahun 2013 ini adalah Carlos Slim Helu, seorang pengusaha bidang telekomunikasi (Telmex dan America Movil) asal Meksiko. Tahun sebelumnya ia juga menempati posisi yang sama. Total kekayaannya saat ini sebesar US$ 77,9 miliar atau setara 740 triliun rupiah.
Selanjutnya silahkan dibaca Pengusaha-pengusaha terkaya di benua Asia 2013

Update...
Berdasarkan data terkini yang dirilis Forbes, inilah sepuluh orang terkaya di dunia yang terbaru:
10. Bernald Aurnault ($ 29 milyar)
09. Liliane Bettencourt ($ 30 milyar)
08. Li Ka-Shing ($ 31 milyar)
07. David Koch ($ 34 milyar)
06. Carles Koch ($ 34 milyar)
05. Larry Ellison ($ 43 milyar)
04. Warren Buffet ($ 53 milyar)
03. Amancio Ortega ($ 57 milyar)
02. Bill Gates ($ 67 milyar)
01. Carlos Slim Helu ($ 73 milyar)

Untuk tahun 2014, bisa cek di sini!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait