Ragam Sumber Penghasilan dari Internet untuk Pemula

Banyak orang yang masih ragu akan peluang menghasilkan uang lewat internet. Uang online dari dunia maya seakan-akan hanya dipenuhi oleh tipuan belaka. Namun, percaya atau tidak, internet telah menjadi ladang penghasilan bagi banyak orang. Mereka menjadi kaya bukan hasil dari tipu-menipu (scam), tapi hasil dari jerih payah atas kerja kerasnya.

Ada banyak sekali cara menghasilkan uang di dunia maya, dan berikut adalah beberapa kiat mencari rejeki di internet yang masuk akal dan cocok bagi pemula alias Newbe:

1. Bisnis Iklan dengan Blog
Blog adalah situs pribadi. Melalui situs blog tersebut, seseorang bisa menulis tentang apa saja, misalnya menulis tentang tempat-tempat wisata di Indonesia, menulis informasi tentang masakan, menulis artikel tentang pendidikan, tips otomotif dan sebagainya. Semakin banyak artikel yang dibuat, maka semakin banyak orang yang berkunjung ke situs blog tersebut. Semakin banyak orang (pemirsa) yang berkunjung, maka blog itu dikatakan semakin menarik. Semakin menarik suatu blog dengan jumlah pengunjung yang banyak, maka peluang tawaran pemasangan iklan dari berbagai perusahaan akan semakin besar.

Contohnya, dulu ada sebuah blog artikel unik yang dikontrak oleh sebuah provider kartu seluler dengan nilai puluhan juta rupiah untuk menampilkan brand-nya di blog tersebut. Jika tidak ada perusahaan yang mengontrak situs anda, anda bisa mendaftarkan situs anda di jaringan broker iklan untuk menampilkan iklan dari berbagai perusahaan/produk. Pihak perusahaan yang punya produk tersebut akan membayarkan uang jasa ke pihak broker, dan pihak broker akan membagi uang tersebut kepada anda melalui rekening bank, western union atau lewat wesel pos. Beberapa broker/agen iklan yang terbukti membayar antara lain Google Adsense, IBN, Kliksaya, Chitika, Media Net milik Yahoo, dsb. Anda harus kerja keras menulis artikel-artikel yang berkualitas.

2. Ikut Program Afiliasi
Afiliasi diibaratkan seperti makelar. Ketika ada transaksi yang terjadi, anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut. Untuk bisa menghasilkan lewat bisnis afiliasi, anda harus memiliki minimal sebuah situs/blog sebagai sarana promosi. Salah satu program afiliasi yang paling terkenal adalah Amazon. Amazon adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai jenis barang yang bisa dibeli secara online. Perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat. Dengan bergabung menjadi afiliate amazon, anda berkesempatan memperoleh komisi dari produk yang dibeli oleh seorang pengunjung website di situs anda. Anda harus punya sebuah situs/blog, dan di situs milik anda tersebut dipasangi iklan produk-produk Amazon. Ketika seorang pengunjung situs anda tertarik melakukan pembelian produk Amazon (misalnya baju, perhiasan, assesoris, buku, dsb), maka anda akan mendapatkan komisi 10-15% yang dikirimkan ke kartu kredit anda. Selain amazon, banyak juga pilihan perusahaan yang menyediakan bisnis afiliasi, misalnya Agoda untuk booking hotel.

3. Paid To Survey
Paid To Survey artinya dibayar untuk menjawab survey. Bagaimana cara kerjanya? Misalnya sebuah perusahaan otomotif yang akan mengeluarkan produk sepeda motor baru. Agar sukses dipasaran, perusahaan tersebut harus melakukan riset terlebih dahulu tentang model seperti apa yang paling diinginkan oleh pelanggan. Jika mereka melakukan riset sendiri dengan terjun langsung ke lapangan mencari data ke masyarakat, tentu akan memerlukan waktu dan biaya yang banyak. Karena itu mereka mempercayakan masalah tersebut kepada perusahaan penyedia survey.

Nah, jika anda punya waktu luang, anda bisa mendaftarkan diri ke agen survey tersebut untuk menjadi anggota yang siap disurvey. Anda akan dikirimi email tentang ragam pertanyaan yang harus dijawab tiap hari/minggu. Oleh agen survey, hasil survey dari para anggota tersebut akan dilaporkan kepada perusahaan yang meminta jasanya, sehingga perusahaan memiliki gambaran yang jelas tentang keinginan konsumen saat ini. Kemudian pihak Perusahaan akan membayar sesuai dengan kontrak kepada penyedia jasa survey, dan kita akan menerima hasil pembagian dari agen survey tersebut. Beberapa jasa agen survey yang bisa anda ikuti misanya ipanel online, paid survey online, tinjauanbandingan, dsb. Selain paid to survey, ada juga isitlah bisnis paid to review, yaitu anda akan dibayar jika menulis (mereview) suatu produk di situs anda.

4. Posting Video
Jika anda suka merekam berbagai peristiwa dalam bentuk video, maka anda bisa menghasilkan uang dari internet. Salah satu program memoneitise video adalah lewat Youtube. Anda pastinya sudah pernah mendengar atau bahkan akrab dengan situs untuk berbagi Video yang bernama Youtube tersebut. Dengan mengupload video-video unik atau video informatif di Youtube, anda berkesempatan mendapatkan penghasilan melalui iklan yang yang ditampilkan oleh Google di video anda. Setiap ribuan impressi tayangan, atau setiap ada orang yang mengkli'k iklan pada tampilan video anda, maka anda akan memperoleh recehan dollar. Setiap 100 dollar yang terkumpul, anda bisa mencairkannya lewat Cek atau kirim melalui Western Union.

Untuk ikut program ini, anda minimal berusia 18 tahun, punya beberapa video original, dan mendaftar di situs Youtube. Google akan mempertimbangkan kelayakan video-video anda untuk dipasangi iklan. Jenis video yang paling banyak berpeluang menghasilkan uang adalah video-video tutorial, misalnya video cara memasak, video memperbaiki handphone, video tempat-tempat wisata, dan video informatif lainnya.

Demikian empat jenis sumber penghasilan yang bisa anda dapatkan dari internet. Jika anda telah mahir, maka jualan software, jual e-book, broker link, jualan domain, jadi web desaigner, buat toko online, dan keterampilan bisnis internet lainnya bisa anda lakukan untuk menambah pundi-pundi rekening tabungan anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait