Peluang Usaha Franchise Laundry

Tertarik dengan bisnis jasa laundry? Anda bisa mengetahui sedikit gambarannya di sini. Secara sederhana yang diperlukan adalah modal peralatan, tempat usaha, dan promosi yang bagus. Namun, jika anda kurang merasa percaya diri terhadap kemampuan anda dalam memulai bisnis ini, anda bisa menjadi mitra usaha dari beberapa pelaku usaha laundry yang telah mapan.

Sistem usahanya adalah berbentuk waralaba (franchise). Dengan menjadi franchisee, anda akan mendapat bimbingan, bantuan bisnis, lisensi pemakaian brand yang sudah terkenal, dan paket usaha yang sudah memenuhi standar usaha. Namun, sayangnya anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Di Indonesia, ada beberapa waralaba dalam bidang jasa laundry yang bisa menjadi pilihan anda dalam mencoba memulai usaha jasa laundry dan kebersihan, antara lain:

1. Sun & Klin Laundry
sun & klin laundry
Usaha laundry dengan nama Sun & Klin telah berdiri sejak tahun 2006. paket standard yang disediakan dalam bisnis waralaba Sun & Klin laundry sebesar 107 juta rupiah, dengan peruntukan franchise fee sebesar 12juta rupiah, mesin laundry kapasitas 20kg, mesin dryer, perlengkapan usaha, renovasi tempat, barcode scanner, bantuan promosi usaha, training, dan untuk software pengelolaan usaha.


2. Kilos Laundry  & Dry Cleaning
kilos laundry
Kilos Laundry & Dry Cleaning merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pencucian pakaian. Pada tahun 2008 telah membuka peluang kepada khalayak umum untuk berbisnis bersama menjalankan usaha laundry dengan merek “Kilos”. Saat ini telah memiliki sekitar 22 gerai usaha laundry. Dengan menyediakan modal usaha 90 juta rupiah dan tempat usaha yang layak, maka anda memperoleh paket usaha laundry yang telah siap beroperasi.

3. Dressed Laundry
dressed laundry
Dengan bergabung menjadi franchisee pada Dressed Laundry, anda akan memperoleh paket usaha siap operasi, dan dukungan dari franchisor berupa bantuan promosi, kelengkapan gerai, program pelatihan/training, dan dukungan berupa pengajuan kerjasama dengan hotel, apartemen, perkantoran, dll. Biaya yang perlu anda sediakan sekitar 100juta rupiah, disamping juga tempat usaha yang bagus.

4. Simply Fresh Laundry
simply fresh laundry
Simply Fresh pada tahun 2009 mendapatkan penghargaan dari MURI karena merupakan usaha waralaba pertama di Indonesia yang berdiri di Jogjakarta. Hingga kini jumlah gerai yang bermitra dengan Simply Fresh telah mencapai 500an member. Untuk menjadi franchisee, dibutuhkan modal sekitar 60juta rupiah. Simply Fresh juga menyediakan paket waralaba platinum dangan modal usaha sekitar 300 juta rupiah.

5. Super Wash Laundry
superwash laundry
Super Wash adalah sebuah usaha jasa laundry yang dimiliki oleh PT. Edria Mitra Intenasional. Usaha ini didirikan tahun 2005 dengan jumlah 400 gerai hingga tahun ini. Usaha ini telah memperoleh berbagai penghargaan, salah satunya yang terakhir (2012) adalah Trust & Smart Companies Awards Winner 2012 Category "The Most Favorite Laundry Highly Recomended of The Year". Super Wash menyediakan tiga paket kerjasama franchise, dan yang termurah adalah 60 jutaan rupaih. Dengan modal investasi tersebut, anda akan memperoleh peralatan laundry standard, bahan baku laundry, paket promosi usaha, beberapa furniture, dan termasuk juga perangkat software+CPU. 

6. Day Laundry
day laundry
Dalam paket usahanya, Day Laundry menjanjikan garansi uang kembali jika franchisee tidak memperoleh keuntungan 100% dalam bisnis waralabanya. Usaha cuci pakaian yang dimiliki oleh PT. ENS Indonesia ini telah berdiri tahun 2010. Total nilai investasi paket reguler sekitar 85 juta rupiah yang akan digunakan untuk pembelian AC, mesin laundry, timbangan, biaya training, bahan baku, renovasi tempat, dsb.

7. Citi1 Laundry Service
citi1 laundry
Citi1 Laundry Service merupakan salah satu usaha jasa cuci pakaian yang mengedepankan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan, baik dalam pemilihan mesin laundry yang bagus, takaran detergen yang tepat, dan beberapa kiat dalam menciptakan healty laundry. Investasi untuk paket gerai minimalis  sekitar 70 hingga 100juta rupiah.

8. Laundry Zone
laundry zone
Laundry Zone merupakan gabungan dari tiga usaha jasa laundry dari Jogjakarta, yaitu OneDay Laundry, NeoGrand Laundry, dan Fresh Laundry. Dalam visi yang sama, mereka bergabung untuk memberikan peluang usaha menjadi mitra waralabanya, yang bernama Laundry Zone. Untuk brgabung dalam bisnis ini, diperlukan sebuah tempat usaha minimal berukuran 4x6 meter persegi dengan modal 85 juta rupiah.

9. Beach Laundry
beach laundry
Beach Laundry merupakan usaha jasa laundry yang diwaralabakan oleh PT. Ghalasa Putera Indonesia.  Usaha ini didirikan sejak tahun 2007 dengan jumlah 25 gerai hingga tahun ini. Dengan investasi franchise sekitar 90juta rupiah, franchisee akan memperoleh berbagai fasilitas usaha seperti mein laundry, permak tempat, dan sebagainya termasuk juga bahan baku berupa Beach detergen & softener dengan berbagai keunggulan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait