Mencoba Usaha Percetakan Kaca Kristal

Usaha percetakan semakin mengalami perkembangan. Berbagai benda kini bisa dihiasi dengan gambar atau tulisan kesukaan kita melalui sebuah alat printer yang telah dirancang khusus. Kertas, plastik, mug, plat besi, baju kaos, hingga papan kayu bisa kita hiasi dengan gambar yang dicetak dengan printer dan tinta khusus tersebut.

Pada kali ini, akan sedikit diulas tentang usaha cetak gambar pada kaca kristal. Jika anda mempunyai usaha percetakan atau pun toko souvenir, maka usaha cetak gambar pada media kaca kristal ini sangat cocok untuk ditambahkan dalam portofolio bisnis anda. Tidak ada yang begitu sulit dalam melakoni usaha ini. Yang anda perlu persiapkan antara lain:
usaha cetak kaca kristal
  • Ultraviolet Solidification Machine (harga sekitar 3 jutaan rupiah)
  • Media Kaca Kristal (harga sekitar 100 ribu rupiah/pcs, tergantung ukuran dan kualitasnya)
  • Seperangkat komputer untuk mengedit gambar dan menjalankan printer (harga sekitar 3 jutaan rupiah)
  • Printer biasa (harga sekitar 800 ribuan rupiah)
  • Kertas Foto Kristal
  • Lem Perekat Kristal
  • Cairan alkohol dan pisau

Di toko-toko online, biasanya para distributor menjualnya secara paket, artinya untuk para pemula mereka menyediakan mesin cetak dengan tambahan lem perekat, kertas cetak, dan beberapa pieces kaca kristal. Kisaran harganya sekitar 6 jutaan rupiah.

Bagaimana proses pencetakannya?
Pertama yang dilakukan adalah mengedit gambar/foto dan tulisan yang akan dicetak di media kaca kristal. Untuk itu, anda membutuhkan perangkat komputer dengan editor gambar seperti program coreldraw, photoshop, photoscape ataupun software editor gambar lainnya. Hasil editing gambar yang bagus tentu akan memberikan kepuasan pada konsumen. Misalnya foto wajah yang berlatar belakang pemandangan salju, foto mempelai dengan tema Jepang, dan sebagainya. Jadi, semakin bagus editing yang kita lakukan, maka semakin puas menerima hasilnya.

Mungkin ia akan merasa bangga memperlihatkan souvenir cantik tersebut kepada teman dan koleganya. Setelah proses editing selesai kita lakukan, dan konsumen menyetujui bahwa hasil gambar yang kita edit tersebut adalah yang terbaik, maka kita lakukan pencetakan (print) dengan menggunakan kertas foto kristal.

proses mesin cetak kaca kristal

Selanjutnya kita siapkan sepasang kristal dengan ukuran sama. Terlebih dahulu kita bersihkan dari debu dan kotoran menggunakan cairan alkohol. Pada salah satu permukaan kaca kristal kita olesi lem perekat kristal secukupnya. Kemudian tempelkan cetakan gambar tadi. Selanjutnya di atas gambar kita tempelkan kaca kristal yang lain yang telah diberi perekat. Sehingga kertas gambar diapit oleh kedua pasang kaca kristal. Dengan hati-hati, letakan calon cetakan kaca kristal tersebut ke dalam mesin pencetak gambar kristal, yaitu Ultraviolet Solidification Machine (mesin solidifikasi menggunakan sinar ultraviolet). Setelah menunggu sekitar 1 menit, maka gambar telah menyatu dengan kaca kristal. Sisa kertas yang berada di pinggir-pinggir kristal kita rapikan dengan menggunakan cutter/pisau/gunting. Bersihkan kembali dengan menggunakan cairan alkohol, letakan di dalam soft box (kotak karton), dan souvenir tersebut telah siap diserahkan ke pelanggan.

Souvenir tersebut dapat dikategorikan sebagai barang cantik nan mewah, gambar bisa dilihat dari depan dan belakang. Para pelanggan bisa membuatnya untuk foto pernikahan, foto keluarga, atau hadiah untuk seseorang yang special. Karena bahan yang dibutuhkan agak mahal dan proses pembuatannya yang agak rumit, maka harga jualnya pun tidak murah, yaitu sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 400.000 / pcs tergantung harga kaca kristal yang digunakan. Selamat membuka bisnis percetakan!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait