Melirik Usaha Pembuatan Gantungan Kunci Karet

Coba anda perhatikan kunci motor ataupun kunci rumah anda! Apakah kunci anda dihiasi dengan sebuah assesoris?  Kalau ya, anda pasti menyebutnya dengan nama Gantungan Kunci. Gantungan kunci adalah sebuah assesoris tambahan yang disatukan dengan kunci dengan tujuan untuk hiasan ataupun sebagai cara agar kunci yang kecil tersebut lebih mudah terlihat jika kita meletakkannya pada tempat-tempat yang banyak barangnya, misalnya di dalam tas, di dalam laci, di atas meja yang terdapat aneka barang, dan sebagainya. Bahkan seringkali saat kunci jatuh di tanah atau rumput, gantungan kuncilah yang membuatnya lebih mudah ditemukan.

Selain itu, assesoris gantungan kunci dapat menjadi pembeda antara kunci anda dengan kunci teman-teman anda. Kebutuhan akan assesoris untuk gantungan kunci (termasuk juga untuk tas) boleh dibilang cukup besar. Bahkan tidak sedikit orang yang sering gonta-ganti assesoris gantungan kuncinya.

gantungan kunci unik
Beranjak dari hal tersebutlah, maka melirik usaha pembuatan gantungan kunci merupakan sebuah pilihan yang menarik untuk sumber penghasilan anda. Untuk memulai usaha pembuatan gantungan kunci, anda diberikan pilihan berdasarkan bahan yang akan digunakan. Logam, kaca, plastik, kayu, dan karet merupakan aternatif yang bisa anda pilih. Namun, dari semua bahan itu, yang paling mudah dan cepat dalam proses pembuatannya adalah gantungan kunci berbahan karet. Jika anda tertarik mencoba pada bisnis ini, silahkan disimak ulasannya!

Untuk memulai usaha pembuatan gantungan kunci berbahan karet, yang diperlukan antara lain :
mesin usaha pembuat gantungan kunci berbahan karet

  • Mesin Pembuat Gantungan Kunci (harga sekitar Rp 5 juta, bekerja seperti oven pemanas)
  • Bahan karet cair (harga sekitar Rp 30.000/kg, bisa mencetak hingga 90 assesoris)
  • Cairan pigmen warna + fosforrecent (harga sekitar Rp. 40.000 per ons)
  • Rantai kawat sebagai tali gantungan
  • Cetakan plat (matres) dengan berbagai varian bentuk (harga sekitar Rp.100.000/plat)
  • Alat tambahan seperti lap, pinset, cottun bud, rakel (plat tipis) untuk meratakan cairan karet.

Di toko-toko online, ada yang menjual paket usaha ini dengan harga sekitar 7 hingga 10 juta rupiah sudah termasuk beberapa jenis bahannya.

Proses pembuatannya:
Nyalakan mesin >> Masukkan plat selama 10 detik >> Memasukkan karet cair ke dalam matres/plat >>  Bersihkan detailnya dengan cutton but >> Masukkan kembali kedalam oven selama 20 detik >> Keluarkan dan bersihkan dengan cepat >> Tuangkan warna berikutnya dan masukkan kembali untuk dipanaskan selama 1 menit >> Keluarkan dan celupkan ke dalam air >> Selanjutnya sekitar 10 – 15 detik kemudian, angkat dan keluarkan hasil cetakan dari plat dengan menggunakan pinset >> Gantungan kunci telah selesai dibuat dan siap dirangkai dengan rantai kawat mini.

Untuk memaksimalkan keuntungan yang anda peroleh, maka anda harus bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Selain dengan menawarkan ke toko-toko dan mini market ataupun ke toko-toko souvenir, ada baiknya anda juga melakukan pendekatan ke perusahaan-perusahaan swasta ataupun ke dinas pemerintah untuk mencetakkan gantungan kunci sesuai dengan logo / nama perusahaan ataupun lembaganya. Jika kiat-kiat tersebut anda lakukan, niscaya profitnya akan membuat hati anda bergembira. Selamat berwirausaha! 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait