Langkah Awal Membangun Usaha Baby Massage & Spa

Salah satu bisnis yang memiliki tingkat kompetisi yang masih kecil adalah jasa spa bayi. Usaha baby massage & spa banyak tumbuh di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, dan Denpasar. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup modern dan tingkat kesibukan penduduknya yang cukup tinggi, sehingga banyak keluarga yang memilih jasa baby massage and spa untuk memberikan perawatan badan bagi buah hatinya.

Balita yang dibawa ke jasa pijat bayi akan memperoleh berbagai manfaat, antara lain: merelaksasi ketegangan otot, melancarkan peredaran darah, membantu agar bayi bisa tidur nyenyak, melatih kemampuan sensor motorik bayi, membiasakan bayi mudah bersosialisasi, serta mempererat hubungan bayi dan orang tua, terutama sang ibu. 

usaha baby massage and spaUntuk membangun sebuah usaha jasa pijat dan spa bayi memang memerlukan modal yang lumayan besar. Diperlukan lahan dan ruangan yang cukup luas guna meletakan ranjang-ranjang bayi, membangun kolam kecil atau kolam renang buatan, ruang tunggu, dan juga termasuk ruang area bermain bayi. Selain tempat usaha yang luasnya memadai, pembangunan bisnis ini juga memerlukan permak asesoris yang bertema anak-anak dengan biaya yang tidak sedikit, misalnya wallpaper cartoon, kid toys, pelampung bayi (neckring) dan perlengkapan balita lainnya.

Bahan utama dalam usaha baby massage & spa adalah berbagai jenis lotion dan minyak untuk memijat, facial sekaligus juga merawat kulit bayi. Disarankan untuk memilih bahan yang alami dan cocok untuk semua jenis kulit bayi, seperti olive oil dan minyak grape seed. Dalam menjalankan usaha ini, tidak bisa dilakukan sendiri, diperlukan minimal dua asisten / pekerja yang telah mempunyai keterampilan perawatan bayi atau yang sudah pernah mengikuti kursus baby massage & spa. Di beberapa tempat usaha baby massage & spa, telah memiliki karyawan terlatih hingga lebih dari 15 pekerja. Dalam pelaksanaannya, usaha ini wajib dilengkapi dengan surat izin usaha yang diperoleh melalui dinas perizinan di tingkat kabupaten/kota.

usaha pijat bayi
Begitu banyaknya hal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis ini, maka tak heran bila modal awal yang diperlukan di atas 80 juta rupiah. Namun, menurut pengalaman beberapa pengusaha Baby Care & Spa yang berdiri di kota-kota besar, keuntungan yang mereka peroleh tidaklah sedikit, di atas sepuluh juta rupiah tiap bulannya. Sehingga, kurang dari dua tahun mereka telah mampu balik modal.

Kesuksesan dari usaha ini tidak terlepas dari 3 hal penting, yaitu kenyaman tempat usaha yang membuat bayi dan orang yang mengantar si bayi menjadi tenang, profesionalitas para karyawan yang menjamin kualitas kinerjanya, serta paket-paket jasa yang menarik dengan harga yang bersaing. Ada beberapa paket body massage&spa yang biasanya ditawarkan untuk si buah hati, antara lain: Aquaswim for Baby, Baby Massage, Baby Gym, Menicute and Pediicute Baby, Natural Masker for Kids, dan lainnya. Sasaran utama pelanggan jasa ini lebih ditujukan bagi kelompok ekonomi menengah ke atas, dengan tarif mulai dari 30ribu hingga di atas 200ribu rupiah.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait