Kreatifitas Wirausaha Body Painting Tatto Temporer

Seni Lukis Tubuh yang dikenal dengan istilah Tatto memang dahulu identik dengan laki-laki perkasa, terutama para preman. Hal tersebut disebabkan dalam proses pembuatan tatto di tubuh membutuhkan ketahanan fisik karena prosesnya yang menyakitkan. Namun, seiring perkembangan teknologi, proses menggambar tatto di tubuh kini bisa dilakukan dengan lebih aman dan tidak menyakitkan. Sehingga, banyak kaum hawa yang ikut menghias salah satu bagian tubuhnya dengan tatto.

Ditinjau dari sifatnya, seni lukis tubuh tatto dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu tatto permanen dan tatto sementara.

seni tatto temporer

Tatto permanen adalah seni tatto yang dapat bertahan seumur hidup. Namun tatto permanen juga dapat dihilangkan dengan berbagai metode, seperti penggunaan cairan khusus, penyinaran sinar UV, dan lainnya. Tatto sementara atau non permanent adalah seni body painting yang hanya dapat bertahan beberapa hari. Selain dari jangka waktunya, perbedaan antara tatto permanen dan sementara dapat dilihat dari bahan (cairan tinta) pembuatannya, alat pembuatannya, dan cara kerjanya.

Jika anda pernah berwisata ke pulau Bali, maka seni lukis tubuh (tatto) banyak diminati oleh para wisatawan, terutama jenis tatto sementara. Para tourist wanita, baik lokal maupun internasional senang menghiasi bagian tubuhnya sebagai salah satu cara memperindah kecantikan tubuh. Bagian tubuh yang banyak dipermak dengan tinta tatto tersebut, biasanya pada bagian kaki (di atas mata kaki), pergelangan tangan, dan bawah pundak. Di Bali, selain terdapat beragam studio tatto, para tatto keliling juga banyak yang menawarkan jasa seni lukis tubuh yang menarik.

Untuk membangun bisnis jasa melukis tubuh dengan tatto sementara (temporer) tidak diperlukan modal yang besar. Hanya saja bakat seni menjadi kunci utamanya. Ada banyak jenis tatto temporer, namun tiga diantaranya yang paling populer adalah Henna Tatto, Airbrushed Tatto, dan Sticker Tatto. Henna Tatto adalah seni tato klasik yang sudah populer digunakan oleh bangsa Mesir, India, dan kawasan Timur Tengah. Bahan tintanya biasanya terbuat dari campuran daun pacar, teh hitam, paprika, dan beberapa komposisi lainnya.

Untuk melukis tubuh dengan Henna Tatto, ada tiga pilihan bahan yang biasanya tersedia di pasaran, yaitu berbentuk bubuk, berbentuk grl, dan berupa pasta. Tatto henna biasanya bisa bertahan 2-3 minggu. Airbrushed Tatto merupakan jenis arts body painting dengan teknologi modern. Teknik penerapannya tidak jauh berbeda dengan melukis di kanvas dengan menggunakan airbrush. Alat yang dipakai berupa mesin semprot atau stenlisteel khusus untuk melukis. Daya tahan tattonya hanya 3-4 hari. Jenis tatto non permanent yang lain adalah Sticker Tatto yang banyak kita jumpai pada mainan anak-anak.

Bahan untuk seni lukis tubuh tato temporer banyak sekali jenis dan mereknya. Ada yang harganya 100ribu hingga di atas 500ribu rupiah perbotolnya. Alat-alat utama yang dibutuhkan misalnya kuas, boxy, skin cribe, dsb. Melalui bakat seni yang anda miliki, maka menjalani hobi seni gambar sembari menghasilkan uang lewat jasa yang anda tawarkan, tentu merupakan hal yang menyenangkan. Dengan modal di bawah 5 jutaan rupiah, anda bisa membangun bisnis ini dengan berbagai kreasi yang bisa diciptakan seperti seni triball, fine line, realis, oriental, celtic hingga costum pada permukaan kulit konsumen anda. Selamat berbisnis dan berkreasi!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait