Daftar Pengusaha Kaya di Kawasan Asia

Dalam daftar deretan teratas orang-orang kaya di dunia memang sebagian berasal dari negara - negara kawasan Amerika dan Eropa. Namun, bukan berarti di benua Asia tidak terdapat pengusaha - pengusaha yang kekayaan pribadinya mencapai milyaran dolar. Dikutip dari situs Forbes per januari 2013, berikut adalah 10 orang Asia yang aset kekayaannya berada di deretan atas.

1. Li Ka-Shing
Li Ka-Shing adalah seorang pengusaha yang berasal dari Hongkong. Beliau merupakan pengusaha yang masuk 10 besar orang terkaya didunia. Total kekayaannya mencapai US$ 25,5 milyar. Li Ka-Shing yang memiliki 2 anak tersebut, sekarang duduk sebagai Chairman perusahaan Hutchison Whampoa. Beliau juga didaulat sebagai orang berpengaruh pada posisi nomor 31.

pengusaha kaya
2. Mukesh Ambani
Mukesh Ambani menempati posisi ke 19 orang terkaya di dunia versi Forbes. Pengusaha yang berasal dari Mumbai, India tersebut sekarang menempati sebagai Chairman pada Reliance Industries. Aset kekayaan pengusaha minyak dan gas tersebut diperkirakan mencapai US$ 22,3 milyar.

3. Lakshmi Mittal
Berada di urutan ke 21, Lakshmi Mittal adalah pengusaha kaya yang berkewarganegaraan India. Beliau adalah pengusaha baja yang merupakan lulusan Bachelor of Arts / Science, St Xavier’s College Calcutta. Menurut Forbes, Lakshmi Mittal memiliki aset kekayaan sebesar US$ 20,7 milyar.

4. Thomas & Raymond Kwok & family
Berada di bawah perusahaan keluarga, Thomas (61thn) dan Raymond  (60thn) yang berasal dari Hongkong adalah pengusaha yang bergerak di bidang properti dengan nama Sun Hung Kai. Jumlah kekayaan mereka adalah sebesar US$ 19,2 milyar yang bersumber dari profit real estate.

5. Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud
Pangeran Alwalleed Bin Talal Alsaud yang tinggal di Riyadh merupakan orang paling tajir di negara Arab Saudi. Dengan jumlah kekayaan sekitar US$ 18 milyar, beliau menempati urutan ke-29 orang terkaya di dunia. Pada tahun 2011 lalu, Pangeran Arab tersebut juga menginvestasikan sekitar 300 juta dollar Amerika di perusahaan jejaring sosial, Twitter.

Pengusaha kaya dari Asia

6. Lee Shau Kee
Negara Hongkong memang paling banyak menyumbangkan nama-nama pengusaha kaya dari benua Asia. Salah satunya adalah Lee Shau Kee yang mempunyai aset harta sekitar US$ 18 milyar. Pengusaha yang menjabat sebagai Chairman of real estate developer Henderson Land tersebut merupakan orang kaya ke dua di Hongkong dengan berbagai bidang bisnis (diversifikasi) ia miliki.

7. Cheng Yu-tung
Satu lagi pengusaha kaya asal Hongkong adalah Cheng Yu-tung dengan aset kekayaan berkisar US$ 16 milyar. Pengusaha yang berputra empat ini menempati posisi ke 39 versi Forbes. Sumber kekayaannya diperoleh dari berbagai jenis bidang usaha, termasuk usaha perumahaan mewah dan apartemen.

8. Azim Premji
Azim Premji berasal dari India yang merupakan seorang pengusaha di bidang software dan teknologi. Jumlah kekayaan mencapai 15,9 milyar dollar Amerika dan menempati urutan ke 41 daftar orang terkaya versi Majalah Forbes. Pengusaha yang istrinya sebagai novelis tersebut sekarang menjabat sebagai chairman di perusahaan Wipro.

9. Mohammed Al Amoudi
Mohammed merupakan pengusaha berkebangsaan Arab. Beliau memiliki berbagai jenis bidang usaha, terutama perminyakan. Pengusaha yang tinggal di Jeddah ini memiliki aset setara US$ 12,5 milyar. Mohammed juga menanam investasi di berbagai negara, seperti Swedia, Ethiopia, dan kawasan Afrika barat.

10. Robert Kuok
Di wilayah Asia Tenggara (Asean), ada pengusaha yang bernama Robert Kuok yang menjadi orang terkaya dari Malaysia. Beragam jenis usaha, seperti minyak kelapa sawit, industri gula, dan bisnis properti membuat dirinya masuk dalam daftar bisnismen kaya di posisi ke-64 versi Forbes. Jumlah kekayaan Robert Kuok sekitar 12,4 milyar dollar Amerika.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait