Contoh Ide Usaha yang Unik

Di zaman sekarang, dimana persaingan bisnis yang semakin ketat, diperlukan berbagai inovasi dan kreatifitas agar tetap dapat survive dalam menjalankan usaha. Calon wirausahawan hendaknya mampu menemukan celah dan peluang usaha guna mendatangkan keuntungan bisnis. Dalam memulainya pun, calon bisnismen harus mengukur kepantasan dan ketepatan membangun suatu usaha di wilayahnya, sehingga terhindar dari kebangkruptan.

Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah membangun usaha baru dengan ide dan konsep yang baru (fresh), atau dalam spesialisasi usaha yang lebih spesifik dan unik. Berikut disajikan beberapa contoh usaha yang dibangun dengan ide-ide unik nan kreatif:

Kartu Ucapan dengan Bola
usaha send a ball
SENDaBALL adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh dua bersaudara dari Amerika Serikat yang bernama Michele Sipolt Kapustka dan adiknya Melisa Sipolt Moroko pada tahun 2003. Bermula dari ide ingin mengirimkan ucapan selamat kepada kerabat dan teman-temannya dengan menggunakan balon dan bola, akhirnya ide unik itu diminati oleh banyak orang yang ingin memakai jasa menyampaikan suatu ucapan melalui rangkaian balon dan bola. Para pelanggan cukup menuliskan kata-kata yang ingin dicantumkan pada bola melalui situs resminya, mencantumkan alamat yang dituju, dan keterangan lainnya dan kemudian melakukan pembayaran online. Selanjutnya bola akan dikirim melalui kantor pos. Perusahaan ini kini telah mempunyai omzet milyaran rupiah per tahunnya.


Usaha Pembuatan Tambak Kuburan
bisnis pembuatan tambak kuburan
Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, seorang yang bernama Kasim membangun sebuah usaha unik yaitu pembuatan tambak kuburan. Tambak atau bangunan kuburan yang biasanya dibuat untuk membuat kuburan agar terlihat lebih indah sebagai rumah bagi orang yang telah meninggal dunia, dibuat Kasim di rumahnya dengan berbagai ukuran sehingga langsung bisa digunakan untuk menutupi tanah kuburan. Seperti dilansir dari ruaitv.co.id, usaha pembuatan tambak kuburan oleh Pak Kasim tersebut berawal dari pembangunan gapura rumah yang ia buat untuk saudaranya. Banyak warga sekitar yang mengira bahwa gapura tersebut adalah tambak kuburan, sehingga banyak warga yang memesan untuk dibuatkan tambak kuburan tersebut untuk mempercantik kuburan sanak keluarganya yang telah meninggal. Harga sebuah tambak kuburan yang berbahan keramik tersebut berkisar 800ribu hingga satu juta rupiah.

Pembuatan Kacamata untuk Anjing
usaha pembuatan kaca mata anjing dogglass
Bermula dari ide ingin membuat anjingnya yang bernama Midknight bisa tampil trendy dan terlindung matanya dari sinar matahari dan debu ketika berkendaraan di atas motor, Roni Di Lullo mendirikan perusahaan khusus untuk memproduksi kacamata buat anjing-anjing kesayangan. Perusahaan yang diberi nama Doggles tersebut telah diliput oleh berbagai media dunia seperti CNN, majalah People, Women’s World, National Geographic, Regis & Kelly, serta Animal Planet. Kini Doggles juga telah memproduksi berbagai benda untuk kebutuhan anjing, misalnya T-Shirt anjing, jaket, dan mainan (toys) untuk anjing. Perusahaan yang telah berdiri lebih dari 15 tahun tersebut telah menghasilkan profit jutaan dollar.

Penyedia Jasa Sewa Ruang Amarah
usaha sewa ruang amarah
Apa yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang dibakar emosi (amarah)? Kebanyakan orang melampiaskannya dengan cara mengamuk dan menghancurkan sesuatu. Hal tersebutlah dimanfaatkan oleh Pausic, seorang berkebangsaan Serbia di kota Novi Sad. Usaha yang dimulai awal Oktober 2012 lalu telah dikunjungi oleh banyak orang yang ingin melampiaskan rasa kesal, benci, dan emosinya. Dengan biaya sekitar 6 dollar, para penyewa ruangan tersebut bisa mengamuk dengan leluasa, menghancurkan berbagai barang yang disediakan oleh Pausic. Di Amerika juga ada usaha serupa yang didirikan tahun 2008 oleh Donna Alexander dengan isi ruangan layaknya kantor kerja, sehingga para pegawai yang merasa kesal dengan bos-bosnya bisa menyalurkan emosinya di Anger Room tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait