5M Penyebab Kegagalan Seorang Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha atau pun bisnisman yang sukses adalah impian banyak orang. Untuk meraih posisi tersebut, bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan berbagai upaya pemikiran dan kerja keras dalam memajukan sebuah perusahaan ataupun suatu bisnis sehingga predikat sukses dapat kita rasakan. Jika anda seorang wirausahawan ataupun dalam bahasa kerennya bisnisman, maka maju mundurnya usaha adalah tergantung diri anda sebagai pucuk pimpinannya. Kegagalan suatu proyek usaha ditentukan oleh banyak faktor, termasuk juga pimpinannya sebagai pemegang keputusan dan pengendali visi misi usaha.

Berikut dijelaskan tentang penyebab-penyebab seorang wirausahawan / pengusaha / bisnisman mengalami kegagalan dalam memajukan usahanya yang terangkum dalam 5M. Diharapkan ke lima “M” tersebut sedapat mungkin anda hindari, yaitu terdiri dari:

sikap pengusaha yang harus dihindari1. Mabuk + Madat
Jika anda sering terlibat dalam minuman keras, apalagi juga tergantung pada “madat”, maka dijamin usaha anda akan sulit mengalami perkembangan positif. Terlalu sering mabuk hanya akan membuat otak menjadi buntu, sehingga menghambat datangnya ide kreatif dalam memajukan usaha serta mempersempit daya pikir ketika ingin mencari jalan keluar terhadap masalah/kendala yang sedang dihadapi perusahaan.

2. Malas-malasan
Sifat malas dan kurang motivasi adalah penghambat utama dalam menangkap peluang usaha. Banyak calon pengusaha yang gagal bersaing karena sering menunda-nunda pekerjaan ataupun menunggu datangnya peluang usaha, tanpa mencari sendiri seperti jemput bola. Pepatah modern mengatakan “Malas bikin Mules”, artinya Malas bekerja akan membuat Muka Lemes, lemes karena tak punya uang.

3. Main Judi
Jika modal masih sangat pas-pasan ataupun masih baru merintis sebuah usaha, maka hindarilah judi, bahkan kalau bisa jangan pernah mengenalnya. Mempertaruhkan modal usaha dalam permainan judi dengan harapan bisa menambah modal adalah suatu keputusan yang keliru. Meskipun keuangan usaha sedang masa paceklik, jangan berpikir untuk mencari jalan keluar lewat meja judi. Banyak orang yang telah mencoba hal tersebut, dan hanya keterpurukan yang harus mereka hadapi.

4. Menipu
Tindakan lain yang mesti anda hindari adalah menipu, baik itu menipu pelanggan, mitra bisnis, ataupun karyawan anda. Jika itu dilakukan, maka mereka akan meninggalkan anda. Sehingga bisnis anda akan menjadi pincang lalu tenggelam tanpa ada orang yang sudi membantunya. Bahkan mungkin hukum juga akan mengincar anda. Sepintar-pintar apapun melakukan trik penipuan, lambat laun pasti akan diketahui karena tidak semua orang bisa dikelabui.

5. Manajemen Buruk
Manajemen buruk yang anda lakukan, baik itu yang menyangkut financial, perencanaan produksi, manajemen karyawan, dan sebagainya akan membuat usaha kacau balau. Pelajari seluk-beluk bisnis anda dengan cermat, tata dengan baik manajerial usaha anda, niscaya semua akan berjalan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Demikian, salam wirausaha!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait