Usaha Keripik Dengan Teknologi Modern

Usaha pembuatan keripik, baik yang berbahan umbi-umbian, buah-buahan dan sayur-sayuran memang tidak pernah ditelan zaman. Usaha ini tetap eksist meski banyak serbuan produk impor ataupun produk keripik dari pengusaha besar. Dalam usaha kecil menengah pada bidang ini memang menemui banyak kendala, terutama proses produksi. Industri kecil pembuatan keripik yang masih mengandalkan cara-cara tradisional memang menjadi batu sanjungan dalam mengembangkan usaha ini.

Jika usaha produksi keripik anda sedang berada pada prospek yang menjanjikan, ada baiknya anda menyediakan dana lebih  untuk mencoba beralih menggunakan alat-alat yang lebih modern, sehingga mampu memenuhi target produksi yang diharapkan.

mesin menggoreng keripik buah dan sayur
Beberapa pengusaha kecil telah menggunakan alat modern untuk memproduksi keripik mereka. Mereka mengenalnya dengan nama mesin Vacuum Frying. Mesin Penggorengan Vakum (Hampa) adalah mesin yang diciptakan untuk mampu memproduksi keripik (chips) dan gorengan lainnya dengan jumlah yang banyak.

Biasanya pada skala rumah tangga hingga pabrik, kapasitas mesinnya 2 sampai 50 kg. Dengan sistem vakum (hampa), mesin yang merupakan teknologi baru tepat guna di Indonesia ini dipakai untuk mengolah aneka keripik buah dan sayur, juga umbi-umbian. Dengan mesin ini, anda mampu membuat keripik dari bahan mangga, melon, nanas, nangka, pepaya, salak, jamur, bayam, dan sebagainya.

Cara Kerja Mesin Vacuum Frying
Buah atau sayur digoreng pada mesin ini dengan menggunakan minyak goreng. Pemanasan minyak goreng biasanya diatur pada suhu rendah sekitar 80 derajat celcius. Dengan suhu yang terkontrol otomstis tersebut, akan menjadikan produk olahan kripik anda tidak gosong dan terjaga kualitas dan warna aslinya. Proses pemanasan ini menggunakan bahan bakar LPG. Jika anda ingin mempercepat proses penggorengan, anda bisa melakukan penyedotan kandungan air pada buah / sayur dengan cara pemvakuman. Proses pemvakuman tersebut mamakai pompa khusus dengan listrik sebagai sumber tenaganya. Anda juga dapat mengatur suhu dan waktu penggorengan yang anda inginkan untuk menciptkan hasil produksi yang anda harapkan.

Mesin dirangkai sedemikian rupa, sehingga anda ataupun karyawan anda mampu mengoperasikannya dengan mudah.  Secara sederhana proses pembuatannya adalah penyiapan bahan dan bumbu, pengirisan bahan dan pencampuran bumbu, memasukkan ke dalam mesin vacuum frying, kemudian menunggu selama 40 – 50 menit, selanjutnya keripik matang dan siap dikemas.

Beberapa kelebihan yang diperoleh saat usaha anda menggunakan mesin Vacuum Frying antara lain:
  • Praktis dalam kapasitas produksi yang besar
  • Warna dan rasa keripik tidak barubah (gosong)
  • Penggorengan dilakukan secara alami tanpa perlu penambahan bahan pengawet
  • Harga mesin berkisar 9 jutaan rupiah.

Mengapa usaha keripik buah dan sayur sangat menggiurkan? Beberapa alasan yang menjadi dasarnya antara lain:
  • Bahan baku mudah diperoleh dengan harga yang murah apalagi ketika musim panennya.
  • Keuntungan bisa mencapai 50 hingga 100% sehingga cepat balik modal (BEP).
  • Proses produksi sangat gampang.
  • Pasar cukup terbuka lebar, apalagi potensi untuk ekspor.
Demikian sekilas gambaran mengembangkan usaha produksi keripik anda dengan menggunakan mesin-mesin modern unuk meningkatkan kapasitas produksi usaha anda. Salam sukses..!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait