Membuka Usaha Toko Bunga (Florist)

Hobi yang ditekuni dengan baik bisa mendatangkan uang. Jika pandai melihat celah, hobi akan bisa menjadi lahan bisnis anda. Salah satu diantaranya adalah hobi memelihara dan merangkai bunga. Membuka toko bunga (florist) bisa menjadi salah satu lahan bisnis yang bagus. Untuk memulai usaha ini, ada baiknya anda memahami enam poin berikut ini:

    usaha toko bunga florist
  • Memiliki perasaan senang merangkai bunga. Memang tidak dipungkiri, jika kita ingin membuka suatu usaha pasti mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, membuka usaha florist hendaknya jangan hanya berorientasi pada keuntungan semata. Anda harus memiliki hasrat untuk mencintai bunga dan senang bersama mereka. Jika hal tersebut selalu ada di hati anda, maka anda tidak akan stress melakoni usaha tersebut.
  • Selain memiliki keterampilan berwirausaha, mengembangkan usaha toko bunga menuntut daya kreatifitas. Jika anda berjiwa kreatif dalam menata dan mengharmonisasikan rangkaian bunga, maka konsumen akan memilih anda sebagai pilihan istimewa dalam urusan bunga.
  • Mempunyai rasa dalam memadu padankan koleksi warna-warni bunga. Daya imajinasi dalam mengkombinasikan variasi bunga serta mendesain tatanan dan komposisi bunga sangat diperlukan dalam memajukan usaha florist anda.
  • Berjiwa ramah dan sopan dalam melayani konsumen.
  • Mengerti hal-hal yang terkait dengan bunga, baik itu asal-usulnya, kegunaannya, dan pengetahuan lainnya yang menyangkut dengan bunga. Anda harus mampu menjadi gudang informasi bagi para konsumen, sehingga mereka akan menganggap anda sebagai seorang pengusaha bunga yang profesional. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jadi banyak-banyaklah membaca tentang bunga.
  • Mempunyai insting dalam menebak apa yang dipikirkan pelanggan, terutama mencarikan solusi yang tepat terhadap keinginannya dalam hatinya. Misalnya, seorang konsumen ingin memberikan hadiah kembang untuk orang yang ia taksir, maka anda hendaknya bisa memberikan solusi jenis bunga apa yang tepat berdasarkan karakter orang yang akan diberikannya tersebut.

usaha merangkai bungaBentuk produk dari usaha bunga ada berbagai jenis misalnya papan bunga yang berguna sebagai ucapan selamat atau ucapan bela sungkawa, flower vast yaitu produk bunga berupa rangkaian bunga yang ditaruh di dalam vas, hand bouquet flower yaitu rangkaian bunga yang diikat dalam kertas/plastik cantik biasanya diberikan untuk kekasih, dan bunga cacahan yaitu bunga yang dipakai untuk nyekar di kuburan.

Untuk mengembangkan usaha florist anda, anda bisa menawarkan jasa mengganti dan menghias bunga pada vast (pot) yang ada di kantor-kantor perusahaan. Anda juga membuka celah untuk menawarkan jasa dalam menghias bunga dalam suatu pesta di rumah penduduk.

Jika anda mempunyai modal lebih, ada baiknya anda memiliki lahan sendiri untuk mengembangbiakan koleksi bunga anda, serta menyediakan ruang pendingin yang mampu menjaga kesegaran bunga lebih lama. Karena resiko dari usaha florist adalah produk yang kita jual tidak bisa bertahan lama.

Jika anda khawatir terhadap resiko tersebut, ada baiknya anda memilih jenis-jenis bunga yang kesegarannya bisa tahan lama atau memilih aneka bunga yang bisa diolah kembali jika tidak laku, seperti bunga melati untuk minyak wangi, olahan bunga matahari untuk kesehatan, bunga rosela untuk teh, dan sebagainya. Demikian sekilas tentang kiat sukses membangun usaha toko bunga. Salam florist...!!! 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait