Membangun Usaha Game Center

Salah satu jenis usaha bidang jasa yang menawarkan hiburan adalah penyewaan perangkat game. Sewa atau rental game menjadi sebuah ladang usaha yang cukup menjanjikan, mengingat banyak orang baik tua maupun muda ingin mendapatkan hiburan guna merefresh pikiran mereka. Dan banyak diantara mereka yang sangat adictif (kecanduan) untuk selalu memainkan game pada sebuah perangkat teknologi, sebagai bagian dari hobi.

Memang saat ini, berbagai jenis game telah dapat dimainkan lewat sebuah perangkat handphone atau pun komputer tablet.

Namun, keterbatasan layar dan kemampuan grafisnya, menjadikan permainan di gadget-gadget tersebut kurang memuaskan. Oleh karena itu, usaha penyewaan game yang berbasis layar televisi masih sangat potensial. Secara umum, di Indonesia ada tiga jenis rental game yang banyak dijadikan lahan bisnis oleh para wirausahawan, yaitu Play Station (PS), Xbox, dan game komputer.

1. Rental Game Play Station
rental play station
Play Station merupakan sebuah konsol game buatan Sony yang diperkenalkan sekitar tahun 1994. Konsol game ini sangat sukses dipasaran, dan kini telah berada pada seri ke tiga yang dikenal dengan PS3. Perangkat game Play Station terdiri dari sebuah konsol driver game, CD Games, dan stick untuk memainkan game. Harga sebuah perangkat game PS2 sekitar dua juta rupiah dan PS3 harganya berkisar tiga hingga empat jutaan rupiah, dan dari waktu ke waktu akan mengalami penurunan harga. Usaha rental PS ini paling populer di Indonesia. Harga sewa perjam rata-rata Rp 3.000,-

2. Rental Xbox 360 Kinect
usaha rental sewa game xbox
Para pecinta game yang sudah bosan dengan PS, biasanya mencoba memainkan game di Xbox 360 Kinect. Konsol game ini merupakan saingan berat bagi produsen Play Station. Xbox 360 Kinect adalah sebuah perangkat game revolusioner buatan Microsoft. Game ini memanfaatkan sensor gerakan tubuh, sehingga tidak memerlukan stick untuk memainkan game. Bermain game dengan konsol Xbox dikatakan dapat menyehatkan tubuh, karena kita harus bergerak, meloncat, melakukan gerakan pukulan atau tendangan untuk memainkan sebuah game. Konsol game Xbox dapat menangkap sensor gerakan tubuh hingga empat orang. Jadi saat kita berada di depan layar televisi atau LCD, kita bisa bermain ramai-ramai. Harga sebuah konsol game Xbox sekitar lima jutaan rupiah. Usaha rental game ini masih sedikit. Harga sewa rata-rata Rp. 10.000 per jam.

3. Game Komputer
sewa game online komputer
Game komputer adalah sebuah permainan yang menggunakan komputer. Tentu jika dibandingkan dengan PS atau pun Xbox, tentu kalah mengasyikan. Namun, usaha game komputer ternyata tidak pernah sepi. Dengan memanfaatkan jaringan internet, maka bisa menghadirkan Game Online. Game Online akan membawa seorang gamer ke dunia maya. Mereka dapat beradu game dengan para gamer di seluruh dunia, atau mereka juga dapat bermain di sebuah server game di internet. Para gamer bisa bertaruh sehingga menghasilkan uang. Game online ini sangat populer di China, Jepang, Korea, dan negara-negara barat. Dan kini banyak gamer lokal yang mulai tertarik dengan game online ini, karena selain untuk menyalurkan hobi, juga bisa mendatangkan uang jika jago. Sehingga usaha ini masih sangat cerah. Yang anda perlu siapakan adalah perangkat komputer, instal beberapa game, serta jaringan internet yang stabil.

Untuk membuka sebuah usaha game center, baik itu PS atau Xbox atau  Game Komputer ataupun kombinasinya memang perlu modal yang tidak sedikit. Anda harus menyiapkan tempat yang bagus, beberapa perangkat TV/LCD, konsol game dan perlengkapannya, serta sumber listrik. Selain itu, tantangan yang sering dihadapi adalah stigma negatif atau menjadi sorotan masyarakat setempat. Untuk itu ada baiknya anda membuat aturan, misalnya anak-anak yang berpakaian sekolah dilarang masuk, dan menetapkan batasan jam operasional. Hal ini untuk menyeimbangkan antara nama baik usaha anda dan kelangsungan usaha anda.

Untuk menambah pemasukan, anda bisa melengkapi usaha anda dengan menyediakan minuman dan makanan ringan, rokok, ataupun pulsa. Untuk bisa bersaing dengan rental yang lain, anda harus up to date menyediakan seri game-game terbaru agar para pelanggan anda selalu tertarik untuk datang ke tempat anda menyelesaikan game-game yang belum mereka mampu tuntaskan, sehingga rupiah akan terus mengalir ke kantong anda. Beberapa game terkenal misalnya Champion Soccer, NFS Underground, GTA, Smackdown Pain, dan sebagainya. Sediakan juga variasi genre game (olahraga, petualangan, anak-anak, pertempuran, racing, dll) agar bisa merangkul semua kalangan. Salam sukses!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait