Langkah-langkah Membuka Toko Online

CONTOH TOKO ONLINEBanyak orang telah memanfaatkan media internet untuk menjalankan bisnisnya. Para mahasiswa biasanya memanfaat media jejaring sosial, seperti facebook untuk menghasilkan uang. Jualan baju, alat kecantikan ataupun buku adalah hal yang lumrah dilakukan oleh kalangan mahasiswa dengan memanfaatkan akun facebook atau pun google+ mereka. Sambil menjalin dan memperluas persahabatan, mereka sekaligus ingin mencari penghasilan tambahan. Untuk anda yang ingin lebih serius dalam memasarkan produk anda lewat media internet, ada baiknya membuka sebuah toko online sebagai sebuah etalase toko anda di dunia maya.

Dengan memiliki sebuah toko online untuk produk yang anda jual, maka anda akan memperoleh beberapa keuntungan, antara lain:
  • Menambah nilai prestise (gengsi) terhadap produk anda, karena mampu memberikan kesan pada konsumen bahwa usaha anda dikelola secara profesional.
  • Memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk dapat mengakses segala produk yang anda pasarkan tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat anda.
  • Memperluas jangkauan pemasaran karena produk yang anda tawarkan bisa dilihat oleh seluruh dunia dalam rentang 24 jam.
Di Indonesia, kendala yang sering menjadi masalah bagi pengusaha yang membuka toko online adalah masih banyak alamat rumah para konsumen yang tidak valid, terutama yang berada di wilayah pedesaan, sehingga para pengantar barang terkadang tidak menemukan alamat orang yang memesan barang tersebut atau bahkan salah alamat. Berbeda dengan negara-negara barat, seseorang hanya memiliki satu identitas dan satu alamat yang pasti, sehingga jasa pengantar barang dapat dengan mudah dan cepat menemukan orang yang membeli barang secara online tersebut. Namun, hal tersebut kini bisa disiasati dengan selalu berkomunikasi dengan para pelanggan melalui nomer HP mereka ketika proses pengiriman dilakukan. Beberapa kelemahan dari transaksi melalui toko online antara lain:
  • Harga produk lebih mahal, karena biasanya biaya pengiriman ditanggung oleh konsumen.
  • Masih banyak alamat rumah di Indonesia yang belum memiliki alamat yang valid.
  • Masih banyak konsumen yang takut berbelanja secara online (takut penipuan).

Untuk membuka sebuah toko online bagi perusahaan anda, ada beberapa langkah yang harus anda tempuh, yaitu:
  • Menyiapkan website. Dalam menyiapkan sebuah website, hal-hal yang perlu anda lakukan adalah memilih nama domain (alamat website). Nama domain harus sesuai dengan produk yang anda jual, misalnya www.bajukeren.com (menjual baju), www.lampu-cerah.com (menjual aneka lampu). Membeli nama domain dan juga sekaligus hostingnya bisa anda lakukan di www.idwebhost.com, atau www.rumahweb.com, www.dapurhosting.com, dan banyak lagi secara online. Biaya yang dikenakan mulai dari Rp. 100.000/tahun hingga jutaan rupiah pertahun tergantung paket yang anda pilih. Setelah alamat website anda punyai, selanjutnya membuat tampilan (template) website anda. Jika anda tidak ingin pusing-pusing, mengurusi masalah tersebut, anda bisa membeli paket komplit (toko online siap pakai) yang banyak dijual-jual di internet.
  • Berikutnya adalah menyiapkan gambar produk yang anda jual beserta berbagai keterangannya, misalnya harga produk, kegunaan barang, cara pakai, dan sebagainya.
  • Mempersiapkan akun / nomor rekening bank untuk transaksi secara online. Para pengusaha biasanya mempunyai lebih dari satu nomor rekening dari bank-bank yang berbeda untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Jika memiliki banyak nomor rekening dari berbagai bank nasional (BRI, BNI, Mandari, BCA, dll) maka anda dapat mengurangi biaya transaksi dari lintas bank. Utamakan untuk memilih bank yang sudah melayanai transaksi online. Selalin itu, para konsumen juga diberikan kemudahan untuk memilih transaksi berdasarkan rekening bank yang mereka miliki. Selanjutnya, setelah anda mempunyai nomor rekening bank, anda perlu membuat deskripsi cara dan syarat pembayaran yang akan anda tampilkan di website anda.
  • Memilih cara pengiriman barang. Misalnya menggunakan jasa pengiriman barang untuk konsumen yang berada di luar kota dengan menggunakan Pos, TiKi, JNE, dan sebagainya. 
  • Menyiapkan informasi kontak dan customer service. Biasanya melalui nomer telepon atau Yahoo Massanger. Gunanya adalah agar para konsumen bisa berkomunikasi dengan perusahaan anda terhadap hal-hal yang belum mereka pahami dengan jelas.
  • Mengikuti aturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Undang-undang mengenai jual beli barang secara online dikenal dengan nama ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Anda sebaiknya mempelajari hal-hal yang terkait dengan aturan transaksi online baik yang menyangkut pajak, kuota barang, cara pembayaran, dan sebagainya.
  • Setelah semua siap, termasuk stok barang yang akan anda jual, maka anda siap meluncurkan website anda sebagai rumah toko usaha anda di dunia maya.
  • Untuk semakin meningkatkan volume penjualan anda, maka lakukan promosi, baik yang gratis (melalui Facebook, berkomentar di blog orang, dsb) atau promosi yang berbayar misalnya memasang iklan di radio, koran, ataupun di internet). Cara mengiklankan produk anda di internet dapat anda lihat di sini.

Demikianlah kawan gambaran singkat cara membuka sebuah toko online untuk usaha anda. Salam sukses!

Artikel Terkait