Jenis Pekerjaan pada Sektor "Cinta"

Aneka jenis pekerjaan yang menjadi pilihan bagi manusia bisa dikatakan ada ribuan jumlahnya. Jika pada zaman dahulu terbatas pada beberapa ragam profesi, kini telah kini telah terspesialisasi menjadi sub-sub bidang tertentu. Misalnya di bidang pertanian ada berbagai profesi seperti penyuluh pertanian, petani buah, petani sayur, petani garam, dan sebagainya. Pada bidang teknologi juga terbagi menjadi beragam profesi seperti bengkel otomotif, pembuat software, elektronika, enginering, dan banyak lagi. Demikian juga di sektor “asmara”, terdapat aneka ragam profesi, empat diantaranya adalah:

1. Biro Jodoh
Zaman dulu, profesi ini dikenal dengan istilah Mak Comblang. Kata “Comblang” berarti mempertemukan dan mempersatukan dua belah pihak. Keahlian sebagai mediator cinta bagi pasangan manusia yang belum mempunyai ikatan pada zaman lalu biasanya dilakukan pada kalangan terbatas dengan cara-cara sederhana (tradisional).

jenis pekerjaan
Namun, seiring perkembangan zaman, konsep biro jodoh kini dikelola secara profesional. Mereka (para wirausahawan) mengeluarkan modal untuk pembangunan kantor, merekrut karyawan, memiliki izin resmi, serta juga memanfaatkan media teknologi (online). Di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Palangkaraya banyak berdiri usaha jasa ini. Mereka biasanya juga mengekspansi usaha di dunia maya (internet). Contohnya www.indonesiancupid.com

2. Penghulu
Dalam suatu acara pernikahan, sosok seorang penghullu menjadi bagian yang penting (vital). Pasangan calon pengantin tentu akan merasa khawatir jika Penghullu yang mereka harapkan tidak kunjung datang. Kata “penghullu” berarti seorang pejabat kerajaan. Pada masa lalu, seorang penghullu adalah pejabat pemerintahan yang juga diberi mandat sebagai penentu sah tidaknya sebuah ikatan perkawinan. Dan kini, penghullu dapat dikatakan sebagai profesi sambilan yang biasanya digeluti oleh para pemuka agama.

3. Detektif Cinta
Satu lagi jenis pekerjaan yang masih bertemakan Love adalah Detektif C1nta. Jenis profesi ini, baik di Indonesia maupun di luar negeri, terkesan masih samar-samar. Mungkin, karena istilahnya “detektif”, maka pekerjaan ini memang harus dilakukan secara rahasia, dan tidak secara terang-terangan diungkapkan ke publik. Seorang detektif akan diberi tugas untuk menyelidiki suatu kasus yang berkaitan dengan “love” (misalnya perzelingkuhan), kemudian melaporkan hasilnya kepada klien. Jika kesepakatan telah tercapai, maka Sang Detektif akan menerima uang bayarannya.

4. Pembuat Cincin
Ketika acara pertunangan dilaksanakan, biasanya dilakukan tukar cincin. Begitu juga saat menggelar pesta pernikahan, tukar cincin menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, pembuat cincin ini dapat dikatakan sebagai profesi yang banyak digeluti oleh kalangan yang berjiwa artisitik sebagai simbol dari ikatan azmara.

Demikian beberapa jenis pekerjaan di bidang "l0ve". Apakah anda tertarik?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait