Aneka Jenis Usaha Minuman Rumah Tangga


Di Indonesia, usaha menjajakan minuman segar di pingir-pinggir trotoar ataupun berkeliling ke perumahan warga menjadi salah satu alternatif usaha yang dilakoni oleh masyarakat kecil. Namun, ternyata pengusaha yang sudah mapan pun mulai mencoba melirik usaha ini sebagai sebuah peluang bisnis yang bagus, sehingga bermunculah berbagai waralaba (franschise) yang menawarkan usaha minuman. Usaha minuman yang dijual oleh para pedagang kecil memiliki aneka jenis nama, variasi bahan, dan cara pengolahannya. Berikut adalah beberapa jenis usaha minuman yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk usaha anda:
usaha minuman rumah tangga

1. Es kelapa muda
Penjual menebas bagian atas buah kelapa muda dengan parang, kemudian dilubangi dan siap disajikan dengan menggunakan pipet (sedotan). Atau air kelapa muda disajikan ke dalam gelas, dicampur dengan air gula, es batu, jeruk nipis, dan parutan kelapa muda.
2. Es buah atau es berbahan buah
Aneka buah dipotong atau diiris kecil-kecil, dicampur dengan rebusan air gula, es batu, dan bahan lainnya seperti chincao, tape, dan sebagainya disajikan dengan mangkok atau gelas. Es berbahan buah misalnya Es sari jeruk nipis.
3. Es tebu
Potongan tebu digiling dengan mesin penggiling tebu, air tebu kemudian disaring, dituangkan ke dalam gelas bersama es batu.
4. Es teler
Aneka buah dicampur dengan santan, susu, es batu, aneka chincao, air gula disajikan dalam mangkok.
5. Es juice
Buah ataupun bahan juice diblender bersama dengan es batu dan sari gula. Disajikan dalam gelas atau cup plastik.
6. Kopi dan Teh
7. Es Krim yang berbahan krim susu atau hanya parutan es batu.
8. Es bubur kacang Ijo
9. Es berbahan tuak (pohon enau/ental)
10. Es Cendol yang berbahan dari tepung.
11. Ice Shake atau minuman kocok. Berbahan susu atau cokelat dan sejenisnya.


Dan berbagai jenis minuman khas daerah masing-masing. Usaha minuman tersebut masih dalam skala rumah tangga. Hanya sedikit pengusaha mapan yang berani mencoba mengembangkan usaha tersebut untuk skala besar apalagi diolah untuk bersaing dengan produk minuman import.

Artikel Terkait