Usaha Boneka Cetak (Press Doll)

Inovasi dan kreativitas teknologi telah mampu menggerakkan roda perekonomian. Berbagai macam terobosan di bidang sains dan teknologi telah membuka berbagai unit usaha kreatif, salah satu diantaranya adalah pembuatan asesoris boneka cetak. Apa maksudnya usaha boneka cetak? Boneka cetak adalah suatu bentuk kerajinan asesoris boneka dengan menggunakan mesin teknologi canggih.

Dengan mesin tersebut, anda dapat mencetak foto 3D ke wajah boneka dengan berbagai pilihan variasi yang imut dan lucu, sehingga wajah boneka tersebut mirip dengan foto orang yang anda cetak. Lihat contohnya :

mesin cetak boneka
Gambar : 3dfacedolls.com
Untuk terjun ke usaha ini, ada beberapa alat yang dibutuhkan, antara lain:
  • Mesin Cetak Boneka atau Doll Press Machine
  • Seperangkat Komputer (laptop)
  • Printer (kalau bisa dengan fasilitas scanner dan sistem 6 infus color)
  • Bahan model topeng cetak dengan berbagai pilihan ukuran (6cm, 12cm, 18cm, dsb)
  • Boneka dan fasiltas tambahan seperti kamera digital

Proses Pembuatan Boneka Cetak
1. Penyiapan Foto Wajah
Pilihlah foto wajah dengan ukuran minimal 3M pixel. Foto harus bersih dari noise (noda), berwarna lembut (tidak terlalu cerah), tidak ada bayangan dan kontras warna yang cukup. Jangan menerima foto hasil dari bidikan kamera handphone atau laptop yang berlensa kecil, karena hasilnya akan tidak terlalu bagus. Atau anda dapat menerimanya, dengan kerja ekstra untuk mengeditnya sehingga hasilnya pas. Jika pelanggan datang ke tempat usaha anda, ada baiknya anda mengambil gambarnya dengan kamera digital yang anda telah persiapkan.

2. Mencetak Foto dengan Program Photoshop
Buka gambar / foto dengan program photodhop, potong dan edit bagian wajahnya, setelah itu simpan. Selanjutnya buka dengan file baru dalam photoshop dengan rincian lebar 4cm, tinggi 4,5 cm dan resolusi sekitar 300px. Lanjutkan dengan proses layer, stroke, dan sebagainya lalu simpan dalam format JPG atau JPEG. Setelah itu, cetak foto.

3. Mencetak Wajah
Model wajah cetakan yang mirip dengan ‘malam/lilin’ diletakkan di tengah mesin pencetak boneka. Foto ditaruh di atas kaca mesin. Selanjutnya dengan mengikuti instruksi yang terdapat pada buku panduan, maka beberapa saat kemudian model wajah cetakan akan berubah seperti foto wajah yang tadi diedit tersebut.

4. Memasang Cetakan Wajah di Boneka
Dengan harga sekitar 5 jutaan rupiah, anda dapat memiliki mesin cetak boneka. Hasil boneka cetak tersebut bisa anda jual dengan harga Rp. 30.000 hingga 70.000 tergantung ukuran boneka yang dipesan.

Berikut gambaran singkat prospek usaha ini dalam sebulannya:
Penjualan per bulan (pcs*harga satuan) :
Doll's Plus Mask 6 cm           
50 pcs Rp. 30.000
     = Rp. 1.500.000  
Doll's Plus Mask 12 cm  
50 pcs Rp. 50.000
     = Rp. 2.500.000     
Doll's Plus Mask 18 cm
50 pcs Rp. 70.000
     = Rp. 3.500.000     
       
Total Penjualan Per Bulan  = Rp 7.500.000

Biaya Operasional :
Biaya operasional yang diperlukan untuk membeli bahan baku + biaya listrik + dan gaji seorang karyawan diperkirakan sekitar 4,5 juta, maka keuntungan per bulan sekitar 3 juta rupiah.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait