Tips Usaha Sablon


sablon
Kriteria sukses dalam bisnis memang sulit ditentukan, namun pada umumnya sukses itu berada pada kategori memperoleh hasil yang maksimal dengan kondisi bisnis yang stabil. Dalam usaha percetakan sablon, mencapai kesuksesan bukanlah hal yang mudah, anda harus melakukan kerja yang giat agar bisa bersaing dengan usaha yang sejenis. Berikut adalah tips-tips untuk usaha percetakan baju sablon:

1. Lebih Agresif
Anda harus bergerak aktif mendatangi para pelanggan, baik pelanggan baru maupun lama untuk bisa memperluas usaha sablon tersebut. Tawarkan apa yang baru dalam usaha kaos sablon anda.

2. Mendidik Klien Anda
Untuk mempertahankan pelanggan anda, anda harus mengungkap bagaimana proses percetakan yang berlangsung di perusahaan anda. Dengan membuatnya terkesan dengan cara kerja anda yang profesional, maka pelanggan tersebut akan setia dengan percetakan kaos sablon anda. Dengan memberikan mereka wawasan tentang seluk-beluk usaha persablonan, maka biasanya mereka akan berterimakasih mendapatkan sedikit ilmu, sehingga akan terjadi hubungan keterikatan perasaan.

3. Tentukan Market Pasar
Untuk para pemula, spesifikasikan usaha anda, misalnya individu, distro, factory outlet, toko online dan sebagainya. Dengan lebih spesifik, maka mudah untuk mengembangkannya dan bisa bersaing.

4. Kreatifitas Produk
Ciptakan produk-produk sablonan yang unik, menarik, dan terkesan trendy. Carilah model-model unik di distro tetangga, butik, atau di internet. Lakukan survey ke beberapa tempat untuk menetapkan standarisasi produk anda. Pilihlah model-model yang lagi ngetrend dan berprospek cerah.

5. Atur Anggaran Biaya
Anggaran untuk usaha ini rata-rata di atas 5 jutaan, untuk membeli peralatan seperti produk cat bahan dasar, alat dan bahan cetak kemeja layar, serta PC, dan Printer. Perlu diperhatikan juga untuk pembelian produk bahan dalam grosir dan eceran t-shirt, membeli dalam jumlah besar biasanya mendapat harga yang lebih murah.

6. Standarisasi Harga
Tetapkan harga yang tepat, berdasarkan kualitas dan kuantitas produk yang dipesan/dibeli pelanggan. harga yang bersahabat adalah harga yang sesuai dengan wilayah persaingan usaha di daerah anda.

7. Profesionalitas
Yang utama dari poin ini adalah menyelesaikan pesanan sesuai dengan tenggak waktu yang dipesan pelanggan. Diskusikanlah dengan pelanggan untuk memastikan tenggak waktu yang rasional dalam menyelesaikan batas yang sesuai dengan kemampuan perusahaan sablon anda. 

Artikel Terkait