Persiapan Usaha Cetak Sticker

Stiker menjadi salah satu asesoris yg mampu memberi kesan trendy. Stiker mencerminkan bagaimana gaya dan hobi seseorang. Sticker yang bergambar rocker mengesankan dia adalah orang yang metalik, orang yang suka menempel stiker yang bergambar wajah perempuan mengesankan dia adalah pria  playboy, sementara gambar bunga biasanya mengindikasikan dia orang yang penuh kasih sayang. Tua muda, anak kecil suka menempel stiker di berbagai benda kesayangannya. 

Berbagai jenis gambar stiker dapat kita temui di beberapa barang atau benda, seperti di tas, di baju, di mobil, sepeda motor dan sebagainya. 

usaha cetak sticker
Banyaknya orang rela mengeluarkan uang lebih dalam memperindah benda-benda kesayangannya dengan stiker menjadikan hal tersebut sebagai suatu usaha yang cukup potensial.

Sekilas gambaran di atas cukup menjelaskan bahwa usaha pembuatan stiker cukup layak untuk dikembangkan. Untuk memulai bisnis pembuatan stiker ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Pengetahuan yang cukup dalam menjalankan komputer serta menggunakan software desain grafis seperti adobe ilustrator,  custom gambar, corel draw dan sebagainya.
  • Satu perangkat komputer dengan harga sekitar 3 jutaan rupiah
  • Satu unit mesin cutting stiker, merek yang digunakan biasanya adalah rolanf, graftec, suda, jinka, kingcut, copas, dan lainnya. Harga sebuah mesin cutting sticker biasanya berada pada kisaran harga 10 jutaan rupiah.
  • Memiliki source vendor untuk membeli stiker seperti merek 3M, oracle, retrama, seicholite, kiwalite, dan sejenisnya.


Dalam usaha pembuatan stiker ini biasanya ada beberapa jenis yang paling banyak diciptakan, baik yang berbasis vinil maupun color printing. Dengan harga sekitar 10 juta rupiah, paket pembuatan stiker yang diperoleh terdiri dari mesin cutting sticker, software khusus, bahan baku sticker, buku penggunaan, beberapa template gambar dan sebagainya. 

Namun dengan modal komputer, printer, dan bahan kertas sticker saja sebenarnya sudah bisa memproduksi stiker namun tentu dengan kuantitas yang tidak memadai. Tapi dengan memiliki mesin cutting untuk memproduksi sticker (memotong sticker otomatis) maka pekerjaan akan lebih cepat dan bagus kualitasnya.



Para pengusaha stiker biasanya menciptakan stiker untuk beberapa jenis barang misalnya sticker transparan untuk hp, stiker untuk keyboard, stiker untuk laptop, stiker untuk motor mobil, kaca etalase di perkantoran, dan sebagainya dengan harga jual yang bervariasi. Dengan kemampuan memperluas usaha, terutama menjadi suplaier bagi gerai-gerai asesoris di daerah anda, maka keuntungan di atas 5 juta perbulan bukanlah sesuatu yang susah untuk diraih.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait