Empat Faktor Penyebab Kegagalan Berbisnis


kegagalan bisnis usaha
Berdasarkan hasil penelitian, hampir 60 persen dari semua bisnismen atau pengusaha baru, tidak bisa mencapai usia 6 tahun perjalanan bisnis. Hal ini disampaikan oleh Griffin dan Ebert dalam sebuah majalah bisnis. Apa sajakah yang mempengaruhinya? Berikut adalah simpulannya:

1. Modal yang tidak cukup
Untuk bisa bertahan pada suatu bisnis, anda harus memiliki modal yang cukup. Paling tidak ia mampu bertahan selama 6 bulan tanpa adanya pemasukan atau keuntungan. Seorang pebisnis  dikatakan akan mengalami kegagalan bila mereka berharap dapat membayar semua tagihan di bulan kedua dengan hanya mengandalkan keuntungan yang mereka raih di bulan pertama. Hal ini akan membut usaha anda tertatih-tatih dan tidak mampu melebarkan usaha.

2. Kurangnya kemampuan, pengalaman dan manajerial
Banyak orang membuka bisnis dengan hanya modal nekat dan tanpa memiliki pengalaman yang cukup pada bidang usaha yang dijalaninya. Banyak orang berpendapat bahwa suatu manajemen merupakan hal umum, padahal hal tersebut merupakan salah satu faktor utama dalam membangun bisnis yang baru. Bila seorang bisnismen tidak mampu dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat, kemungkinan besar dalam jangka panjang mereka akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, sebelum anda membuka bisnis ada baiknya mempelajari secara detail agar anda bisa memiliki pengalaman yang cukup.

3. Kelalaian dan tidak fokus
Setelah pembukaan, biasanya para enterpreneur mundur dan tidak fokus pada bisnisnya atau malah membuka usaha jenis baru. Agar bisa sukses dalam suatu bidang bisnis dibutuhkan suatu komitmen waktu dan kerja keras yang sungguh sungguh agar mencapai hasil yang maksimal. Serta fokus sebelum usaha anda benar-benar stabil.

4. Kurang kontrol
Sebagai seorang pengusaha anda harus bisa mengontrol bagaimana kinerja usaha anda. Sistem kontrol membantu para pengusaha memonitor biaya tingkat produksi, jumah penghasilan dan seberapa besar pengeluaran usaha. Pengusaha akan mengalami masalah besar ketika mereka tidak mampu mengontrol pada awal-awal usaha. Untuk itu ketelitian dan kecermatan dalam mengontrol biaya adalah salah satu hal pokok dalam berbisnis.

Demikian empat faktor yang mempengaruhi seorang pengusaha mengalami kegagalan dalam bisnisnya sebelum bisnisnya mencapai usia 6 tahun.

Artikel Terkait