Usaha Mengolah Sampah Plastik

usaha mesin pencacah mengolah sampah plastik
Mesin Pencacah Plastik
Salah satu masalah yang sedang menjadi tantangan seluruh masyrakat dunia adalah sampah, terutama sampah plastik. Limbah plastik merupakan masalah yang sudah dianggap serius bagi pencemaran tanah. Plastik merupakan salah satu bahan yang tersusun dari bahan anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai meskipun telah tertimbun di dalam tanah selama 100 tahun. Banyak yang telah sadar akan bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan berusaha ikut mengurangi dampak sampah plastik dengan cara melakukan recycle atau mendaur ulangnya menjadi barang berguna. Upaya pengelolaan daur ulang sampah plastik telah banyak dilakukan oleh pemerintah, seperti dengan menyediakan tempat sampah yang sudah dipecah menjadi beberapa kategori sampah (sampah basah dan sampah kering). Akan tetapi strategi ini masih belum memberikan hasil yang signifikan dalam reduksi jumlah sampah plastik. Secara umum, orang menganggap bahwa sampah terutama sampah plastik sangat mengganggu pemandangan, namun bagi orang-orang kreatif, sampah plastik bisa menjadi tambang uang dan mampu menciptakan lapangan kerja baru.

Banyak pengusaha muda yang mengembangkan daya kreatifitasnya dengan mengolah sampah-sampah plastik menjadi barang yang berguna, misalnya usaha pembuatan tas dan dompet dari plastik detergen, lukisan dan kerajinan dari plastik, dan lainnya. Namun yang paling sering dilakukan adalah usaha pengolahan botol atau gelas minuman mineral menjadi barang yang bisa menghasilkan uang. Berikut adalah gambaran singkat usaha pengolahan botol atau gelas plastik bekas minuman mineral:

Pengumpulan bahan (botol atau gelas minuman mineral)
Pengumpulan bahan ini bisa anda lakukan sendiri, atau membelinya dari para pemulung. Setelah bahan terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah penyortiran bahan berdasarkan warna dan jenisnya. kemudian bahan sampah plastik tersebut dicuci dengan menggunakan air detergen dalam sebuah wadah.

Pengolahan Bahan Sampah
Bahan-bahan sampah yag telah dibersihkan tersebut diolah sesuai dengan ide dan kreasi anda. Ada yang membuatnya menjadi barang kerajinan seperti kap lampu, menjadi barang kebutuhan sehari-hari seperti sapu ijuk plastik, atau mengolahnya dengan mesin pencacah plastik. Botol mineral yang telah dicacah oleh mesin pencacah akan berbentuk kecil-kecil.Harga mesin pencacah plastik (crusher) bervariasi tergantung kapasitasnya. Ada yang seharga 5 jutaan, 15 jutaan, hingga 35 jutaan. Namun beberapa orang membuatnya sendiri di bengkel mesin di daerahnya dengan menggunakan alat-alat bekas. Cacahan botol plastik yang selanjutnya disebut sebagai bijih plastik ini dijual ke pabrik pengolahan plastik sebagai bahan baku untuk membuat botol yang sama atau peralatan lainnya yang tebuat dari plastik. Bijih plastik yang sudah sejenis memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada bijih plastik yang berasal dari berbagai jenis plastik. Harga bijih plastik biasanya dijual sekitar 20 ribuan per kilogram. Di pabrik pengolahan plastik, bijih plastik dibentuk dengan mesin pemanasan atau pelumeran lalu dicetak menjadi barang tertentu.

Demikian sekilas tentang usaha mengolah sampah plastik dari botol atau gelas minuman mineral. Semoga bisa membangkitkan inspirasi usaha Anda. 

Artikel Terkait