Gambaran Singkat Usaha Jasa Cuci Helm

Usaha jasa pencucian helm, mulai menjadi salah trend wirausaha kecil menengah di awal tahun 2011. Awalnya, usaha jasa pencucian helm yang mulai berkembang di daerah Yogyakarta dianggap sebelah mata, karena masyarakat umum belum begitu mengenal tentang manfaat pencucian helm miliknya. Seiring waktu, usaha jasa cuci helm terus mengalami kepoluleran, karena semakin banyaknya orang yang mempercayakan helmnya untuk dicuci bersih di tempat pencucian helm.

Keuntungan yang berlipat menjadikan usaha ini  mulai banyak dilirik para wirausahawan muda. Apalagi jenis usaha ini bukanlah usaha musiman, dan nampaknya akan semakin berprospek bagus seiring pesatnya pertumbuhan kendaraan roda dua di Indonesia.

Untuk membuka usaha ini, satu hal pokok yang diperlukan adalah mesin cuci helm yang harganya bervariasi, antara 3 jutaan hingga dua puluh jutaan rupiah tergantung kapasitas mesin dan kualitasnya. Mesin cuci yang berharga di atas delapan jutaan biasanya sudah merupakan mesin yang peralatannya komplit dan berbahan stenlissteel.

Untuk membuka usaha jasa cuci helm, beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain : mesin cuci helm, sumber listrik, detergen cuci, chemical, spray pengharum, sikat halus, lap, spon busa, dan polis silicon untuk mengkilapkan kulit helm. Mesin pencucian helm ada dua, yaitu wet mechine (menggunakan air) dan dry mechine (hanya menggunakan cairan pembersih) Cara mencuci helm ada dua, yang manual (menggunakan sikat) dan otomatis (seperti mesin cuci). Proses pencucian helm terdiri dari : pelepasan kaca dan gabus helm, pencucian helm (manual/otomatis), proses pengeringan, perakitan kembali (plus pengkilapan). Proses ini biasanya memakan waktu 30 menit hingga 1 jam.

usaha jasa mesin cuci helm
Usaha jasa pencucian helm sangat cocok dilakukan di tempat-tempat keramaian, seperti dekat mall, pasar, maupun di dekat lokasi taman hiburan. Dengan tarif antara Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk sebuah helm, maka rata-rata keuntungan bersih yang diperoleh berkisar Rp 5.000 – Rp 7.000. Keuntungan bersih tersebut sudah termasuk pemotongan uang bagi hasil untuk pegawai, biaya bahan cuci, dan biaya operasional. Jika dalam sehari terdapat rata-rata 20 helm yang dicuci, maka keuntungan minimal perbulannya adalah 20 helm x 30 hari x Rp 5.000 = 3.000.000 rupiah.

Dalam mengembangkan usaha ini, anda perlu melakukan promosi, baik melalui spanduk maupun seleberan-selebaran iklan. Anda harus meyakinkan para calon konsumen, agar mau mencuci helmnya di tempat anda. Anda perlu juga menjelaskan manfaat-manfaat yang bisa diperoleh bila melakukan pencucian helm, misalnya : mampu menghilangkan debu, noda, dan bau keringat yang menempel di gabus helm, mencegah kerusakan rambut (ketombe) karena spon helm yang tidak bersih, membuat rasa nyaman dan adem memakai helm yang telah dicuci, mengkilapkan helm, serta membuat rasa percaya diri jika helm anda dipinjam orang lain.

Usaha pencucian helm telah mengalami trend positif seiring semakin banyaknya konsumen yang lebih memilih hidup praktis untuk tidak bersusah payah mencuci helmnya sendiri. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait