Kiat Membuka Usaha Studio dan Cetak Foto

usaha studio cetak foto
Pada tahun – tahun belakangan ini harga sebuah kamera digital kian terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Tidak seperti 5 tahun lalu, dimana harga sebuah kamera pocket berada pada rentang di atas lima juta, sehingga hanya golongan borjuis saja yang mampu membeli gadget tersebut. Untuk mengabadikan moment-moment indah, biasanya dilakukan dengan cara menyewa sebuah kamera digital atau datang langsung ke studio untuk sekedar foto keluarga. Namun, kini harga sebuah kamera digital bisa kita beli dengan rentangan harga  satu jutaan. Apalagi fitur kamera yang banyak dibenamkan pada perangkat handphone semakin memudahkan orang untuk berfoto ria. Hal ini ternyata sempat berdampak buruk pada usaha studio foto.

Banyak usaha studio foto  yang merasa sepi pengunjung. Namun ternyata bisnis tersebut tetap menjanjikan untuk digeluti, seiring semakin konsumtifnya masyarakat. Kebiasaan masyarakat sekarang adalah berusaha menyimpan foto-foto cantiknya bukan hanya di dalam perangkat memory, tetapi juga ingin mencetaknya pada selembar kertas foto.

Apalagi harga mencetak foto pada kertas foto ukuran postcard sudah tidak semahal dulu, sehingga banyak orang terutama golongan remaja yang pergi ke studio foto untuk mencetak foto-foto di handphonenya. Hal inilah sebagai salah satu peluang usaha yang bisa menjadi sumber pendapatan anda. Untuk memulai sebuah usaha studio dan cetak foto yang berlevel mini, ada beberapa yang perlu dipersiapkan:

Persiapan Tempat - Bangunan
Anda harus memiliki sebuah gedung (ruang) untuk meletakkan peralatan kerja anda, untuk memajang berbagai fasilitas foto, dan ruang (studio) mini untuk melakukan pemotretan. Pilihlah tempat yang strategis dan mudah dilihat orang yang lalu lalang. Tema studio anda harus berkarakter. Banyak studio foto yang mengecat gedungnya dengan cat warna hitam dan dipadukan dengan sedikit warna-warna yang kontras. Hal tersebut nampaknya memberi kesan bahwa studio anda akan mampu menghasilkan foto cetak dengan warna yang cemerlang.

Persiapkan Diri Anda untuk Terampil dan Profesional
Untuk membuka usaha studio foto, anda harus bisa menggunakan komputer, mengerti program editing gambar (misalnya frame foto, program Adobe Photoshop, dll), bisa mencari angel dan jarak fokus yang bagus dengan kamera anda, dan terus mengikuti perkembangan terkini dunia fotografi.

Pembelian Peralatan dan Perlengkapan
Untuk membuka usaha studio cetak foto, ada beberapa peralatan dasar yang anda butuhkan :
  • Satu set komputer  dengan harga sekitar 3,5-4 jutaan
  • Kamera digital, minimal berlensa 12 Megapixel, lebih besar lebih baik hasilnya, harga sekitar 1-2 juta
  • Printer Photo, dengan harga di bawah 2 jutaan.
  • Kertas foto dengan harga 30 – 70 ribu per paket sheet ( isi 20-30 lembar)
  • Alat transfer dari handphone, tablet atau gadget lainnya (contohnya bluetooth, infrared, cardreader) dengan harga sekitar seratus ribuan.
  • Layar background, payung pemantul cahaya, cermin, tripod, meja, pakaian/custom, alat pemotong kertas  dan perlengkapan penunjang lainnya.
Langkah Berikutnya
Setelah semua komplit, saatnya melakukan promosi dan penawaran atau harga perkenalan. Untuk menghasilkan income lain dari usaha studio cetak foto anda, anda bisa menambah beberapa usaha sampingan lainnya,  misalnya menjual bingkai foto & album, menyediakan sewa kamera / handycam, atau menjual aksesoris kamera. 

Demikan sekilas tentang mencoba membuka usaha studio dan cetak foto. Layanilah konsumen anda sebaik-baiknya, sediakan ruang tunggu yang nyaman, dan yang terpenting buatlah paket harga yang menarik dan sesuai dengan biaya produksi. Salam fotografi...!!!

Artikel Terkait