Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

wirausaha mahasiswa
Mahasiswa adalah pelajar yang akan menjadi ujung tombak pembangunan bangsa dan merupakan harapan bagi kebanggan keluarga. Sebagai seorang pelajar, para mahasiswa dituntut oleh orang tuanya untuk konsentrasi belajar dan mampu memperoleh nilai kelulusan atau indeks prestasi yang memuaskan. Walaupun kebutuhan hidup mereka ditanggung oleh orang tua, namun banyak juga yang tidak sekedar berpangku tangan untuk dimanjakan oleh pemberian orang tua. Mereka sejak usia muda memilih untuk belajar bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari hasil jerih payah dan keringat mereka. Juga ingin merasakan seberapa nikmat  mencicipi uang dari hasil kerja sendiri. Oleh karena itu, banyak yang kuliah sambil bekerja di suatu perusahaan.

Namun hal tersebut sering menjadi pengganggu dalam mencapai hasil perkuliahan yang maksimal, bahkan terkadang banyak yang perkuliahannya tertunda karena harus lebih konsentrasi pada urusan pekerjaan yang mengikat waktu mereka. Karena alasan itu, sebagaian mahasiswa lebih untuk memilih untuk membangun sebuah usaha atau bisnis sendiri yang tidak mengikat waktu mereka.

Ada beberapa alasan para mahasiswa membangun sebuah usaha atau berbisnis sambil tetap berkonsentrasi pada kuliahnya, yaitu :
  • Belajar hidup mandiri, dan tidak mau selalu tergantung dengan pemberian orang tua.
  • Berusaha membantu meringankan beban orang tua dalam pembiayaan kuliahnya
  • Mencari uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan lain
  • Belajar untuk membangun sebuah kerajaan bisnis (usaha) semasih muda
  • Mengisi waktu luang
  • Melaksanakan tugas kuliah   
Usaha atau bisnis yang biasanya dipilih oleh mahasiswa beraneka ragam jenisnya, tergantung lokasi tempat tinggal mereka. Namun beberapa usaha berikut merupakan jenis bisnis yang paling sering dilakoni, yaitu :

Usaha Menjual Pulsa
Usaha menjual pulsa sangat mudah dilakukan. Hanya bermodalkan sebuah handphone, seorang mahasiswa bisa menghasilkan puluhan ribu rupiah perhari. Tidak perlu membangun sebuah counter pulsa. Cukup modal minimal Rp. 50.000, sebuah handphone dan melakukan registrasi (pendaftaran), maka bisnis pun langsung bisa jalan.

Jualan Barang (reseller)
Menjadi reseller merupakan pilihan lain dalam menghasilkan uang. Banyak para mahasiswa yang menjadi sub agen atau reseller bagi produk tertentu, seperti busana, assesoris, kosmetik, asuransi,dan obat-obat kesehatan tertentu. Mereka sering memanfaatkan situs jejaring sosial untuk berjualan. Jumlah penghasilan yang diterima tergantung kesepakatan komisi (persenan).

Usaha Laundry
Membuka usaha laundry memerlukan modal minimal 2 jutaan, terutama untuk membeli mesin cuci dan perlengkapan tambahan lainnya. Untuk membuka bisnis ini, para mahasiswa biasanya patungan, baik modal maupun kerja.

Usaha Online
Usaha online yang sering ditempuh oleh mahasiswa antara lain menjadi penulis artikel pada website tertentu, ikut program paid survey (survey dibayar), membuat blog yang beriklan, ikut program afiliasi, menjual  jasa web designer, dan lainnya.

Mengadakan Les Private
Jika kemampuan kognitif (otak) lumayan, maka bisa membuka jasa layanan les private bagi para pelajar SD, SMP, maupun SMA. Dengan bermodalkan buku materi ajar dan kemampuan kecerdasan yang memadai, maka mahasiswa akan dibayar setiap pertemuan atau bulanan.

Usaha Pembuatan Makanan / Minuman
Bagi mahasiswa yang suka dengan kegiatan masak-memasak,  biasanya mereka secara berkelompok membuka sebuah warung kecil  atau gerobak untuk menjajakan hasil masakan. Yang menjadi kendala dalam memulai usaha ini adalah adanya rasa malu terhadap orang sekitar, terutama teman-teman sekampus. Namun untuk menghapus perasaan itu, biasanya mereka mempunyai prinsip : “Lebih baik hidup mandiri, walau harus mendorong sebuah gerobak, daripada terlihat mewah tapi jadi pengemis di depan orang tua”.

Usaha Kreatif (mengubah barang bekas)
Untuk memulai peluang usaha ini, anda harus mempunyai ide-ide kreatif. Gagasan unik dan terampil akan menjadi senjata ampuh dalam bisnis ini. Misalnya bagaimana cara mengolah bungkus-bungkus plastik snack bisa menjadi tas atau dompet yang cantik. Ide mengubah botol  - boto bekas menjadi barang kerajinan yang bernilai tinggi, dan sebagainya.

Jasa Pengetikan
Jasa pengetikan akan berjalan dengan baik bila anda berada di lingkungan atau tempat tinggal para pekerja kantoran. Sering kali para pekerja kantoran harus membuat sebuah  laporan dengan segera, sementara mereka butuh istirahat yang cukup bersama keluarga atau harus menyelesaikan suatu urusan yang lain. Anda sebagai mahasiswa bisa menawarkan jasa untuk menyelesaikan tugas pengetikan tersebut.

Demikianlah beberapa jenis usaha yang sering dipraktikan oleh mahasiwa dalam menghasilkan income sekaligus sebagai media pembelajaran, sebelum mereka benar-benar memasuki dunia kerja di masyarakat.

Artikel Terkait