Perlengkapan Usaha Spa

usaha spaMerintis usaha spa merupakan sesuatu yang dibilang gampang – gampang susah. Sebelum membuka usaha ini, ada baiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu terutama yang menyangkut penghasilan masyarakat sekitar, gaya hidup, dan tempat lokasi. Jika sebagian penduduknya sudah berpenghasilan cukup tinggi, dan gaya hidup telah tampak modern, serta lokasi tempat untuk usaha terlihat cukup strategis, maka bisnis ini akan sangat menjanjikan. 

Membangun usaha ini memerlukan keterampilan tersendiri, baik dalam teknik pemijatan hingga kemampuan meracik bahan spa. Banyak orang yang memulai usaha ini dengan melakukan kursus terlebih dahulu, namun tidak sedikit juga orang yang bisa sukses karena prinsip coba-coba, dan belajar dari pengalaman yang berulang-ulang. Konsep usaha jasa spa ini umumnya ada tiga, yaitu modern, tradisional, dan modern-tradisonal. Konsep modern biasanya menggunakan bahan-bahan yang dibeli dari olahan pabrik dengan tempat yang bergaya metro, konsep tradisional lebih memilih menggunakan bahan racikan secara tradisonal dengan tempat dan fasilitasnya dari furniture tradisional, sedangkan konsep modern-tradisional adalah penggabungan dari kedua jenis tersebut. 

Kata SPA bersal dari kata Spau, yaitu sebuah desa kecil dekat Leige, negara Belgia yang mempunyai kolam pemandian air mineral yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Ada juga yang menyatakan bahwa SPA berasal dari kata Solous Per Aqua (Yunani) yang artinya penyembuhan melalui air.  Jenis – jenis spa beraneka ragam, misalnya medical spa, destination spa, day spa, resort spa, mineral spring spa, dan sebagainya. Untuk membuka usaha ini, selain menyediakan tempat yang nyaman, biasanya diperlukan juga beberapa alat, perlengkapan, dan bahan untuk spa tergantung jenis spa yang akan dibangun. Jika spa yang dijalankan berupa spa relaksasi dan kecantikan, maka beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu :

Bed atau Tempat Tidur
Pilihlah bed dan perlengkapannya yang berwarna agak kalem (lembut) dengan tujuan untuk meneduhkan mata dan menenangkan pikiran si pelanggan.
Tenaga Pijat / Karyawan 
Untuk menjalankan bisnis ini, minimal dibutuhkan 2 orang untuk usaha spa mini.
Bahan - Bahan Spa
Bahan spa beraneka ragam, ada yang menggunakan susu, madu, coklat, minyak cendana, boreh, scrub, hingga bubuk emas. Pemilihan bahan spa tergantung dari konsep usaha spa yang akan dijalankan dan persaingan usaha di tempat anda. Memilih bahan spa yang belum digunakan oleh tempat spa yang lain di daerah anda akan menjadi nilai plus bagi usaha anda. Menurut John Kerr, seorang aromaterapis, sebaiknya dalam memilih bahan untuk spa, kita memilih wewangian atau aroma terapi yang sesuai dengan jenis kulit :
  • Kulit normal cenderung kering : produk kecantikan sandalwood, camomile, myrrh, neroli, mawar jojoba dan rosewood, frankincese. 
  • Kulit normal cenderung berminyak : cocok memilih aroma citrus yang fresh, seperti lemon, grapefruit dan jeruk. 
  • Kulit sensitif, pilihlah aroma melati, lavender, camomile, neroli, dan petitgrain.
Manfaat wewangian
  • Bergamot bermanfaat untuk mengembalikan tenaga, cocok untuk mereka yang berkulit normal. 
  • Chamomile yaitu produk kecantikan anti peradangan yang baik, menenangkan. 
  • Clary sage dapat menggembirakan dan memiliki efek menenangkan untuk yang berkulit berminyak. 
  • Geranium merupakan traditional spa yang menstimulai sirkulasi darah, cocok untuk mereka yang berkulit normal cenderung berminyak. 
  • Melati memiliki efek meningkatkan semangat dan berpotensi sebagai aprodisiak. 
  • Lavender dapat menenangkan, mengurangi rasa sakit, dan sebagai detoks. 
  • Lemon bersifat menyegarkan. 
  • Mawar mempercepat kesembuhan kulit, cocok untuk yang berkulit kering dan sensitif. 
  • Sandalwood meningkatkan keseimbangan dan kejernihan, cocok untuk yang berkulit kering.
Selain itu, diperlukan juga Aroma terapi yang biasanya berupa lilin atau dupa sebagai pemberi efek relaksasi, lulur scrub untuk menggerus kotoran pada kulit, body masker berguna menghaluskan kulit, massage oil, dan sabun untuk mencucui badan. Perlengkapan yang lain diantaranya handuk, gunting kuku, waxing, musik relaksasi, rotus, batu pijat dan sebagainya. Demikan sekilas membangun usaha spa, semoga bermanfaat!!!

Artikel Terkait