Penghasilan Tambahan Dari Internet

Anda suka berselancar di internet. Untuk apa anda mengakses internet? Saat ini, banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi dan untuk bersosialisasi/mencari teman baru, seperti situs jejaring facebook dan tweeter. Namun, tahukah anda bahwa banyak orang yang bisa hidup dan kaya dari memanfaatkan internet. Ada banyak peluang usaha yang bisa anda kerjakan melalui jalur internet.

Ada orang yang berjualan barang (barang nyata, ebook ataupun software) melalui situs ataupun blog yang dimilikinya. Barang yang dijual bisa merupakan hasil karyanya, ataupun barang miliki orang.

menghasilkan uang internetMenjualkan produk orang lain di internet melalui website yang kita miliki sering disebut dengan istilah afiliasi. Melalui situs / blog yang kita miliki, kita berusaha menjadi marketer internet, dan akan mendapatkan komisi sekian persen dari total penjualan kita.

Salah satu sistem afiliasi yang paling kondang di dunia adalah Amazon.com. Dengan menjadi afiliasinya, kita bisa memajangkan barang-barang yang dijual melalui website miliki kita. Jika ada orang yang berbelanja (transaksi online) di toko virtual amazon.com melalui website kita, maka kita akan memperoleh komisi sekitar 8- 15 %. Selain Amazon, banyak afiliasi yang bisa ikuti dengan memiliki sebuah website / blog, misalnya readbud.com, neobux.com, mobpartner, agoda.com dan lainnya. Untuk anda yang tertarik dengan program afiliasi internet, ada beberapa tips yang dianjurkan (dikutip dari gerbangbisnis.wordpress.com) :
  • Program afiliasi yang berkaitan dengan berbagai ahli dan niche tertentu biasanya berada dalam beberapa tingkat dan sesuai dengan standard kualitas. Dalam hal ini anda harus mengetahui bahwa produk- produk yang dihasilkan mempunyai manfaat yang nyata dan baik.
  • Program yang mempunyai manejemen baik, banyak program afiliasi yang memberikan fee/ hasil keuntungan sampai 30%. Carilah yang mendekati atau bahkan lebih, jangan buang waktu hanya megikuti program2 yang substansial dan tidak sesuai dengan upah kerja kita
  • Program yang catering untuk target pasar yang berkembang, maksudnya adalah produk dari program tersebut dibutuhkan dan sedang banyak dicari dibangsa pasar pada saat sekarang. Dan ini memastikan dan membantu untuk memudahkan mencari referral sebanyak-banyaknya.
  • Target penjualan, perlu diketahui banyak perusahan afiliasi yang memberikan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan komisi jika target yang diberikan terpenuhi. Pastikan anda telah siap dan mampu mencapai target persyaratan mereka.
  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan afiliasi tersebut, jgn sampai anda tertipu yang hanya mengikuti program2 dummys. Mintalah rekomendasi kepada orang yang telah mengikutinya, para ahli marketer. Bergabunglah di forum-forum afiliasi ikuti diskusi dan jangan lupa ajukan pertanyaan seputar program afiliasi marketing yang anda ikuti..! apakah ada yang telah sukses sebelumnya, apakah  produk  yang dihasilkan telah terbukti bermanfaat untuk membernya, dan lain sebagainya.
Selain program afiliasi, satu cara mendapatkan uang di internet adalah melalui program periklanan. Jika dahulu para pengusaha beriklan melalui surat kabar, spanduk, radio, dan televisi, maka sekarang program periklanan telah merambah ke dunia maya (internet). Beriklan di internet memiliki banyak keunggulan, selain murah, target pencapaian bisa bersifat internasional.  Karena itulah, banyak perusahaan kecil dan besar beriklan di internet. Jika anda tertarik untuk memasang iklan-iklan dari perusahaan raksasa nasional maupun internasional, seperti coca-cola, ardilles, samsung, nokia, dan sebagainya, dan mendapatkan penghasilan atas jasa iklan anda, maka anda harus mempunyai sebuah website atau blog, entah website yang berbayar, atau blog yang gratisan (misalnya blogspot dan wordpress).

Di website atau blog, anda harus mempunyai banyak konten artikel yang menarik, unik, dan bertema tertentu. Misalnya blog yang anda buat adalah tentang kecantikan, maka anda bisa berkesempatan untuk menayangkan iklan-iklan dari perusahaan kosmetik terkenal. Anda akan dibayar setiap seribu kali iklan tayang atau yang paling asyik jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut (pay per click). Semua tergantung program iklan yang anda ikuti. Jika anda telah memiliki puluhan artikel yang bagus dalam website anda, maka anda bisa mendaftarkan website tersebut ke agen-agen periklanan, misalnya Google Adsense, Chitika,Infolinks, AdHitzs,  IdBlogNetwork, Sitti, KumpulBlogger, AdsenseCamp, AdStar, dan sebagainya. Setelah anda diterima sebagai penayang iklan, maka langkah selanjutnya adalah tetap memposting artikel-artikel baru dan yang terpenting mengikuti segala aturan dalam kerjasama tersebut, agar anda bisa sukses mendapatkan uang lewat internet. 

Itulah beberapa celah di internet yang bisa menghasilkan pendapatan (earning) baru anda, selamat bekerja dan suksess selalu!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait