Jenis Asuransi Untuk Perusahaan Anda


Salah satu hal yang bisa mengangkat citra perusahaan di mata karyawan sekaligus memberikan perlindungan bagi kelangsungan usaha anda adalah dengan mengikuti program asuransi. Ikut program asuransi mempunyai beberapa kelemahan diantaranya adalah adanya pemotongan gaji (uang) dan menyita  waktu untuk pengurusan. Sementara beberapa manfaat yang diberikan adalah adanya rasa tenang terhadap berbagai resiko yang tidak diinginkan dan mendapat premi (uang pengganti) jika terjadi sesuatu hal, sesuai dengan perjanjian asuransi. Banyak perusahaan, entah itu yang sudah berskala menengah ke atas hingga usaha kecil yang hanya punya beberapa karyawan ikut serta dalam program asuransi. Beberapa jenis asuransi yang paling banyak dipilih oleh sebuah perusahaan antara lain :

jenis asuransi Indonesia

Asuransi untuk Karyawan
Asuransi yang  biasa diikuti oleh para pengusaha adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan kecelakaan kerja karyawan. Asuransi Kesehatan Karyawan dalah program asuransi kesehatan kumpulan yang memberikan perlindungan kesehatan secara menyeluruh ( comprehensive ) bagi karyawan anda dan keluarganya. program kesehatan karyawan ini biasanya merupakan asuransi tambahan (rider) atas asuransi dasar yaitu asuransi jiwa karyawan. Dengan semakin meningkatnya biaya biaya penunjang kesehatan, penyediaan fasilitas asuransi kesehatan bagi karyawan anda menjadi salah satu hal penting untuk mengurangi kekhawatiran mereka mengenai masalah kesehatan bagi diri karyawan maupun keluarganya. Perusahaan yang  jeli akan menggunakan “asuransi kesehatan karyawan" ini sebagai sarana untuk meningkatkan loyalitas karyawannya, disamping itu karyawan juga akan senantiasa termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka, karena karyawan anda akan semakin fokus kepada tugas dan kewajiban mereka ketika bekerja tanpa perlu mengkhawatirkan masalah kesehatan dirinya maupun keluarga. Asuransi kesehatan karyawan yang disediakan biasanya meliputi: Rawat Jalan, Rawat Inap termasuk tindakan pembedahan, hingga Persalinan.
Salah satu keunggulan dari asuransi kesehatan karyawan ini bagi perusahaan adalah manfaatnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda, artinya dapat disesuaikan dengan budget anda. Sementara itu Asuransi Jiwa Kumpulan Karyawan merupakan bagian dari program Employee Benefit untuk kesejahteraan dan perlindungan terhadap jiwa tertanggung dengan biaya yang sangat murah. Asuransi Jiwa kumpulan untuk karyawan. Karyawan akan memperoleh manfaat berupa asuransi jiwa yang perlindungannya berlangsung 24 jam baik pada saat berada dalam jam kerja maupun diluar jam kerja. Asuransi tambahan (Riders) pada asuransi ini berupa Santunan Kematian & Cacat akibat Kecelakaan - memberikan manfaat tambahan santunan kematian dan cacat akibat kecelakaan. Santunan Cacat Total Tetap - memberikan manfaat tambahan yang disediakan pada saat karyawan mengalami cacat total dan tetap akibat penyakit maupun kecelakaan. Santunan biaya Pengobatan - memberikan manfaat tambahan untuk pengobatan rawat jalan yang disebabkan karena kecelakaan.

Asuransi Untuk Perusahaan
Para pengusaha selain mendaftarkan para pegawainya untuk ikut asuransi karyawan, juga biasanya mendaftarkan perusahaannya, terutama properti-properti perusahaan dalam suatu program asuransi. Jenis asuransi yang sering mereka ikuti antara lain Asuransi Kendaraan, Asuransi Bencana Alam, Asuransi Rekayasa dan Asuransi Kebakaran. Asuransi Kendaraan mulai marak diikuti setelah peristiwa kerusuhan pada tahun 1998 di Jakarta. Kala itu banyak kendaraan yang dibakar massa pendemo/perusuh belum didaftarkan dalam program asuransi, sehingga banyak orang pemiliki kendaraan yang dibakar massa merasa stress akibat kerugian yang dialami tanpa bisa mengadukan nasibnya ke pihak tertentu. Kini banyak pengusaha yang mendaftarkan kendaraan perusahaannya dalam program asuransi, termasuk juga kendaraan yang masih dalam tahap kredit. Kendaraan yang rusak akibat kecelakaan akan mendapat biaya perbaikan bahkan bisa juga mendapat kendaraan baru. Asuransi Kebakaran bertujuan untuk melindungi aset perusahaan, terutama bangunan dan peralatan untuk mendapat uang pengganti /perbaikan jika terjadi kebakaran pada tempat usaha tersebut.  Asuransi Rekayasa merupakan asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan harta benda (berupa konstruksi, alat-alat konstruksi, peralatan elektronik, alat-alat berat atau mesin) pada saat masa pembangunan (pekerjaan konstruksi) atau pemasangan mesin terhadap kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan secara tiba-tiba yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya

Artikel Terkait