Memulai Bisnis Parfum Refill

Usaha parfum isi ulang (refill) adalah salah satu bisnis yang baru-baru berkembang dewasa ini. Di era sebelumnya, usaha ini dikuasai sepenuhnya oleh industri – industri pewangi kelas nasional bahkan internasional. Berbagai merek parfum internasional membanjiri pangsa pasar dalam negeri. Dan kini, dengan semakin terbukanya jalur informasi, menjadikan masyarakat bisa mengetahui seluk – beluk usaha ini dengan mudah, terutama dalam proses pembuatannya. Beberapa racikan yang merupakan pewangi tradisional warisan para leluhur yang aromanya tidak kalah bersaing dengan parfum bermerek, menjadikan bisnis ini bisa menghasilkan  pendapatan yang lumayan.

Jika anda berminat dalam membuka usaha yang masih sedikit dilakoni oleh masyarakat ini, maka anda perlu mempersiapkan beberapa hal, diantaranya:

Penyediaan Bahan dan Proses Peracikan
usaha parfum refill
Dalam membuat parfum atau minyak wangi refill, modal yang dibutuhkan sekitar dua jutaan, yaitu untuk membeli:
  • Bibit Parfum merupakan biang pewangi yang masih asli. Untuk penjualan ke konsumen biasanya diencerkan lagi. Ada berbagai produk seperti Luzy, Lachoste Elegant, Machoni Love, Argevile, Labor, Mane, Charabort, dan lainnya. Harga perliternya berkisar antara 500.000 – 800.000 rupiah, tergantung jenis parfumnya.
  • Botol Parfum bermacam-macam ukuran dan jenisnya. Ada Roll On dan Spray dengan ukuran 8 ml, 10 ml, 25 ml, dan sebagainya. Harga berkisar Rp 60.000 – 80.000 per lusin.
  • Alat Suntik (Injector) digunakan untuk memasukkan racikan parfum ke dalam botol.
  • Solfior dipakai untuk campuran pengencer non alkohol. Parfum dengan campuran solfior biasanya dikemas dengan botol roll on.
  • Alkohol Absolut adalah bahan pencampur bibit parfum yang akan digunakan pada parfum jenis spray.
  • Methanol berfungsi untuk mencuci alat-alat agar higienis seperti gelas ukur, botol, dan injector.
  • Gelas Ukur dipakai untuk menakar perbandingan racikan dan juga mengukur jumlah parfum yang dimasukkan kedalam botol.

Pemasaran
bisnis parfum
Untuk membangun bisnis ini, ada baiknya anda membuka sebuah toko parfum sebagai tempat pemasaran anda. Anda harus mempunyai racikan wangi parfum yang khas berbranded nama usaha anda dan tidak ada duanya di dunia ini. Cobalah dengan berbagai  eksperimen racikan buatan anda. Untuk memperluas pemasaran, Anda bisa menjalin kerjasama dengan beberapa rekan anda untuk membantu memasarkan produk pewangi anda. Saingan terberat dalam usaha ini adalah produk parfum dari industri parfum yang membanjiri pasar, apalagi mereka sudah melakukan promosi besar-besaran melalui iklan di televisi dan radio.

Namun, kita bisa belajar dari pengalaman para pengusaha parfum di Eropa, dimana mereka yang telah sukses dulunya adalah pengusaha kecil. Tetapi dengan kreativitas meracik wangi parfum yang khas, mereka akhirnya mampu bersaing dengan industri parfum yang berskala besar.  Jika usaha anda telah maju, anda bisa memesan bentuk botol khusus yang terlihat unik dan cantik, sehingga menjadi ciri khas produk parfum refill anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait