Lima Ide Membangun Restaurant Unik

Memiliki sebuah usaha rumah makan yang maju merupakan sebuah berkah yang patut kita syukuri. Puluhan bahkan ratusan pelanggan datang setiap harinya menyantap menu yang kita sajikan adalah hal yang perlu kita pertahankan.  Namun, ketika usaha kita telah tampak progress positifnya, maka biasanya mulai bermunculan pesaing-pesaing rumah makan baru yang ingin menggait pelanggan kita. Jika satu atau dua buah restaurant baru yang ikut berkompetisi dengan usaha kita, mungkin dampaknya belum sangat terasa. Namun, akan mulai terasa mengoyahkan jika di wilayah kita telah berdiri banyak restaurant yang lebih bagus.

Kemudian akhirnya, jumlah pengunjung semakin hari semakin berkurang,  pendapatan kita mulai mengalami penurunan, dan terkadang  mengalami kerugian. Jika kita tidak melakukan sesuatu, bersiaplah untuk “gulung tikar”.

rumah makan unikUntuk mengurangi kerugian tersebut, biasanya yang dilakukan adalah dengan gencar melakukan promosi yang menarik, menawarkan berbagai paket makanan / diskon, mengoptimalkan pelayanan, melakukan spesialisasi menu (misalnya hanya menjual masakan Padang saja), dan paling dramatis adalah mengubah konsep rumah makan yang  telah dibangun. Itulah beberapa langkah yang biasanya dilakukan untuk menghindari kebangkrutan.

Nah, untuk anda yang merasa kalah bersaing dan bosan dengan konsep restaurant yang sudah anda bangun selama ini, anda bisa membuat brand dan konsep baru yang lebih spesifik dan unik untuk menarik pelanggan baru dan mengembalikan konsumen anda yang sempat berpaling ke rumah makan yang lain. Untuk membangun sebuah restaurant unik, anda bisa menerapkan salah satu ide inspirasi yang tersaji berikut ini :

Unik dalam Bahan Makanan
Jika di sekitar wilayah usaha anda telah berdiri berbagai jenis restaurant yang menyajikan berbagai jenis makanan yang enak, dan anda merasa tidak bisa bersaing dengan makanan yang sejenis, maka anda bisa membuat menu masakan yang lebih spesifik dan unik. Hal ini banyak dilakukan oleh para pengusaha rumah makan untuk bertahan dari kerasnya persaingan. Misalnya di pulau Bali, ada sebuah restaurant yang hanya menyajikan makanan yang berbahan buah strawberry, seperti nasi goreng straberry, soup strawberry, hingga makanan penutupnya (dessert) juga berbahan strawberry. Mereka berusaha mencari dan mencoba berbagai komposisi dan racikan menu yang pas di lidah. Di Eropa, ada juga restaurant yang memasak menggunakan wine atau bir untuk sensasi rasa yang berbeda dan unik. 

Unik dalam Brand dan Menu Makanan
Memiliki sebuah rumah makan dengan nama “Rumah Makan Pak Jaya” atau ‘Restaurant Nikmat” mungkin sudah biasa didengar. Nah, bagaiman jika namanya adalah “Rumah Makan Bhuto Ijo” atau “Restaurant Wiro Sableng” mungkin akan terasa aneh bagi orang yang baru lewat di depan restaurant anda. Namun, keanehan dan keunikan  nama (brand) yang anda ciptakan tersebut bisa saja membuat orang menjadi penasaran untuk mencoba mengunjungi rumah makan anda. Di daerah Bandung juga ada restaurant yang memberikan menu-menu makanannya lebih kreatif lagi, misalnya Sate Jenglot, Sambal Iblis, Bakso Bima, Es Teler Bidadari, Soup Danau Toba, dan sebagainya. Jika anda pajang menu makanan tersebut di depan restaurant anda atau menyebarkannya melalui pamflet-pamflet, bukan tidak mungkin anda akan kebanjiran pesanan.

Namun yang perlu diperhatikan dalam memberikan nama-nama unik adalah ada harus memiliki hal special yang sesuai dengan nama tersebut, baik dari cita rasa maupun bentuknya. Misalnya saja, sate jenglot, sate yang terbuat dari daging ayam yang dililitkan dengan mie pedas bagian atasnya sehingga menyerupai wujud jenglot dan rasanya membuat lidah agak panas. Namun, jika ternyata keunikan nama yang anda buat tidak sesuai dengan ekspetasi (anggapan) pengunjung, maka bersiaplah mereka pasti tak akan kembali lagi.

Unik dalam Konsep Tempat
restaurant unikSalah satu bagian yang bisa anda kembangkan untuk membangun sebuah rumah makan yang berbeda dari yang lain adalah membuat tempat rumah makan yang unik. Anda bisa memulainya dengan menggunakan furniture – furniture yang berbeda hingga bentuk bangunan yang terkesan aneh. Di Thailand, sebuah restaurant dibangun di atas pohon, di Amerika restaurant dibuat dari rongsokan-rongsokan mobil, ada pula restaurant yang bertemakan hantu, restaurant yang semua perlengkapannya berbentuk cinta, bangunana rumah makan yang bertema green dan alam, restaurant yang dilengkapi dengan games dan lainnya. Meskipun bangunan rumah makan anda sederhana, tapi dengan membuatnya berbeda, rumah makan anda bisa terkenal seantero Nusantara.

Unik dalam Hal Pelayanan (Services)
Menciptakan images unik dalam hal pelayanan di mata konsumen bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik jumlah pelanggan baru. Beberapa contoh pelayanan unik yang bisa anda kreasikan misalnya membuat kostum khas (tradisional, modern, classic, pakaian aneh, dll) yang dipakai oleh pelayan restaurant. Anda juga bisa menciptakan promo-promo yang menarik, mislanya mengadakan games seru bagi para pengunjung untuk mendapat makan gratis. Ada juga restaurant yang menyediakan tempat bagi para pengunjung untuk ikut terlibat memasak menu yang dipesannya. Menyediakan pertunjukkan hiburan yang special secara berkala, dan sebagainya.  

Unik dalam Hal Plus Lainnya
Beragam hal unik yang dilakukan oleh pengusaha restaurant yang telah sukses, diantaranya membuat aturan unik tertentu, misalnya tiap malam minggu akan memberi diskon jika makan bersama kekasih,  memberi menu special pada kunjungan yang ke sekian kalinya, dan lainnya. Ada juga rumah makan yang memberi hal plus lainnya, contohnya memberikan souvenir gratis (kaos, cangkir, gantungan kunci yang bertuliskan nama restaurant) jika si konsumen berbelanja di atas sekian puluh ribu rupiah. Penambahan hal plus ini diusahakan dengan  potensi yang anda punya dengan anggaran yang sekecil mungkin, namun mampu memberi kesan yang mendalam bagi pengunjung rumah makan anda.

Demikian lima inspirasi yang bisa anda kembangkan sebagai seorang  pengusaha rumah makan. Kiat-kiat di atas juga bisa dapat menjadi ide bagi anda yang akan membuka sebuah restaurant di tengah ketatnya persaingan. Selamat berwirausaha...!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait