CCTV Untuk Tempat Usaha Anda

Untuk menjaga keamanan tempat usaha, biasanya para pengusaha memakai perangkat satuan keamanan (satpam) dalam melindungi perusahaannya. Namun, terkadang keterbatasan individu satpam dalam bertugas, menjadikan tingkat keamanan tempat usaha belum maksimal, sehingga perlu dilengkapi dengan bantuan alat lain. Alat keamanan yang biasanya dipakai di toko, gudang, perusahaan, dan kantor serta pabrik adalah CCTV. Kamera CCTV merupakan pilihan utama bagi para pengusaha untuk melindungi tempat usahanya.

Televisi Sirkuit Tertutup (bahasa Inggrisnya disebut Closed Circuit Television) yang dikenal sebagai kamera pengintai/pengawas adalah jenis kamera yang menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran. Pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri-industri seperti militer, bandara, toko, kantor, pabrik dan bahkan sekarang perumahan pun telah banyak yang menggunakan teknologi ini. CCTV sebagai satu kesatuan system mepunyai beberapa perlengkapan yaitu:

CCTV toko1. Kamera
Kamera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar, ada beberapa tipe kamera yang membedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya. Dua hal yang paling utama adalah, camera CCTV analog dan Camera CCTV Network dimana kamera analog menggunakan satu solid kable untuk setiap kamera yang berarti, setiap kamera akan harus terhubung ke DVR atau system secara langsung sedangkan Camera Network atau yang biasa di sebut IP Kamera, bisa menggunakan jejaring yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya.

2. DVR
DVR (Digital Video Recorder). ini adalah system yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera dalam sistem ini banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk pelengkap keamanan, salah satunya adalah merekam semua kejadian dan hasil rekaman ini yang biasa digunakan di dalam peradilan untuk membuktikan suatu kejadian dalam sebuah sistem kamera, jumlah dan kualitas rekaman akan ditentukan oleh DVR ini.

Harga sebuah perangkat CCTV beraneka ragam tergantung kualitas dan jenisnya. Namun umumnya berharga sekitar tujuh ratus ribuan rupiah. Ada beberapa jenis kamera CCTV yang berada di pasaran, antara lain : Dome Camera, Dome IR Camera, Standard Camera, IR Outdoor Camera, Zoom Camera, dan Speed Dome Camera.

Keuntungan menggunakan Kamera CCTV untuk perusahaan anda antara lain:
  • Dapat mengawasi kejadian, situasi, tindak tanduk pegawai dan para konsumen. 
  • Sebagai barang bukti di pengadilan 
  • Tingkat keamanan lebih terjamin 
  • Bekerja 24 jam tanpa berhenti. 
  • Memori dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa diputar kembali bila diperlukan. 
  • Gambar yang jelas sehingga muka dan bentuk tubuh terekam dengan baik. Ini akan memudahkan pihak berwenang menemukan siapa penyusup, perampok atau pembunuh sekalipun. 
  • Orang akan berpikir dua hingga tiga kali lagi sebelum melakukan kejahatan saat melihat adanya kamera pengawas.s 
  • Menghemat biaya yang dikeluarkan untuk memperkerjakan petugas keamanan. 
  • Memudahkan petugas keamanan mengawasi seluruh gedung. 
  • Cepat mengetahui adanya penyusupan atau tidakana kejahatan lainnya.

Permasalahan yang sering terjadi dalam penggunaan CCTV adalah overheat (DVR panas) dan fragmentasi (beberapa gambar terpotong). Selain itu ada juga beberapa masalah pada DVR, misalnya DVR suka me-restart sendiri, DVR tidak bisa dioperasikan (tombol-tombol macet)., Rekaman pada tanggal tertentu hilang / tidak bisa diputar ulang (playback), Gambar membeku saat playback, dan Gambar hilang (blank), baik saat Live maupun Playback.

Nah untuk membeli kamera CCTV, sebaiknya anda memilih toko / teknisi yang sudah banyak dipercaya oleh para pengusaha di wilayah anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait