Cara Mengiklankan Produk Usaha di Internet



Di masa lalu, para pengusaha biasanya mempromosikan produk atau usahanya melalui media yang terbatas, seperti pamflet dan spanduk. Kemudian, berkembang menjadi iklan cetak, seperti di koran dan majalah. Selanjutnya mengalami kemajuan dengan adanya radio dan televisi. Dan kini para pengusaha banyak memilih internet sebagai media periklanan. Di era sekarang,  jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tua, muda, bahkan anak-anak sekarang sudah mulai mengenal dan terbiasa dengan internet. 
PASANG IKLAN GRATIS INTERNET
Hal ini merupakan sesuatu yang bagus dalam mempromosikan suatu produk baru atau usaha. Ada beberapa alasan para pengusaha beriklan di internet antara lain :
  • Iklan di internet dapat menjangkau pasar yang lebih luas 
  • Iklan online , lebih murah dibanding iklan offline.. di televisi, koran , maupun radio . 
  • Pada era globalisasi ini, internet bukan barang yang asing lagi, dari anak anak, karyawan, guru, pebsinis, dll pasti menggunakan internet. Olah karena itu manfaat internet saat ini sedang berkembang dengan pesatnya. 
  • Siap sedia 24 jam, artinya bisa dilihat kapan pun oleh pengguna internet. 
  • Internet sebagai media promosi, bisa dikatakan lebih menarik dan efisien. 
  • Mengangkat citra perusahaan di mata konsumen.

Agar orang lain dapat menemukan produk, jasa, dan usaha apa yang anda tawarkan, maka langkah utama yang harus anda lakukan adalah mempunyai sebuah alamat website. Website atau  blog tersebut berguna untuk memajang informasi dan gambar produk (jasa), penawaran, dan juga sebagai media melayani para pembeli melalui jalur online. Dengan website tersebut, anda dapat menawarkan produk usaha ke seluruh Indonesia bahkan dunia, sehingga pangsa pasar usaha anda menjadi lebih luas. Untuk membuat website atau blog, anda dapat memilih yang berbayar (kurang lebih Rp 100ribu / tahun) atau yang gratisan (seperti blogspot dan wordpress). Website yang berbayar (misalnya: www.jualankebaya.com) akan lebih terkesan profesional dibandingkan dengan website yang gratisan (misalnya: jualankebaya.blogspot.com). Untuk membuat website yang bagus, anda bisa meminta bantuan para web designer.

Setelah website anda telah siap, maka langkah selanjutnya adalah memilih cara/jalur untuk beriklan. Para pengusaha kecil (seperti mahasiswa yang menjual baju/celana) yang anggaran iklannya terbatas, biasanya memanfaatkan sosial media (facebook, google+, tweeter) untuk menjalin teman baru sekaligus mempromosikan produk atau usahanya. Namun hal ini banyak menyita waktu, karena kita dituntut lebih sering online.Selain jejaring sosial, mereka juga sering beriklan di situs-situs penyedia space iklan gratis seperti berniaga.com atau tokobagus.com.

Para pengusaha yang mempunyai anggaran cukup (minimal Rp. 500.000) lebih memanfaatkan jasa agen iklan untuk membantu mengiklankan produk usaha mereka. Di Indonesia, ada banyak agen iklan yang bisa membantu kita dalam mengkampanyekan produk kita. Namun yang paling banyak dipilih oleh para pebisnis adalah Google Adwords. Ada beberapa alasan mengapa mereka memilih Google Adwords sebagai media iklan yang membantu pemasaran produk usahanya, antara lain :
  • Google Adwords merupakan salah satu produk periklanan milik Google (raja internet) yang reputasi kerjanya sudah diakui dunia. 
  • Google Adwords dapat memasarkan produk kita sesuai dengan target. Misalnya usaha kita tentang jual kebaya, maka iklan baju kebaya kita akan muncul di website/blog yang membahas tentang fashion atau busana. Jadi tidak seperti agen iklan yang lain, dimana iklan baju kebaya kita muncul di website/blog tentang mobil. 
  • Google Adwords memberikan kita pilihan untuk menentukan jumlah anggaran iklan yang harus kita bayarkan. 
  • Deposit Uang yang telah kita transfer akan dipotong hanya ketika ada orang yang mengklik iklan kita dan membawanya ke alamat website kita, tempat kita memajangkan informasi dan gambar produk yang kita tawarkan. 
  • Google Adwords mempunyai tools canggih untuk mengatur penargetan iklan kita (memilih hanya untuk lokal, nasional, ataupun bertarget internasional) 
  • Dan beberapa alasan lainnya.

Sementara para pebisnis yang mempunyai anggaran iklan yang besar biasanya menggunakan tiga cara yaitu, yaitu dengan menggunakan sosial media, menggunakan jasa agen periklanan (seperti IBN dan Google Adwords), dan yang ketiga adalah dengan menempatkan iklan produknya secara khusus pada website / blog yang telah memiliki jumlah pengunjung yang banyak (ribuan visitor per hari). 

Demikianlah gambaran singkat mengiklankan produk (barang dan jasa) melalui media internet. Bagaimana, sudah siapkah anda beriklan?

Artikel Terkait