Berbisnis Parcel


parcel cantik

Usaha menjual parcel memang dikatakan sebagai usaha musiman, karena biasanya penjualan meningkat pada moment – moment tertentu, seperti pada saat hari raya Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Sementara pada hari-hari biasa penjualan dapat dikatakan sepi. Hal itu karena para pengusaha parcel hanya menyediakan sedikit ragam parcel, yaitu parcel untuk hari raya (biasanya kue kering) dan parcel yang dibuat berdasarkan pesanan saja. Agar bisnis parcel anda bisa tetap eksis, maka salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah menyediakan beraneka ragam parcel, baik berupa bentuk, harga, maupun jenis parcelnya. Adapun beberapa ragam parcel yang bisa menghiasi toko pajangan anda antara lain :

1. Parcel Lebaran 
Menjual parcel yang bernuansa Islami pada saat Hari Raya Lebaran (Idul Fitri) dapat mendatangkan keuntungan lebih dari 100%. Adapun barang-barang  yang dijual dalam bingkisan parcel tersebut misalnya: makanan (kue kering, korma, roti), perlengkapan shalat, ataupun Al Quran yang dilengkapi dengan kartu ucapan.
2. Parcel Natal
Menjelang hari raya Natal, permintaan parcel yang bernuansa Kristiani akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Maka pada awal-awal bulan Desember, anda harus membeli hiasan-hiasan Natal, seperti bola-bola lampu warna merah dan hijau, pohon pinus mini, boneka santa,  miniatur-miniatur patung Yesus dan pernak-pernik lainnya.
3. Parcel Tahun Baru
Masih dalam bulan Desember, sambil membuat parcel untuk Natal, anda bisa melengkapi bisnis penjualan bingkisan tersebut dengan menyediakan parcel untuk menyambut Tahun Baru, yaitu berupa kartu ucapan selamat, kalender baru, kaos tahun baru, ataupun jam dinding yang unik.  
4. Parcel Hari Valentine
Pada awal bulan Februari, saatnya anda sebagai pengusaha parcel untuk mengeluarkan ide-ide unik agar bisa memproduksi parcel tentang cinta. Parcel yang biasanya dijual berupa kue coklat yang berisi boneka pink, kotak musik, ataupun CD yang berisi kartu ucapan valentine.
5. Parcel untuk Pengantin
Menjual Parcel untuk hadiah atau seserahan kepada pengantin dapat menjadi salah satu penunjang yang cukup bagus untuk kelangsungan bisnis parcel anda. Penjualan parcel ini tidak tergantung pada moment tertentu. Buatlah parcel yang murah tapi tampilannya terlihat mewah, sehingga pelanggan anda bisa merasa percaya diri membawa parcel tersebut sebagai kado kepada mempelai. Barang – barang yang biasa diparcelkan antara lain perlengkapan pengantin wanita seperti : 1 set peralatan make up, kain kebaya, selop/sandal/sepatu, aksesori, uang mahar; perlengkapan baju laki-laki, sarung, peci, sandal/sepatu, baju koko dsb. Selain itu Anda bisa membuat ragam isi parcel lainnya sesuai dengan kegemaran si calon pengantin (konsultasikan dengan pelanggan Anda), seperti : seperangkat audio-compo/mp3/cd/kaset (bagi penggemar musik), aneka bacaan pilihan, dan sejenisnya.
6. Parcel untuk Kelahiran Bayi
Dalam pembuatan parcel jenis ini, umumnya berisi perlengkapan bayi seperti : peralatan makan bayi, peralatan mandi, gendongan, bantal guling, selimut bayi, baju bayi, asesoris bayi seperti topi, sarung tangan & kaki, sweater / jaket rajut dan lainnya. Tampilan jenis parcel ini harus menampakan keceriaan.
7. Parcel Berdasarkan Pesanan
Mungkin para pelanggan anda menganggap usaha yang anda kelola dapat membuatkan parcel yang menarik. Maka jangan ragu untuk menerima pesanan beragam bentuk parcel yang diminta pelanggan. Terkadang mereka sendiri yang menyediakan barang yang akan diparcelkan. Anda harus bisa menyediakan parcel khusus yang dipesan oleh lembaga resmi, seperti kantor dinas atau perusahaan BUMN. Beberapa jenis parcel lainnya yang berdasarkan hobi antara lain : parcel berupa tanaman hias, parcel alat masak, parcel produk kecantikan, parcel assesoris, parcel buah-buahan dan sebagainya.

Demikianlah ragam parcel yang bisa anda kembangkan dalam bisnis anda. Semoga usahanya semakin maju...!!!

Artikel Terkait