Aneka Jenis Usaha Penitipan

Usaha penitipan merupakan sebuah peluang bisnis dalam bidang jasa. Usaha Penitipan kini marak dilakoni oleh beberapa wirausahawan di kota-kota besar. Dengan memberikan jaminan terhadap keselamatan dari sesuatu yang dititipkan tersebut, para pengusaha mendapat bayaran berdasarkan tarif yang telah ditentukan. Beraneka ragam usaha jasa penitipan telah dibangun oleh para wirausawawan/wati, diantaranya adalah:

1. Usaha Penitipan Anak (Day Care)
usaha penitipan anak
Usaha penitipan anak banyak dilakukan pada wilayah atau kompleks perumahan yang sebagian besar penduduknya merupakan pebisnis, termasuk ibu rumah tangga yang merupakan wanita karier. Tidak tersedianya para pembantu sebagai pengasuh anak (baby sitter), menjadikan jasa penitipan anak menjadi pilihan mereka untuk menjaga si buah hati selama mereka  bekerja. Dengan menjaga anak titipan tersebut dengan baik, maka uang jasa akan diperoleh oleh pemilik jasa. Usaha ini banyak dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Sambil mengasuh anaknya sendiri, kelompok ibu-ibu tersebut juga mejaga dan merawat balita-balita yang dititipkan tersebut. Untuk membuka usaha ini, diperlukan modal berupa alat-alat permainan dan perlengkapan balita dan anak. Ada juga yang menambahkannya dengan penyediaan taman bermain sebagai pelengkap. Sebagai awal persiapan dari usaha ini adalah mengurus perijinan, yaitu ke dinas perijinan  setempat, dan juga terkadang memerlukan surat ijin keramaian baik dari RT maupun kepolisian, tergantung aturan di daerah anda.

2. Usaha Penitipan Kendaraan dan Barang
usaha bisnis penitipan kendaraan motor
Membangun bisnis ini yang paling diperlukan adalah adanya lahan parkir yang memadai dan tentunya aman. Bisnis ini sangat cocok dibangun di daerah-daerah keramaian seperti pasar, pusat bisnis ataupun perkantoran dimana lahan parkirnya sudah tidak memadai ataupun terasa rawan pencurian. Dengan menyediakan lokasi parkir yang baik dan  safety, maka akan diperoleh uang jasa yang dihitung berdasarkan lama waktu penggunaan. Jika punya pelanggan tetap, tentu tarifnya berbeda. Usaha ini boleh dibilang berprospek cerah mengingat jumlah kendaraan yang terus mengalami peningkatan sementara lahan tata ruang kian menyempit. Anda  bisa juga terus menambah kapasitas dengan membangun lahan penitipan kendaraan berlantai tingkat.

Selain itu, sebagai tambahan fasilitas usaha adalah adanya jasa penitipan barang. Biasanya bisnis ini meningkat pemasukkannya ketika masa liburan dan hari raya (mudik) tiba. Jenis barang yang dititipkan adalah barang-barang atau surat-surat berharga yang tidak mungkin dibawa bepergian dan juga tidak aman untuk disimpan di rumah kontrakan atau kos. Usaha penitipan barang ini menyediakan loker-loker penyimpanan dan biasanya barang titipan tersebut  mendapatkan garansi/asuransi untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Jasa Penitipan Hewan
usaha salon penitipan hewan
Usaha Penitipan Hewan Kesayangan sedang menjamur di kota–kota metropolitan.  Para pemilik hewan kesayangan (kucing, kelinci, anjing, burung, dan lainnya) merasa khawatir jika harus lama meninggalkan binatang peliharaannya untuk suatu urusan ke luar kota. Oleh karena itu, mereka biasanya menitipkan kepengurusan hewannya untuk sementara waktu pada tempat penitipan hewan. Di tempat itu, hewan mereka akan dirawat dengan sebaik-baiknya. Selain membuka jasa penitipan hewan, para pegnusaha juga melengkapi wirausahanya dengan salon kecantikan dan kesehatan hewan.

Untuk membuka usaha ini, yang diperlukan adalah kandang-kandang, makanan hewan, perlengkapan lainnya, dan juga mengurus izin ke dinas kesehatan hewan serta izin keramaian dari lingkungan anda.

Demikianlah ragam usaha penitipan yang mulai banyak dijalankan oleh para wirausahawan. Bagaimana, sudah siapkah anda berwirausaha jenis ini???

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait