5 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda

kunci sukses pengusaha
Bisa sukses dalam bisnis dan kirir sebelum mencapai umur 40an merupakan dambaan bagi semua orang. Namun, minimnya pengalaman yang dimiliki, menjadikan seseorang pada umur 40an masih bergulat dalam perjuangan keras untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan. Biasanya sebagian besar pengusaha telah mampu  hidup santai dengan penghasilan usahanya ketika akan mulai menjadi calon kakek/nenek. Dengan pengalaman dan berbagai rasa asam garam kehidupan yang telah dilaluinya menjadikan seorang pengusaha yang berusia 50an baru mencapai titik kestabilan dalam bisnis dan keuangan. Tetapi, tak jarang pula banyak pemuda yang pengalamannya baru seumur jagung telah mampu mencapai titik tersebut. Mereka biasanya menerapkan beberapa kunci untuk mencapai kesuksesan. Dari sekian kunci sukses tersebut, 10 diantaranya adalah :

1. Fokus, One by One
Jika anda berencana mengikuti berbagai jenis usaha/bisnis, lebih baik kerjakan satu per satu. Fokuskanlah dulu pada bisnis yang paling menjanjikan untuk anda kerjakan dengan semaksimal mungkin. Jika satu usaha telah berhasil, baru kemudian anda menambahkan ke bisnis yang lain. Membuka usaha/bisnis lebih dari lima pada saat bersamaan membuat konsentrasi anda akan terpecah, dan ini sering mengakibatkan anda jatuh sakit karena beban pikiran. Idealnya adalah anda mempunyai satu bisnis pokok, dan satu usaha/bisnis lain sebagai cadangan anda. Hal ini bertujuan agar ketika bisnis utama anda tidak menemui hasil yang diharapkan, anda masih punya harapan kepada bisnis cadangan anda. Selain itu, anda bisa maksimal memajukan bisnis/usaha utama anda, dan beban pikiran yang anda jalani terasa lebih ringan.

2. Jalin Hubungan yang Bagus kepada Semua Orang
Bisa memiliki hubungan baik kepada semua orang di sekitar anda adalah merupakan salah satu kunci sukses lainnya. Walaupun orang-orang tersebut tidak ada kaitannya dengan usaha anda dan tidak berperan dalam bisnis anda, ada baiknya anda berusaha menjalin hubungan akrab dengan mereka. Tujuan utamnya adalah untuk menghilangkan rasa iri hati dalam perasaan mereka, sehingga kelak mereka tidak memanjatkan doa, sumpah serapah, ataupun berharap agar bisnis anda bangkrut. Ingat, dari 10 orang yang ber-iri hati dan berharap bangkrut terhadap usaha anda, mungkin ada satu doa/sumpah dari mereka yang dikabulkan setan.  

3. Tambah Pengetahuan dan Wawasan
Tingkatkanlah pengetahuan dan wawasan dasar terhadap seluk-beluk usaha/bisnis anda. Ini bertujuan meningkatkan performa bisnis dan bisa mengambil keputusan yang mendesak dengan tepat. Anda bisa banyak belajar tentang hal tersebut dari pengalaman rekan bisnis anda, menganalisis saran dan kritikan  dari orang di sekitar anda, dan ikuti perkembangan dunia bisnis/usaha di berbagai media cetak dan elektronik.

4. Semangat Kerja Keras
Hanya sedikit orang yang bisa sukses hanya dengan sedikit kerja. Sebagian besar pengusaha bisa mencapai puncak kesuksesan dengan semangat kerja keras dan pantang menyerah yang tinggi. Jika anda menemui satu atau dua orang bisa meraih kesuksesan dengan cara yang mudah dan santai, anggaplah mereka sedang...sedang...sedang bernasib baik. Jika seandainya bintang terang pada nasib mereka telah mulai memudar, maka pada saat itulah mereka akan keteteran/kelabakan menghadapi perubahan tersebut, karena tidak dibekali pengalaman bagaimana pahitnya kerja keras. Kegigihan, pantang menyerah, menganlisa kegagalan-kegagalan, try and error, dan jangan menunda-nunda pekerjaan adalah bagian dari kerja keras yang harus anda laksanakan.

5. Berdoa dan Sedekah
Penentu akhir dan utama dari raihan kesuksesan adalah adanya izin dari Sang Pencipta. Jadi berdoalah secara teratur kepada Beliau agar bisnis anda lancar jaya (Amin...!!!). Dan ketika usaha anda telah menampakan hasilnya, jangan lupa sisihkan sekian persen untuk bersedekah dan kegiatan sosial lainnya. Yakinlah, hal tersebut tidak akan membuat performa keuangan perusahaan anda menjadi melemah.

Ok, sobat wirausahawan/wati, semoga lima kunci sukses tersebut bisa membuat anda menjadi pengusaha/bussinesman yang handal.

Artikel Terkait