Membangun Usaha Laundry

Salah satu usaha jasa yang kini semakin menjamur adalah usaha pencucian pakaian atau laundry. Usaha laundry bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk orang yang hanya lulusan sekolah dasar. Usaha laundry kini banyak digeluti oleh ibu-ibu rumah tangga hingga para mahasiswi yang ingin hidup mandiri. Untuk membangun usaha laundry yang perlu dijaga adalah kerja keras anda agar bisa memuaskan para pelanggan dengan kualitas yang baik dan tepat waktu, agar pelanggan tidak kecewa, apalagi mereka sedang butuh sekali pakaian yang diinginkan, misalnya pakaian untu pergi ke pesta. 

Untuk membangun usaha jasa pencucian (laundry) ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah :

1. Persiapan Tempat
Tempat untuk mencuci, untuk menjemur dengan aman, tempat menyetrika pakaian, dan tempat menyimpan pakaian.

2. Alat – alat Laundry
usaha cuci laundry pakaianAnda bisa membeli mesin cuci yang berkapasitas besar untuk kerja yang lebih efesien. Secara standard, mesin untuk usaha laundry biasanya minimal terdiri dari dua mesin, yaitu washer (pencuci) dan dryer (pengering). Namun biasanya mesin-mesin cuci sekarang sudah include atau dalam sebuah mesin cuci sudah ada kedua fasilitas tersebut. Harga sebuah mesin cuci sangat bervariasi, tergantung kapasitas, merek, fitur, dan sebagainya. Namun jika modal anda mencukupi, anda bisa langsung membeli paket – paket laundry yang semua alat-alatnya sudah include dengan harga sekitar 30 jutaan. 

Tentu, jika usaha laundry anda berada di daerah yang berpenduduk padat dengan tingkat kesibukan warganya yang tinggi, maka balik modal bisa diperoleh dalam waktu sekitar enam bulan (menurut penglaman beberapa pengusaha laundry). Namun, jika modal terbatas anda bisa berusaha dari nol sekalipun, yaitu dengan cara manual (menggunakan tangan). Selain mesin cuci, alat lain yang perlu disiapkan adalah setrika pakaian. Bahan-bahan yang diperlukan adalah ditergen, pelembut dan pengharum pakaian. Pilihlah pengharum yang unik, bila perlu anda meracik sendiri jenis pewangi yang bisa menjadi ciri khas bau laundryan anda. Sediakan timbangan jika usaha laundry anda bertarget kiloan (bukan per potong).

3. Kiat Sukses
Jika anda telah membangun usaha laundry, jagalah kualitas cucian anda. Selesaikan semuanya tepat waktu. Promosikan usaha anda, baik dengan membuat plang nama, promosi dari mulut ke mulut, atau menempel pamflet-pamflet. Perhatikan saingan harga pasaran, harga boleh sama, tapi kualitas harus diutamakan. Jika anda punya waktu, sediakan pula layanan antar jemput untuk memanjakan pelanggan anda agar lebih setia. Jika saingan anda banyak, anda bisa menyediakan promo-promo tertentu, misalnya jika cuci 10 potong pakaian gratis cuci 1 potong, atau jika telah berkunjung mencuci sebanyak 10 kali, maka cucian yang ke 11 adalah gratis. Buatlah promo yang semenarik-nariknya.


Demikian sekilas informasi untuk anda yang ingin membangun usaha laundry. Selamat berwirausaha, semoga sukses.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait