Membangun Usaha Cuci Motor Dan Mobil

Seiring semakin pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, maka bukan hanya pedagang sparepart dan bengkel saja bisa menikmati kondisi ini, tetapi juga akan mampu membuka peluang usaha lainnya, salah satu diantaranya adalah usaha jasa pencucian motor dan mobil. Dengan banjirnya kendaraan roda dua dan roda empat yang diimport oleh Indonesia, menjadikan bisnis atau usaha ini sangat potensial untuk dikembangkan. Coba anda tengok tetangga anda, berapa buah ada kendaraan yang dimiliki masing-masing rumah tangga di sekitar lingkungan tempat tinggal anda?

Ada satu, dua kendaraan, bahkan ada dalam satu keluarga yang punya empat buah kendaraan. Inilah salah satu celah usaha yang berprospek bagus untuk anda jalankan. Apalagi anda tinggal di kawasan yang berpenduduk cukup padat.

Hal-hal apa yang anda butuhkan untuk membangun usaha pencucian motor?
usaha cuci motor mobil
Yang pertama tentu anda harus menentukan lokasi yang strategis. Lokasi yang anda pilih harus mudah dijangkau dan bisa mudah dilihat oleh orang yang berlalu lalang. Lokasi tersebut juga harus memiliki sarana atau sumber air yang akan digunakan untuk jasa mencuci.

Anda bisa menggunakan air pam atau air sumur bor yang mempunyai kandungan garam yang rendah atau air yang terlihat jernih. Jika itu sudah anda tentukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, entah itu anda beli atau sewa dari orang lain. Adapun alat – alat yang diperlukan antara lain :
  • Tabung Salju (Tabung Snowwash) adalah alat yang dipergunakan untuk menghasilkan busa salju (snowwash) untuk proses mencuci kendaraan, tabung snowwash tidak memerlukan listrik karena hanya membutuhkan angin yang disuplay dari kompresor, Harga termurah sekitar Rp. 500.000.
  • Kompresor dalam usaha pencucian mobil dan motor dipergunakan untuk : menggerakan hidrolik, karena hidrolik adalah bertenaga angin menghasilkan busa snowwash, karena tabung snowwash adalah memakai angin, untuk Air Gun yaitu proses pengeringan sela-sela kendaraan yang tidak terjangkau oleh lap chamios, dan untuk pengisian ban, untuk menambah fasilitas usaha pencucian anda. Harga termurah sekitar Rp. 900.000
  • Mesin Preasure Air atau Mesin Steam air diperguanakan untuk meninggikan tekanan / semprotan air ke kendaraan, agar kotoran-kotoran yang melekat terkikis dan mudah dibersihkan. Harga termurah sekitar Rp. 750.000.
  • Vaccum Cleaner,  Vacuum cleaner secara umum dipergunakan untuk mengihsap debu / kotoran sedangkan kegunaannya dalam usaha cuci mobil dipergunakan untuk membersihkan bagian interior mobil seperti: jok, karpet, dashboard dan sela-sela bagian di bagian dalam mobil. Harga termurah sekitar Rp. 800.000
  • Shampoo Ice Cream digunakan untuk shampoo cuci dengan harga sekitar Rp. 6.000 per liter.
  • Semir Ban untuk mengkilapkan ban motor/mobil dengan harga sekitar Rp. 20.000 per liter
  • Beberapa peralatan lainnya yang dibuthkan antara lain air gun pengering, lap, kanebo, dan selang

Jika anda punya modal lebih, dan ingin menggait para pemiliki mobil, anda harus menyediakan hidrolik motor/mobil untuk mengangkat motor/mobil agar bisa membersihkan bagian rangka bawahnya (Harga sekitar 5 jutaan). Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli paket pencucian minimal (komplit) yang biasanya dapat diperoleh dengan harga sektar 4-5 jutaan.

Sementara, jika modal anda tidak mencukupi, anda boleh melupakan alat-alat di atas, dan hanya menggunakan selang biasa untuk semprot motor/mobil, tapi harus kerja ekstra agar motor yang telah dicuci benar-benar kinclong. Artikel ini dibuat bulan Agustus 2012, jadi harga di atas bisa berubah-ubah. Selamat berwirausaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait